Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Cara Install Adobe Photoshop Beserta Spesifikasinya, Resmi dan Mudah!

Ingin menginstal Adobe Photoshop? Pelajari cara install Adobe Photoshop beserta spesifikasi minimum yang diperlukan. Ikuti langkah-langkahnya dalam artikel ini!

An undergraduate digital public relations student with a passion for writing an a keen interest in digital journalism. I love learning new things and staying up-to-date with the latest trends.

Posted: Monday, May 27, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Cara Install Adobe Photoshop Beserta Spesifikasinya, Resmi dan Mudah! cover

Adobe Photoshop adalah salah satu software pengeditan foto dan desain grafis yang paling populer di dunia. Dikembangkan dan diterbitkan oleh Adobe Systems untuk pengguna Windows dan macOS. 


Photoshop memungkinkan penggunanya untuk mengolah gambar berbasis pixel dengan detail tinggi, karena dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang mendukung proses pengeditan.


Dengan berbagai fitur canggih yang ditawarkannya, Adobe Photoshop menjadi pilihan utama bagi para profesional kreatif di berbagai industri. Mulai dari fotografi hingga desain grafis, seni digital, dan banyak lagi, Photoshop menyediakan tools yang diperlukan untuk menghasilkan foto dan gambar yang menarik. 


Adobe terus mengembangkan Photoshop dengan merilis berbagai versi, mulai dari CS4 hingga versi terbaru, CC (Creative Cloud).


Dalam artikel ini, MyEduSolve akan membahas cara menginstall Photoshop CC pada komputermu, versi terbaru yang menawarkan fitur ter-update. Simak sampai selesai ya!


Baca juga: 20 Tools Photoshop Yang Penting Kamu Ketahui Untuk Editing Foto!

Minimum Spesifikasi Komputer untuk Install Photoshop

Sebelum menginstal Adobe Photoshop, pastikan komputer yang kamu miliki memenuhi spesifikasi yang sesuai. Berikut adalah spesifikasi minimum yang diperlukan untuk sistem operasi Windows dan macOS:

Minimum Spesifikasi Photoshop untuk Windows

  • Prosesor Intel® atau AMD 64-bit; 2 GHz atau yang lebih cepat dengan SSE 4.2

  • Windows 10 (64-bit) versi 1809 atau yang lebih baru 

  • RAM minimal 8 GB, namun lebih disarankan menggunakan 16 GB ke atas

  • Minimal GPU DirectX 12, 2 GB memori GPU; disarankan GPU dengan dukungan DirectX 12, 4 GB memori GPU untuk tampilan 4K 

  • Resolusi Layar 1280 x 800 pada skala UI 100%; disarankan 1920 x 1080 atau yang lebih tinggi pada skala UI 100%

  • Minimal tersedia 4 GB ruang kosong di hard disk

Minimum Spesifikasi Photoshop untuk macOS

  • Prosesor Intel 64-bit; 2 GHz atau yang lebih cepat dengan SSE 4.2

  • Minimal macOS Mojave (versi 10.14) atau yang lebih baru. Disarankan menggunakan macOS Catalina (versi 10.15) atau macOS Big Sur (versi 11)

  • RAM minimal 8 GB, disarankan 16 GB atau lebih

  • Minimal GPU Metal, 2 GB memori GPU; disarankan GPU Metal, 4 GB memori GPU untuk tampilan 4K 

Apakah Download Adobe Photoshop Gratis?

Sebenarnya, Adobe Photoshop adalah software berbayar. Namun, Adobe menawarkan versi uji coba gratis (free trial) selama 7 hari untuk kamu yang ingin mencoba fitur-fitur canggihnya sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian Adobe Photoshop. 


Bagaimana caranya? Simak penjelasannya di bawah ini!

Cara Install Adobe Photoshop

Untuk mengunduh Photoshop, pastikan kamu menggunakan versi terbaru dari Internet Explorer, Firefox, Chrome, atau Safari. Jangan lupa untuk menonaktifkan sementara pemblokir pop-up di peramban web, antivirus, atau perangkat lunak keamanan lainnya untuk mempercepat proses instalasi. Pastikan juga kamu tetap terhubung ke internet hingga proses instalasi selesai.


Setelah itu, kamu bisa langsung mengikuti langkah-langkah mudah berikut:

1. Unduh Creative Cloud

Langkah pertama, kunjungi situs web resmi Adobe di adobe.com untuk mengunduh Adobe Creative Cloud, atau kamu bisa klik disini untuk download langsung photoshop dengan mengklik opsi Get Photoshop on the desktop.


Source: MyEduSolve

2. Selesaikan Instalasi

Setelah berhasil mengunduh, temukan file Photoshop_Set-Up di komputermu, lalu klik dua kali untuk membuka Adobe Creative Cloud. 


Source: MyEduSolve


Ikuti instruksi yang diberikan dan tunggu hingga proses instalasi mencapai 100% untuk menyelesaikan instalasi Creative Cloud.


Selanjutnya, kamu perlu membuat akun Adobe terlebih dahulu atau bisa masuk dengan akun Google. 


Baca juga: Fitur dan Tools Adobe Photoshop yang Wajib Dikuasai oleh Pemula

3. Mengaktifkan dan Memulai Adobe Photoshop

Jika Photoshop tidak terbuka secara otomatis, cari tab Apps dan klik Adobe Photoshop, lalu pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhanmu. Terdapat dua pilihan, yaitu "Buy" untuk membeli atau "Free Trial" untuk mencoba versi trial.


Source: MyEduSolve


Jika kamu ingin mencoba versi trial terlebih dahulu, pilih "Free Trial". Setelah memilih opsi ini, kamu akan mendapatkan akses ke trial Adobe Photoshop selama 7 hari. Namun, kamu juga bisa langsung membeli untuk mendapatkan banyak keuntungan tambahan.


Source: Malavida.com

Sekarang akan muncul tampilan awal Adobe Photoshop dan siap untuk digunakan.


Baca juga: 3 Cara Menambahkan Foto di Photoshop


Demikianlah cara install Adobe Photoshop. Agar kamu bisa menguasai Photoshop, saatnya upgrade pemahaman dan kemahiranmu dengan mengikuti program sertifikasi Adobe Photoshop dari MyEduSolve. 


Dengan mengikuti sertifikasi ini kamu akan mendapatkan sertifikat internasional yang diakui Adobe! 

Yuk, daftar sekarang dan atur jadwal ujian sesuai keinginanmu! Informasi lebih lanjut kunjungi laman resmi MyEduSolve.                    


Related Tags

cara install adobe photoshop
sertifikasi
adobe photoshop

213

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.