Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Tips dan Cara Membuat Mind Mapping yang Tepat!

Dalam membuat mind mapping, tidak ada standar khusus yang disyaratkan. Kalau kamu masih bingung, pelajari 7 cara membuat mind mapping yang tepat di sini.

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Tuesday, Feb 15, 2022

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Tips dan Cara Membuat Mind Mapping yang Tepat! cover

Mind map sering dibuat untuk memudahkan anak dalam mengingat materi pembelajaran. Metode belajar dengan mind map mengandalkan visual, diharapkan anak bisa belajar dengan menyenangkan dan materi dapat tersampaikan secara efektif.

Jika kamu punya kendala sulit memahami materi pembelajaran, bisa coba metode mind mapping untuk belajar. Nah, artikel ini akan membahas cara membuat mind mapping yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Maka dari itu, baca artikel ini sampai selesai untuk tahu caranya!

Pengertian Mind Map

Mind map adalah salah satu variasi diagram yang bentuknya bercabang-cabang. Berpusat dari satu topik utama, kemudian bercabang dengan sub-topik yang masih berkaitan satu sama lain.

Fungsi dari mind map untuk menyederhanakan materi kompleks agar mudah dicerna oleh pembaca dengan cara yang menyenangkan karena mengandalkan visual learning.

Selain untuk membantu anak belajar, mind map juga kerap digunakan sebagai media untuk mengkomunikasikan pikiran, gagasan, atau konsep di dunia bisnis, industri kreatif, dan lainnya.

Baca juga: 3 Cara Cepat Membuat Mind Map Sederhana Di Microsoft Word

Fungsi Mind Map

Sekilas sudah dijelaskan jika mind map berperan sebagai media alternatif untuk belajar sehingga anak bisa memahami materi dengan mudah. Namun, mind map punya segudang fungsi lainnya yang mungkin belum kamu ketahui. Berikut penjelasan rincinya.

  1. Merangkum Informasi

Mind map dapat merangkum informasi kompleks ke dalam bahasa yang sederhana tetapi terstruktur, sehingga bisa membantu pembaca mendalami informasi-informasi yang membutuhkan pemahaman ekstra.

  1. Memaparkan Gagasan

Selanjutnya, mind map bisa jadi media efektif untuk memaparkan gagasan yang terkadang sulit untuk disampaikan. Dengan memanfaatkan bentuk mind map yang terstruktur rapi, pembaca jadi lebih mudah dalam memahami alur pemikiran seseorang.

  1. Ilustrasi Perencanaan

Biasanya ketika mengadakan sebuah proyek, kamu perlu melakukan pemetaan dan perencanaan yang jelas dan matang. Mind map dapat membantu mengilustrasikan tahap-tahap yang perlu ditempuh demi mewujudkan proyek yang sukses dan lancar.

  1. Membantu Memperkuat Memori

Mind map juga bisa difungsikan sebagai alat untuk membantu memperkuat memori. Sebab, sistem kerja otak lebih mudah mencerna informasi secara visual. Jadi, cara efektif untuk menyampaikan informasi kompleks adalah dengan memvisualisasikannya ke dalam bentuk mind map.

  1. Merangsang Pemikiran Asosiatif

Konsep mind map yang saling terhubung dan bercabang akan merangsang pemikiran asosiatif pada otak. Artinya, otak akan terdorong untuk berpikir secara asosiatif, lebih terstruktur, dan kreatif.

Baca juga: 5 Cara Membuat Mind Mapping di Word dengan Mudah

Manfaat Mind Map

Apabila dilihat dalam pandangan akademis, metode mind map terbukti sangat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas belajar.

Dengan banyaknya fungsi yang dimiliki mind map, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan anak yang menerapkan metode mind map dalam proses belajar mereka. Kira-kira apa saja, ya?

  1. Meningkatkan kemampuan dalam mengingat dan menyimpan informasi yang kompleks.

  2. Merangsang kreativitas dan keterampilan dalam memecahkan masalah.

  3. Menambah efektivitas dalam penyampaian ide-ide yang sulit dimengerti.

  4. Mendorong keterampilan bekerja sama dengan orang lain.

  5. Membantu anak memahami suatu konsep secara menyeluruh.

  6. Anak terbantu menangkap rincian pada suatu topik dan kritis mengaitkannya dengan sub-topik lain.

  7. Bisa mencari informasi dengan lebih mudah karena semua topik saling terkait.

  8. Anak jadi tidak mudah bosan dalam belajar, sebab mind map memanfaatkan elemen visual seperti warna, gambar, pola, dan lain-lain.

  9. Daya konsentrasi jadi lebih meningkat karena anak paham dengan informasi yang disampaikan.

Baca juga: Tips-Tips Mendesain Layout Majalah untuk Pemula

Cara Membuat Mind Map yang Tepat

Cara membuat mind map sama sekali tidak rumit. Kamu bisa ikuti instruksi di bawah jika tertarik membuat mind map yang bagus. Simak baik-baik, ya!

  1. Siapkan kertas kosong, lebih baik pilih kertas polos tanpa garis agar kamu bisa lebih leluasa dalam menggambar mind map.

  2. Pastikan kamu sudah melakukan riset yang cukup sebelum mulai membuat mind map agar tidak terjadi misinformasi.

  3. Tentukan topik utama yang akan dipakai, bisa gunakan gambar, foto, atau teks. Jika topik sudah ditentukan, kamu dapat meletakkan topik utama di bagian tengah kertas sebagai pusat topik.

  4. Siapkan spidol atau pulpen dengan warna-warna menarik yang nanti akan digunakan ketika membuat struktur mind map. Tujuannya untuk mendukung visualisasi mind map sehingga pembaca tidak bosan.

  5. Jika sudah, tentukan sub-topik yang saling berkaitan dengan topik utama. Kemudian, buatlah garis-garis yang menghubungkan topik utama dengan masing-masing sub-topik dan topik turunannya.

  6. Pastikan kamu menulis beberapa keyword penting pada setiap sub-topik. Tujuannya agar kamu bisa mudah mengingat segala detail pada suatu topik.

  7. Hiasi mind map dengan gambar-gambar atau elemen visual lainnya supaya tampilan mind map tidak monoton.

Langkah-langkah di atas bisa kamu ikuti jika ingin membuat mind map secara manual di kertas. Akan tetapi, kamu juga bisa menyusun mind map yang tak kalah menarik dalam format digital menggunakan aplikasi seperti Microsoft Word, Microsoft Powerpoint, Corel, dan software desain lainnya baik yang digunakan secara online maupun offline.

Baca juga: 10 Panduan Mudah Belajar Microsoft Word untuk Pemula

Contoh Mind Map

Dalam membuat mind map dibutuhkan kreativitas. Sayangnya ide kreatif tidak bisa datang begitu saja. Maka dari itu, kamu memerlukan referensi sebagai inspirasi untuk merangsang ide-ide kreatif muncul. Di bawah ini akan dijelaskan contoh-contoh mind map yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam membuat mind map.

  1. Flow Map

Flow map adalah tipe mind map yang berbentuk kolom-kolom bercabang lalu dihubungkan oleh garis melengkung yang mengular menghubungkan antar topik.

  1. Circle Map

Circle map adalah tipe mind map berbentuk lingkaran. Topik utama digambarkan dengan lingkaran besar, lalu sub-topik turunannya diwakilkan oleh lingkaran kecil.

  1. Bubble Map

Bubble map merupakan jenis mind map kombinasi dari flow map dan circle map. Jadi, setiap topik digambarkan di dalam lingkaran dan setiap lingkaran dihubungkan oleh garis-garis lengkung.

Itu dia penjelasan lengkap seputar cara membuat mind mapping sederhana dan bisa langsung kamu praktekkan sendiri di rumah. Apabila kamu pernah mengalami kesulitan dalam belajar atau bekerja akibat adanya beban pikiran, kamu bisa menceritakan masalahmu pada profesional secara gratis dan privat melalui fitur #TalkToDIAN. Yuk, cobain sekarang!

Related Tags

Cara Membuat Mind Mapping

15,240

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.