Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

8 Rekomendasi Sertifikasi di Bidang Keuangan yang Bisa Menunjang Karier

Ingin meningkatkan karier di bidang keuangan? Simak 8 rekomendasi sertifikasi di bidang keuangan yang bisa menunjang karier kamu. Pelajari lebih lanjut di blog MyEduSolve

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Monday, Jan 29, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

8 Rekomendasi Sertifikasi di Bidang Keuangan yang Bisa Menunjang Karier cover

Faktor yang membedakan kualitas seseorang di dunia kerja adalah kompetensi, pengalaman, dan prestasi.

Sertifikasi diperlukan sebagai legitimasi atau bukti konkrit bahwa seseorang telah selesai menjalankan pelatihan dan ujian dengan standar yang ditetapkan sebuah lembaga, sehingga bisa menjadi nilai tambah terutama untuk pencari kerja.

Terdapat berbagai jenis sertifikasi yang ditawarkan untuk menambah keahlian, termasuk di bidang keuangan. Kira-kira apa saja rekomendasi sertifikasi di bidang keuangan yang bisa diambil? 

Berikut ini daftar sertifikasi bidang keuangan yang bisa jadi pertimbangan kamu nantinya, yuk simak!

Apa Saja Sertifikasi di Bidang Keuangan?

Apakah kamu sedang menempuh pendidikan ekonomi dan ingin menambah skill? Atau kamu ingin memulai karier sebagai analis keuangan? Kamu bisa mempertimbangkan beberapa sertifikasi berikut untuk diikuti.

  1. Chartered Financial Analyst

Sertifikasi Chartered Financial Analyst (CFA) merupakan sertifikasi tingkat global yang bergengsi. Mengutip dari laman Big Alpha, orang yang mengikuti program sertifikasi ini sudah menembus angka 100.000 lebih yang tersebar di seluruh dunia.

Sayangnya, pemilik sertifikat CFA di Indonesia belum terlalu banyak. Pada tahun 2019 di Indonesia orang yang sudah memperoleh sertifikat CFA berjumlah 261 saja.

Sertifikasi satu ini cocok jika kamu ingin bekerja di sektor investasi dan finansial. Dalam program sertifikasi CFA, terdapat tiga tingkat ujian, yakni level 1, level 2, dan level 3.

Supaya bisa memperoleh hasil yang diharapkan, sebelum mengikuti ujian sertifikasi, kamu bisa mempersiapkan diri dengan bergabung di program persiapan yang biasanya diadakan oleh perguruan tinggi atau lembaga swasta.

Baca juga: Annual Report: Pengertian, Struktur, Manfaat, dan Cara Membuatnya

  1. Certified in Finance, Accounting, and Business

Certified in Finance, Accounting, and Business (CFAB) adalah sertifikasi bidang keuangan yang diadakan oleh sebuah lembaga dari Inggris dan sudah membuka kantor perwakilannya di Indonesia.

Sertifikasi internasional CFAB ini sangat disarankan untuk orang yang ingin meniti karier profesional di sektor finansial, karena program ini akan mengajarkan keahlian di bidang akuntansi, keuangan, serta bisnis. Di samping itu, ilmu tentang pengelolaan informasi, hukum bisnis, dan asuransi juga turut diajarkan.

Untungnya sertifikasi CFAB tidak mewajibkan pesertanya sudah memiliki latar belakang pendidikan ekonomi. Jadi, jika kamu tidak memiliki gelar sarjana ekonomi tapi ingin berkecimpung di dunia ekonomi dan bisnis secara profesional, bisa mendaftar di program sertifikasi ini.

  1. Certified Securities Analyst

Sertifikasi Certified Securities Analyst atau disingkat CSA bisa menjadi opsi sertifikasi terbaik untuk kamu yang ingin bekerja sebagai seorang analis keuangan terutama di industri pasar modal. Sertifikasi CSA ini diselenggarakan oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesional), sehingga program sertifikasi ini berskala nasional.

Jika kamu mengikuti program sertifikasi ini, kamu akan mendapat kesempatan yang besar bekerja di perusahaan sekuritas, asset management, dana pensiun, asuransi, hingga di perusahaan publik pada bagian investor relation.

Baca juga: 9 Bidang Akuntansi yang Dicari Banyak Perusahaan

  1. Certified Management Accountant

Selanjutnya, Certified Management Accountant (CMA) adalah program sertifikasi di bidang akuntansi. Program sertifikasi ini sangat disarankan diikuti oleh kamu yang ingin bekerja sebagai akuntan perusahaan.

Sertifikasi CMA diinisiasi oleh lembaga bernama Institute of Management Accountants atau IMA. Akan tetapi, untuk mendaftar sertifikasi ini IMA menetapkan sejumlah syarat, antara lain: sudah menjadi anggota IMA, memiliki gelar sarjana di bidang akuntansi atau bekerja sebagai akuntan profesional, dan sudah memiliki pengalaman kerja dua tahun sebagai akuntan.  

  1. Certified Financial Planner

Certified Financial Planner adalah program yang khusus dibuat untuk kamu yang ingin bekerja sebagai perencana keuangan di perusahaan asuransi, pasar modal, dan perbankan.

Program sertifikasi CFP ini dibentuk oleh perusahaan global bernama FPSB (Financial Planner Standards Boards) yang sudah lama membuka jaringannya di Indonesia. Peserta yang telah berhasil memperoleh sertifikasi ini akan memiliki kemahiran dan pemahaman yang kuat tentang semua aktivitas perencanaan keuangan.

Peserta harus melalui berbagai proses sampai menerima sertifikat CFP secara resmi, yaitu mulai dari proses pendidikan, ujian, pengalaman kerja, dan etika.

  1. Certified Wealth Manager

Program Certified Wealth Manager juga termasuk program sertifikasi pengelola kekayaan nasabah berskala global. Sertifikasi ini menggunakan standar kompetensi internasional yang diterapkan di beberapa negara lain seperti Inggris, Kanada, dan Australia.

Dalam program sertifikasi CWM ini kamu akan diberikan ilmu tentang fondasi manajemen kekayaan, investasi, manajemen risiko, aspek legal, dan termasuk pengelolaan pensiun. Sertifikasi ini sangat dibutuhkan untuk membangun kepercayaan pada klien yang ingin meminta jasa manajemen kekayaan.  

  1. Intuit Certified Bookkeeping Professional

Sebuah pilihan sertifikasi lain di bidang keuangan adalah program Intuit Certified Bookkeeping Professional yang ditawarkan oleh MyEduSolve. Biaya untuk mendaftarkan diri ke program ini sebesar Rp2.000.000,00 dengan masa berlaku sertifikat sampai seumur hidup.

Sertifikasi Intuit Certified Bookkeeping Professional dirancang untuk melatih kemampuan kamu dalam mengelola buku akuntansi, memahami prinsip-prinsip akuntansi dasar, menggunakan perangkat lunak akuntansi, serta menganalisis dan melaporkan data keuangan. Program sertifikasi ini sangat disarankan untuk kamu yang bekerja di bidang akuntansi, keuangan, atau sebagai pengelola keuangan di perusahaan. Menariknya, sertifikasi ini berskala global, sehingga kamu bisa memasukkan sertifikat ini di CV jika ingin melamar di perusahaan luar negeri. Kamu tidak perlu khawatir jika gagal dalam tes, karena kamu bisa mengulang tes dengan fitur Exam and Retake.

Baca juga: Apa Itu Intuit: Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

  1. Intuit Personal Finance

Berikutnya, MyEduSolve juga memiliki rekomendasi sertifikasi keuangan lainnya yang tak kalah berkualitas, yaitu Intuit Personal Finance. Nilai tambah pada program sertifikasi Intuit Personal Finance ini telah dirancang sesuai dengan standar pendidikan keuangan nasional Jump$tart dan Council for Economic Education (CEE).

Dengan penyetaraan standar ini, peserta Intuit Personal Finance tidak hanya mendapatkan ilmu secara teori, tapi juga memiliki keahlian yang sudah dilegitimasi secara global melalui sertifikat.

Itu dia delapan rekomendasi sertifikasi bidang keuangan yang bisa kamu pilih dan pertimbangkan untuk meningkatkan kualitas diri. Jika kamu tertarik mendaftar ke program Intuit Personal Finance dari MyEduSolve atau program sertifikasi lainnya, bisa mengunjungi laman MyEduSolve.

Sumber:

  1. Top Professional Finance Certifications https://corporatefinanceinstitute.com/resources/career/top-finance-certifications-list/ (Diakses Januari 2024)

  2. Finance Certifications https://www.fma.org/finance-certifications (Diakses Januari 2024) 

  3. The Top 10 Financial Certifications https://smartasset.com/financial-advisor/top-10-financial-certifications (Diakses Januari 2024)

Related Tags

sertifikasi keuangan
finance
bisnis

181

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.