Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

5 Tips Meningkatkan Social Skill saat WFH

Selama WFH bingung gimana caranya berkomunikasi yang baik dengan rekan kerja? Berikut adalah tipsnya!

Posted: Wednesday, Sep 14, 2022

Share:

5 Tips Meningkatkan Social Skill saat WFH cover

Saat pandemi COVID-19 menerjang dunia pada tahun 2020, setiap orang di dunia tidak akan menyangka untuk kerja dari rumah atau WFH. Dua tahun sudah lewat dan ternyata tren WFH hingga saat ini masih diimplementasikan di beberapa perusahaan. Bagi kamu yang bekerja WFH secara penuh, pasti mempunyai pertanyaan bagaimana caranya untuk meningkatkan social skill karena tidak pernah bertemu dengan rekan kantor. Tenang saja, MESFriend! MyEduSolve akan berikan caranya jadi simak dibawah ini!


Apa Itu Social Skill?

Menurut Glassdoor, social skill merupakan komponen penting dalam melaksanakan WFH. Mengapa? Saat WFH, kamu akan melewatkan percakapan sehari-hari dan santai dengan rekan kerja. Hal tersebut sangat krusial saat bekerja karena aktivitas tersebut dapat mengarah ke penguatan hubungan yang lebih mudah, yang dimana kesempatan itu dapat dilakukan dengan lancar saat kerja di kantor atau WFO. Oleh karena itu, untuk dapat meningkatkan social skill saat WFH, yang harus dilakukan antara lain:


Baca juga: Wajib Tahu! Tips Agar Karyawan Baru Cepat Beradaptasi


  1. Tingkatkan Skill Komunikasi

Apapun industri kerja dan posisimu, skill komunikasi verbal dan non verbal sangat penting untuk ditingkatkan, apalagi WFH. Untuk meningkatkan skill komunikasi, kamu dapat mencoba berpartisipasi dalam dalam diskusi serta melakukan presentasi di depan rekan kerja, baik informal ataupun formal. Jangan lupa untuk meminta feedback agar kamu bisa mengetahui kekuranganmu dan ditingkatkan lagi di kemudian hari.


  1. Belajar Empati

Empati adalah keterampilan untuk memahami dan mencoba mengerti sudut pandang orang lain. Saat WFH, tantangan terbesar untuk mengimplementasikan empati adalah karena kita tidak bisa melihat rekan kerja secara langsung. Namun, dengan cara seperti lebih melakukan pendekatan secara proaktif itu adalah hal yang bagus untuk mengembangkan rasa empati. Contohnya jika rekan kerja sedang ada masalah, kamu dapat langsung menanyakan apa yang bisa dibantu serta mencari jalan keluarnya.


  1. Up to Date dengan Kegiatan Kantor

Cara yang paling mudah untuk menjalin hubungan dengan rekan kantor adalah membicarakan hal-hal terkini. Mulai dari pembicaraan tentang acara kantor, berita terbaru tentang kantor, hingga benefit terbaru dari kantor bisa dilakukan. Jika kamu ingin membicarakan tentang hal diluar kantor seperti hobi, acara musik, ataupun film terbaru juga sangat dianjurkan agar dapat meningkatkan social skill.


  1.  Memulai Hal Kecil dengan Rekan Kerja

Coba mulai dengan hari kerjamu dengan menyapa rekan kerja di pagi hari melalui chat atau meeting singkat. Dengan melakukan ini, kamu dapat menjaga komunikasi dengan rekan kerja dengan baik, sehingga rencana kerja yang dilakukan hari demi hari dapat dibicarakan secara jelas.


Baca juga: Tak Perlu Cemas! Jika Kamu Masuk Fase Quarter Life Crisis


  1. Terapkan Active Listening

Cara terakhir untuk meningkatkan social skill saat WFH adalah terapkan active listening. Active listening ini bukan hanya mendengarkan rekan kerja yang sedang berbicara, melainkan mencatat poin-poin penting yang diutarakan. Hal ini sangat diperlukan karena menunjukan kalau kamu memperhatikan serta terlibat langsung dengan sang pembicara.


Demikian 5 cara untuk meningkatkan social skill-mu selama WFH. Jika kamu tertarik dengan konten mengenai karier dan kesehatan mental, kamu bisa akses DIAN karena ada banyak topik menarik yang dibahas!

Articles Info

author:undefined
Kenanga Admin

5 Tips Meningkatkan Social Skill saat WFH

Posted: Wednesday, Sep 14, 2022

Updated: Wednesday, Apr 24, 2024

Related Tags

Social Skill
WFH
Kerja dari rumah

3,309

Recommended Articles