5 Tips Agar Tercapainya Work-Life Balance Selama WFH

Bekerja WFH rentan untuk mendapatkan burnout. Mari simak 5 tips ini agar tercapai work-life balance!

Posted: Friday, Sep 23, 2022

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

author:Kenanga Admin

Hanindito Buwono

| Posted: Friday, Sep 23, 2022

Share:

5 Tips Agar Tercapainya Work-Life Balance Selama WFH cover

Menurut survey yang dilaksanakan TINYPulse pada 2021, sebanyak 85.65% pekerja remote berkata bahwa mereka sering merasakan burnout dari pekerjaannya. Dari survey tersebut menjelaskan bahwa bekerja secara WFH mempunyai tantangan tersendiri, seperti sulit berhenti bekerja walaupun jam kerja telah selesai, kesulitan fokus, hingga kesulitan membedakan dunia profesional dengan personal. MyEduSolve telah merangkum tips yang membantu kamu agar tercapai work-life balance selama bekerja WFH! Simak tipsnya berikut ini.


  1. Buat dan Taat pada Jadwal

Tantangan saat bekerja WFH adalah susah mengatur jadwal kerja. Terkadang karena jam kerja yang sangat fleksibel, membuat diri kita harus sedia setiap saat. Hal ini akan mengganggu work-life balance karena akan mengganggu kehidupan personal. Coba untuk membuat jadwal kerja dan patuhi itu. Menurut Owl Labs, alasan untuk melakukan itu adalah untuk memberitahu rekan kerja kapan waktu yang tepat untuk menghubungi kita, sehingga kita dapat merencanakan jadwal personal kita hari demi hari.


Baca Juga: Tak Perlu Cemas! Jika Kamu Masuk Fase Quarter Life Crisis


  1. Belajar untuk Berkata “Tidak”

Masih banyak masyarakat yang memandang sebelah mata orang yang kerja di rumah atau WFH. Mereka menganggap kalau WFH sama saja tidak bekerja, sehingga dapat diganggu atau meminta tolong. Skill Crush menyebutkan bahwa harus berani berkata “tidak” dan jelaskan secara sopan kenapa tidak mau diganggu serta ungkapkan baru bisa diganggu setelah jam kerja selesai.  


  1. Memaksimalkan Hari Libur dengan Serius

Saat hari libur tiba, coba maksimalkan hari tersebut dengan serius dan melepaskan pekerjaan sepenuhnya. Kamu bisa merencanakan meluangkan waktu bersama orang keluarga, teman, atau diri sendiri. Hal ini penting karena dapat memiliki waktu personal yang sangat membantu mengisi ulang secara emosional, demikian kata Skill Crush.


  1. Explore Hobi Baru

Forbes berkata bahwa mencari hobi baru sangat fundamental di saat bekerja WFH. Kamu bisa mencari hobi baru di saat waktu luang yang nantinya akan berguna untuk refresh pikiranmu saat waktu jam kerja. Mulai dari hal kecil saja yang ada di rumah, seperti merajut, menjahit, menulis jurnal, yoga, dan bentuk olahraga lainnya.


Baca Juga: Jarang Diketahui, Kenali 5 Tanda Kamu Mengalami Burnout


  1. Perhatikan Tanda-tanda Burnout

Saat bekerja berlebihan, sangat rentan untuk terkena stress yang akan mengakibatkan burnout. Mengutip Forbes, mulai perhatikan tanda-tanda burnout pada dirimu seperti sakit kepala, pikiran negatif terhadap pekerjaan dan karier, dan kehilangan motivasi. Jika dirasa sudah punya gejala tersebut, ada baiknya untuk istirahat sejenak.


Demikian tips agar tercapai work-life balance selama WFH, MESFriend! Jika kamu ingin bertanya lebih jauh tentang karier dan kesehatan mental dapat melalui DIAN, agar bisa meningkatkan perkembangan diri kamu lebih baik lagi!

Article Tag:

Work Life BalanceWFHBurnout

Category:

Pengembangan Diri

Written By

author:Kenanga Admin

Hanindito Buwono

Articles Info

author:Kenanga Admin

Hanindito Buwono

5 Tips Agar Tercapainya Work-Life Balance Selama WFH

Posted: Friday, Sep 23, 2022

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

Article Tag:

Work Life BalanceWFHBurnout

Category:

Pengembangan Diri

Share:

574

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.