5 Cara Menggunakan Adobe Photoshop Bagi Pemula

Photoshop adalah salah satu software yang digunakan untuk membuat sebuah desain. Jika kamu tertarik, maka cara menggunakan adobe photoshop ini akan membantumu.

Posted: Friday, Mar 04, 2022

Updated: Friday, Mar 18, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Friday, Mar 04, 2022

Share:

5 Cara Menggunakan Adobe Photoshop Bagi Pemula cover

Adobe Photoshop adalah salah satu perangkat lunak pengolah foto dan desain yang dikenal oleh banyak orang. Bahkan istilah “photoshop” seakan-akan menjadi top of mind bagi banyak orang jika ada yang bertanya mengenai software untuk mengedit gambar dan foto. Oleh karena itu, mahir dalam cara menggunakan Adobe Photoshop bisa jadi salah satu peluang kamu masuk dalam dunia kerja. Lantas, bagi para pemula apa yang harus mereka lakukan dalam mempelajari salah satu perangkat lunak yang powerful ini?

Cara Menggunakan Adobe Photoshop untuk Kamu yang Baru Memulai

Adobe Photoshop merupakan perangkat lunak desain yang sangat bagus dengan beragam tool yang membuat seseorang merasa kewalahan ketika melihatnya. Tapi Photoshop bukan hanya untuk para profesional. Dengan adanya banyak informasi yang tersedia, kamu bisa kok dengan mudah mempelajari Photoshop untuk membuat grafik yang indah atau memanipulasi foto. Nah, berikut ini adalah beberapa informasi mengenai tool penting yang ada di Photoshop. Dengan mengetahui hal ini maka kamu akan bisa memahami cara penggunaan dari perangkat lunak keluaran Adobe ini. Yuk mari kita mulai!

Baca juga: Adobe Photoshop Adalah Pilihan Software Para Desain Grafis!

1. Layer Tool yang Sangat Penting

Layer merupakan salah satu elemen yang pertama kali. Layer ini layaknya sebuah lembaran kertas transparan yang akan ditumpuk, menghasilkan produk akhir yang kamu inginkan. Perubahan yang dilakukan pada tiap layer tidak akan memengaruhi layer lainnya. Tentunya akan sangat membantu kamu sehingga tidak perlu mengedit proyek secara keseluruhan jika ingin melakukan sebuah perubahan kecil.

Letak dari tool ini ada pada bagian kanan bawah, kamu juga bisa mengakses beragam opsi yang berhubungan mengenai layer pada tab “layer” yang ada di bagian toolbar. Kamu bisa menambahkan, menduplikasi, menghapus layer dari sini.

2. Color & Swatches Tool yang Harus Kamu Perhatikan

Penggunaan warna tentunya menjadi hal yang sangat penting dalam membuat sebuah desain atau melakukan berbagai perubahan pada sebuah foto. Melalui tool ini kamu bisa menggunakan, memodifikasi, menyalin, dan menyimpan warna khusus untuk konten kamu. Tool ini bisa kamu temukan pada bagian kanan atas atau di kiri bawah dari layar. Tinggal klik kotak yang berwarna maka kamu akan bisa memilih warna yang ingin digunakan nantinya.

3. Brushes & The Brush Tool yang Sangat Berguna

Melalui pengaturan kuas yang ada, kamu dapat mengubah ukuran, bentuk, dan transparansi sapuan dari kuas untuk mendapatkan sejumlah efek visual yang berbeda. Ini adalah salah satu hal esensial dalam desain grafis. Kamu bisa menemukannya pada toolbar yang berada di kiri dengan lambang kuas.

Baca juga: 5 Tips Belajar Desain Grafis Secara Otodidak

4. Select Tool yang Akan Kamu Butuhkan

JIka kamu ingin memilih sebuah elemen, seluruh grafik, dan menentukan apakah akan disalin, dipotong, atau ditempelkan ke dalam sebuah desain, maka tool inilah yang akan digunakan. Pertama, sorot area yang akan dipilih. Kemudian, klik kanan dan tentukan apa yang ingin kamu lakukan dengan elemen yang sudah kamu pilih.

5. Eraser Tool yang Tentunya Tidak Boleh Kamu Lupakan

Apakah kamu membuat sebuah kesalahan ketika sedang mendesain sesuatu? Jika iya, maka tool yang satu ini akan bisa membantu mengatasi masalah tersebut. Kamu dapat mengubah ukuran dan seberapa tebal penghapus yang akan digunakan sehingga bisa mendapatkan efek blending atau fading.

Baca juga: Punya Skill Desain? Ketahui Apa itu Adobe Certified Professional

Itulah beragam cara menggunakan Adobe Photoshop bagi seorang pemula. Untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak, maka kamu bisa mengikuti pelatihan dalam bidang desain grafis, animasi, video editing, ilustrasi, motion graphics, dan visual effects melalui Adobe Bootcamp yang dihadirkan oleh MyEduSolve

Adobe Bootcamp merupakan pelatihan software Adobe pertama di Indonesia dari MyEduSolve. Kamu akan mengikuti ujian dan mendapat sertifikasi resmi dari Adobe Certified Professional yang bertaraf internasional. Melalui Adobe Bootcamp, kamu akan mempelajari Adobe Creative Cloud secara mendalam melalui materi online yang berdasarkan kurikulum Adobe dan diajarkan oleh instruktur yang profesional di bidangnya. Ikuti kelasnya dan tingkatkan kemampuanmu dalam menggunakan Photoshop!

Article Tag:

Cara Menggunakan Adobe Photoshop

Category:

Kreatif

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

5 Cara Menggunakan Adobe Photoshop Bagi Pemula

Posted: Friday, Mar 04, 2022

Updated: Friday, Mar 18, 2022

Article Tag:

Cara Menggunakan Adobe Photoshop

Category:

Kreatif

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.