6 Teknik Video Editing yang Wajib Diketahui

Jika kamu tertarik menjadi seorang video editor profesional, kamu wajib memahami apa saja teknik-teknik video editing agar dapat menciptakan berbagai karya video yang berkualitas. Untuk itu, simak artikel ini selengkapnya!

Posted: Tuesday, Feb 15, 2022

Updated: Wednesday, May 18, 2022

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

| Posted: Tuesday, Feb 15, 2022

Share:

6 Teknik Video Editing yang Wajib Diketahui cover

Era digital seperti saat ini, profesi video editor kian dibutuhkan oleh banyak perusahaan, UMKM, maupun organisasi sehingga menjadi salah satu profesi favorit bagi kalangan anak muda. Untuk menjadi Video Editor profesional, tentunya ada banyak sekali teknik video editing yang harus dikuasai.

Tak hanya dibutuhkan oleh bangsa Indonesia saja, namun profesi ini memiliki prospek yang menjanjikan baik dalam maupun luar negeri. Dilansir dari CareerExplorer, saat ini diperkirakan ada sekitar 32.200 editor film dan video di Amerika Serikat. Pasar profesi ini diperkirakan akan terus tumbuh sebesar 17,0% antara tahun 2016 dan 2026. Sangat menggiurkan, bukan?

Untuk menghasilkan sebuah video yang berkualitas, diperlukan skill dalam video editing. Berikut ini adalah 6 teknik video editing yang wajib kamu ketahui jika ingin berkarier sebagai seorang video editor profesional:

1. Trims

Dalam dunia video editing, trimming adalah proses menghilangkan bagian depan atau belakang klip serta bisa mengatur panjang atau pendeknya video sesuai dengan konsep yang dibutuhkan. 

Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Jika kamu sudah puas dengan bagian video tersebut, sinkronkan semua klip dan audionya
2. Gunakan Razor Tool, potong menjadi beberapa bagian yang ingin kamu hilangkan. Kamu juga dapat menggunakan Razor Tool untuk memangkas keseluruhan video dengan membagi bagian depan atau belakang. 
3. Gunakan Ripple Edit atau Delete Tool untuk menghilangkan bagian pada video seperti memotong klip sambil menyatukannya di timeline editor.
4. Langkah terakhir, kamu dapat mempercepat atau memperlambat klip di video dengan menggunakan Rate Stretch Tool.

2. Cut

Cut merupakan teknik video editing yang memiliki fungsi untuk memotong beberapa bagian atau scene yang tidak diperlukan dan hanya mengambil bagian tertentu saja.  

Cara memotong video menggunakan Adobe Premiere Pro CC adalah sebagai berikut:
1. Klik dan drag video ke dalam timeline
2. Pilih letak potongan yang kamu inginkan dengan menggeser Time Selection
3. Gunakan Razor Tool yang terdapat pada samping kiri, kemudian klik timeline video dan akan terpotong dengan otomatis
4. Delete sisa hasil potongan videonya melalui tombol keyboard. Kamu juga bisa menggunakan shortcut tombol C pada keyboard untuk memotong video tersebut di timeline panel.
Adapun beberapa jenis Cut yang sering digunakan dalam proses video editing, di antaranya:

1. Cut In

 Berfungsi untuk menyisipkan gambar lain ke gambar utama agar bisa memperjelas gambar utama.

2. Cut Away, Reaction Cut, dan Intercut

Merupakan jenis-jenis efek dari Cut yang dapat menggambarkan reaksi terhadap shot utama maupun shot lain yang bisa dijadikan sebagai selingan.

3. Jump Cut

Yakni suatu pergantian shot dimana kesinambungan waktunya terputus karena perbedaan waktu.

3. Split

Teknik video editing selanjutnya yang wajib kamu kuasai yaitu dengan teknik editing bernama Split yang berfungsi untuk memecah beberapa bagian pada video. Dengan teknik ini, kamu bisa menggabungkan 2 hingga 4 video dalam satu frame bahkan lebih.

Caranya:
1. Letakkan kursor pada bagian yang ingin kamu beri efek Split
2. Tekan tombol S pada keyboard
3. Kemudian Split sudah terotomatis aktif dalam video.

4. Cross-Fades atau Cross-Dissolves

Pada umumnya sebuah film biasanya menggunakan Cross-Fades atau Cross-Dissolves ketika pembuat film ingin beralih secara perlahan-lahan dari satu shot ke shot berikutnya. Seperti shot pada waktu malam hari sampai di pagi hari berikutnya.

5. Join

Teknik editing video dasar selanjutnya yaitu teknik Join yang berfungsi untuk menggabungkan dua video, musik, atau gambar menjadi satu. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu untuk pilih file yang ingin kamu sisipkan, kemudian import file dalam task video yang sedang kamu kerjakan. Teknik ini sering digunakan untuk menunjukkan berlalunya waktu atau perkembangan suatu storyline. Kecepatannya bisa cepat atau juga lambat yang diliput oleh musik, tetapi suara dan dialog dari klip yang mendasarinya juga dapat berperan. 

6. Montage

Teknik ini sering digunakan untuk menunjukkan berlalunya waktu atau perkembangan suatu storyline. Kecepatannya bisa cepat atau juga lambat yang diliput oleh musik, tetapi suara dan dialog dari klip yang mendasarinya juga dapat berperan. 

Itulah beberapa teknik video editing dasar yang wajib kamu kuasai, tapi masih banyak teknik-teknik lainnya yang perlu kamu ketahui juga. Jika kamu tertarik dan ingin berkarier sebagai video editor profesional, kamu bisa mengikuti sertifikasi resmi yang akan menunjang kariermu dari Adobe Certified Professional, seperti Adobe Premiere Pro, Adobe After Effects, Adobe Photoshop, dan Adobe Animate

Mau belajar software tersebut dari 0? Bisa banget! MyEduSolve sedang mengadakan pelatihan Adobe Bootcamp dengan kelas terdekat Adobe Premiere Pro yang akan dilaksanakan bulan Juli-Agustus mendatang. Tersedia dalam 2 level pelatihan yaitu beginner dan intermediate, kamu bisa pilih sesuai kemampuanmu! Informasi lengkap mengenai jadwal kelas dan biaya bisa diakses di halaman Adobe Bootcamp ya!

Dengan mengikuti Adobe Bootcamp di MyEduSolve, benefit yang akan kamu dapatkan, di antaranya:
- Live Class bersama mentor yang telah bersertifikasi Adobe
- Gratis 1-on-1 Career Mentoring
- Ujian sertifikasi Adobe yang diakui secara internasional
- Akses lebih dari 20 jam materi self-paced learning
- Fasilitas CertPREP yaitu latihan soal dan simulasi ujian
- LearnKey yang merupakan video kursus, asesmen, workbook, dan paduan pembelajaran
- Retake Voucher atau kesempatan untuk mengikuti ujian sertifikasi ulang jika kamu masih gagal dalam ujian pertama

Baca juga: 6 Manfaat Sertifikasi Adobe Bagi Peluang Karier 
Demikian artikel mengenai teknik video editing dasar yang perlu kamu ketahui. Ayo terus asah skill mengedit video yang kamu miliki karena saat ini hampir semua brand pasti membutuhkan tenaga seorang Video Editor profesional untuk mengembangkan brand mereka!

Article Tag:

Video Editor,Video Editing,Adobe Certified Professional,Adobe Premiere Pro

Category:

Kreatif

Written By

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

Articles Info

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

6 Teknik Video Editing yang Wajib Diketahui

Posted: Tuesday, Feb 15, 2022

Updated: Wednesday, May 18, 2022

Article Tag:

Video Editor,Video Editing,Adobe Certified Professional,Adobe Premiere Pro

Category:

Kreatif

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.