7 Cara Membuat Mind Mapping yang Tepat

Dalam membuat mind mapping, tidak ada standar khusus yang disyaratkan. Kalau kamu masih bingung, pelajari 7 cara membuat mind mapping yang tepat di sini.

Posted: Wednesday, Feb 16, 2022

Updated: Wednesday, Feb 16, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Wednesday, Feb 16, 2022

Share:

7 Cara Membuat Mind Mapping yang Tepat cover

Membuat mind mapping sangat memudahkan kita dalam mengingat beberapa topik dalam waktu yang singkat. Ini karena mind mapping berisi informasi pokok dan digambarkan melalui visual yang menarik. Mind mapping tidak hanya digunakan di dalam sekolah, tetapi juga di dunia pekerjaan. Proses mind mapping membantu menyusun semua ide dan konsep yang ada di dalam otak ke dalam tulisan, gambar dan berbagai warna. Cara membuat mind mapping sebenarnya tidak ada standar tertentu, yang penting kamu jadi bisa mengetahui ide dan konsep yang ingin kamu bagikan. 

Cara Membuat Mind Mapping

Berikut ini adalah cara membuat mind mapping yang bisa kamu ikuti dengan mudah.

1. Tentukan Topik Utama

Untuk membuat mind mapping, tentu kamu memerlukan topik utama. Topik utama bisa kamu temukan dari masalah yang sedang kamu hadapi atau dari sesuatu yang sedang kamu pelajari saat ini. Topik utama yang akan dibahas adalah topik dengan artian yang luas, yang nantinya akan kamu kupas hingga bagian yang paling dalam.

2. Tuliskan Poin Penting dari Topik

Tuliskan daftar poin penting yang berkaitan dari topik yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Poin penting yang dimaksudkan adalah seluruh gagasan penting yang menyangkut topik tersebut. Daftar yang kamu tuliskan di sini nantinya akan menjadi cabang-cabang pertama dari topik. Misalnya topik utama yang dipilih adalah bisnis, maka cabang-cabang pertama dari topik ini adalah produk, produksi, harga, marketing, pelanggan dan kompetitor. 

Baca juga: Perencanaan Karir: Pengertian dan Cara Membuatnya

3. Tuliskan Kata Kunci yang Relevan

Melanjutkan poin sebelumnya, kamu bisa mulai dengan menuliskan daftar kata kunci yang relevan dalam mendeskripsikan setiap cabang yang telah kamu tuliskan. Misalnya di cabang produk, kamu bisa menuliskan kata kunci dari produk yang akan kamu buat. Pada cabang produksi, kamu bisa menuliskan kata kunci dari bahan baku apa saja yang akan dipakai. 

Lanjutkan menulis daftar kata kunci dari setiap cabang yang ada hingga semua cabang memiliki kata kunci. Daftar kata kunci dari setiap cabang ini nantinya akan digunakan untuk membuat cabang baru dari cabang utama yang ditentukan sebelumnya. Kamu bisa menuliskan daftar lainnya untuk membuat cabang-cabang baru. Ini akan memudahkan kamu dalam mendeskripsikan dengan jelas topik utama dalam pembuatan mind mapping. 

4. Siapkan Peralatan yang Mendukung

Untuk memperlancar proses pembuatan mind mapping, sediakan terlebih dahulu semua alat tulis warna-warni seperti spidol dan pensil warna. Tidak hanya itu, untuk menambah visual yang menarik, kamu juga bisa menggunakan washi tape atau stiker karakter dan pesan tempel (sticky note) warna-warni. 

Baca Juga: 5 Profesi Masa Depan yang Dibutuhkan di Era Metaverse

5. Buat Mind Mapping dan Hubungkan Setiap Poin

Mulailah membuat mind mapping dengan berbagai spidol warna. Kamu bisa membuat warna yang berbeda untuk menghubungkan setiap cabang yang ada, agar mind mapping kamu lebih menarik dan enak dibaca. Kamu juga bisa menggunakan sticky note untuk menuliskan setiap kata kunci penting yang ingin ditonjolkan (highlight). 

6. Berikan Gambar Ilustrasi

Kamu bisa menambahkan gambar ilustrasi yang mewakili beberapa kata kunci, agar saat kamu melihat mind mapping tersebut, kamu jadi lebih mengerti kata kunci tersebut. Kamu bahkan bisa mendeskripsikan kata kunci dengan gambar, sehingga mind mapping tidak memiliki banyak tulisan. 

Baca juga: Ini Dia Skill yang Harus Dimiliki Seorang Project Manager

7. Tambahkan Catatan Kecil Bila Diperlukan

Selain itu untuk menambahkan informasi penting yang tidak boleh dilupakan, kamu bisa menambahkan catatan kecil pada bagian yang kosong untuk menjelaskan secara detail beberapa informasi yang membutuhkan penjelasan. Catatan kecil akan berguna untuk mengingatkan kamu akan keterangan yang sulit dan kompleks. 

Intinya, membuat mind mapping adalah tentang bagaimana sekumpulan tulisan panjang dapat diubah menjadi beberapa kata kunci penting yang perlu diingat. Cara membuat mind mapping di atas bisa membantu kamu dalam menyelesaikan masalah atau pun membantu dalam melakukan pekerjaan agar tidak ada yang terlewatkan. 

Membuat mind mapping adalah salah satu kemampuan yang dibutuhkan bagi kamu yang bekerja sebagai Project Manager, untuk memetakan seluruh kegiatan operasional perusahaan. Selain itu kamu bisa meningkatkan performa kerjamu dengan mengikuti sertifikasi Project Management Ready bersama MyEduSolve. Di sini, kamu bisa mendapatkan fasilitas belajar untuk mempersiapkan ujian sertifikasi bersama Courseware. 

Tidak perlu khawatir jika gagal dalam ujian, kamu bisa melakukan ujian kembali (retake). Kedua fasilitas tersebut sudah bisa didapatkan secara gratis saat kamu membeli sertifikasi PMR. Dengan kualitas pembelajaran yang baik, kamu akan semakin berkembang dan kesempatan baru akan lebih banyak terbuka. Jadi mari belajar dan tingkatkan kemampuan bersama MyEduSolve!

Article Tag:

Cara Membuat Mind Mapping

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

7 Cara Membuat Mind Mapping yang Tepat

Posted: Wednesday, Feb 16, 2022

Updated: Wednesday, Feb 16, 2022

Article Tag:

Cara Membuat Mind Mapping

Category:

Pengembangan Skill

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.