Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

7 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris yang Efektif untuk Pemula

Mari ketahui cara mudah belajar bahasa Inggris bagi pemula melalui artikel ini!

Posted: Wednesday, Jan 25, 2023

Share:

7 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris yang Efektif untuk Pemula cover

Mempelajari dan memahami bahasa asing merupakan salah satu skill yang sangat diperlukan saat ini.


Dengan perkembangan teknologi dan era globalisasi, bukan tidak mungkin kamu akan bekerja dengan karyawan dan perusahaan luar negeri untuk meningkatkan jenjang karier serta pendapatan.


Salah satu persyaratan agar kamu bisa bekerja seperti itu adalah dengan bisa berbahasa Inggris dengan baik. 


Kali ini, MyEduSolve akan menjelaskan kepadamu 7 cara cara mudah belajar bahasa Inggris dengan cepat dan lancar.


Maka dari itu, simak penjelasannya berikut ini, ya!


  1. Mempelajari kosakata bahasa Inggris

Tips cara mudah belajar bahasa Inggris pertama adalah mempelajari kosakata bahasa Inggris.


Mempelajari dan memahami kosakata bahasa Inggris sangat penting untuk dilakukan karena memiliki peranan penting dalam setiap kalimat.


Maka dari itu, hal yang kamu bisa lakukan adalah dengan membaca buku, mendengarkan lagu, hingga menonton film berbahasa Inggris agar bisa memperkaya kosakata.


Baca juga: Tertarik Kerja di Bidang Pendidikan? 5 Profesi Pendidikan Ini Adalah Jawabanmu


  1. Mendengarkan lagu dan podcast berbahasa Inggris

Cara kedua agar kamu bisa belajar bahasa Inggris adalah dengan mendengarkan lagu dan podcast berbahasa Inggris.


Kedua media tersebut menggunakan audio untuk bisa dinikmati, hal ini tentunya dapat membantu kamu meningkatkan kemampuan listening bahasa Inggris.


Dengan demikian, jika dilakukan secara konsisten kamu akan terbiasa mendengarkan percakapan berbahasa Inggris dan cara pelafalannya setiap kalimat.


  1. Membaca buku bahasa Inggris

Membiasakan dirimu untuk membaca buku berbahasa Inggris dapat membantu kamu dalam meningkatkan kemampuan reading dalam bahasa Inggris.


Saat kamu membaca buku bahasa Inggris, kamu akan menemukan banyak kosakata serta wawasan baru yang secara tidak langsung bermanfaat buat perkembangan diri.


Selain itu, kamu juga bisa belajar memahami grammar yang ada di setiap kalimat buku, sehingga kamu jadi terbiasa dengan tulisan dalam bahasa Inggris.


  1. Latihan menuliskan kalimat dalam bahasa Inggris

Untuk meningkatkan kemampuan writing dalam bahasa Inggris, kamu dapat latihan menuliskan kalimat sederhana dalam buku catatanmu.


Contohnya, kamu menemukan kosakata baru yaitu “eat” dan “apple”, maka kamu bisa latihan menuliskan kalimatnya jadi, “I eat an apple”.


  1. Menonton film atau video berbahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris melalui film atau video bisa kamu lakukan untuk mempelajari frasa umum sehari-hari yang sangat berguna dalam berkomunikasi.


Selain itu, dengan rajin menonton film atau video berbahasa Inggris akan meningkatkan kemampuanmu dalam mendengar serta keterampilan bicara.


Baca juga: 5 Cara Mengajar yang Baik dan Efektif Bagi Pendidik


  1. Mulai berbicara dengan bahasa Inggris

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui cara meningkatkan kemampuan listening, reading, dan writing dalam bahasa Inggris, mulai latihan berbicara dengan bahasa Inggris sehari-hari bisa kamu lakukan untuk menambah keterampilan speaking.


Kamu bisa memulainya dengan berbicara sendiri di depan cermin atau bernyanyi sambil membaca lirik dengan bahasa Inggris.


Jika kamu konsisten melakukannya, kamu akan merasa lebih percaya diri untuk memulai percakapan bahasa Inggris dengan orang lain.


  1. Mengambil sertifikasi atau kursus

Kamu bisa mengambil sertifikasi atau kursus bahasa Inggris dengan kurikulum yang terstandar, salah satu caranya adalah dengan mengambil sertifikasi English for IT dari MyEduSolve!


Sertifikasi English for IT sangat berguna bagi kamu para pekerja di bidang IT karena memiliki kemampuan bahasa Inggris bisa membantu kamu dalam:


  1. Mampu mendengar dan membantu memecahkan masalah terkait proyek IT dalam bahasa Inggris.

  2. Bisa memahami kebutuhan dan mencari solusi masalah klien mancanegara.

  3. Mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, karena lingkungan kerja IT yang sering menggunakan bahasa Inggris dalam bekerja.


Oleh karena itu, mari tingkatkan skill bahasa Inggris kamu dengan mengambil sertifikasi internasional MyEduSolve sekarang juga!

Related Tags

Belajar Bahasa Inggris

3,452

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.