5 Manfaat Ikut Kursus Bahasa Jepang Bagi Perkembangan Karier

Belajar bahasa Jepang ternyata tidaklah mudah. Selain belajar otodidak, kamu juga direkomendasikan untuk mengikuti kursus bahasa Jepang agar bisa lebih lancar. Apa saja manfaat dari mengikuti kursus bahasa Jepang bagi perkembangan kariermu? Yuk simak artikel di bawah ini!

Posted: Thursday, Feb 03, 2022

Updated: Thursday, Feb 03, 2022

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

| Posted: Thursday, Feb 03, 2022

Share:

5 Manfaat Ikut Kursus Bahasa Jepang Bagi Perkembangan Karier cover

Berdasarkan laporan dari Todaytranslations.com saat ini ada lebih dari 130 juta orang berbicara menggunakan bahasa Jepang, menjadikannya bahasa kesembilan yang paling banyak digunakan di dunia. Bahkan di Indonesia sendiri, kini bahasa Jepang sudah menjadi pelajaran yang diberikan di berbagai sekolah untuk mendukung kemampuan siswanya.

Dalam survei Swiss International Education Company EF di tahun 2019, Jepang turun ke peringkat ke-53 dalam kemahiran bahasa Inggris berskala global, dan masuk kategori rendah. Survei tersebut membuktikan bahwa kebanyakan perusahaan Jepang masih menggunakan bahasa nasional mereka untuk kepentingan sehari-hari. 

Jika kamu tertarik ingin bekerja di perusahaan Jepang, mulailah untuk belajar bahasa ini secara otodidak dan juga mengikuti kursus bahasa Jepang baik secara tatap muka maupun online. Apa saja manfaat mengikuti kursus bahasa Jepang? Berikut ulasannya!

1. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Dengan belajar bahasa Jepang, tentunya kamu sudah bisa mengasah skill kamu dalam mempelajari bahasa yang baru. Skill ini bisa kamu lampirkan dalam resume dan bisa menjadi point plus kamu dibandingkan kandidat lainnya, terlebih jika kamu sudah mengikuti ujian Japanese Language Proficiency Test dengan skor yang baik.

2. Peluang Kesempatan Bekerja Semakin Luas

Belajar bahasa Jepang akan meningkatkan nilai profesionalmu. Saat belajar bahasa Jepang, kamu akan memiliki lebih sedikit persaingan dalam peluang yang tersedia di berbagai bidang, seperti bisnis, ilmu sosial, humaniora, teknologi, sains, jurnalisme, dan pariwisata. Jika kamu ingin menjadi penerjemah untuk pemerintah atau penyedia layanan bahasa, persainganmu juga akan lebih rendah ketika kamu berbicara bahasa Jepang dibandingkan dengan bahasa lain yang lebih umum diajarkan.

Kamu juga bisa memiliki peluang promosi yang lebih baik. Jika kamu bekerja di perusahaan internasional, berbicara bahasa asing seperti bahasa Jepang menciptakan lebih banyak peluang bagimu untuk ditugaskan ke cabang luar negeri.

Baca juga: 7 Alasan Kursus Online Bersertifikat Bisa Membuka Peluang Kerjamu!

3. Memiliki Kemampuan untuk Menjelajahi Teknologi Lebih Mahir

teknologi robot pelayan canggih dari jepang

Sumber: Pexel


Jika kamu bekerja di bidang teknologi, khususnya robotika, belajar bahasa Jepang akan sangat menguntungkan karena kamu dapat memahami teknologi mutakhir Jepang. Selain alat robot yang membantu manufaktur dan industri padat karya lainnya, Jepang telah menciptakan berbagai robot, termasuk hewan dan humanoid untuk berbagai aplikasi.

Baca juga: Artificial Intelligence Adalah Karier yang Menjanjikan di Masa Depan

Globalisasi telah membuka pasar baru dan memungkinkan negara-negara lainnya untuk terlibat dalam perdagangan secara lebih cepat. Namun, sering kali terjadi kesalahan dalam berkomunikasi karena terbatasnya kemampuan berbahasa asing. Itulah sebabnya belajar bahasa baru semakin penting. Mampu berbicara bahasa lain meningkatkan ikatan ekonomi karena dalam proses komunikasi kamu dapat saling bernegosiasi dengan lancar dan saling memahami maksud dan tujuan diantara kedua belah pihak.

4. Berpeluang untuk Mendapatkan Beasiswa ke Jepang

Sekolah Jepang memiliki standar pembelajaran yang tinggi di semua tingkat pendidikan. Jika kamu tertarik untuk belajar di luar negeri terlebih khusus ingin mendapatkan beasiswa, Jepang akan menjadi tempat yang sangat direkomendasikan. Tentu saja, belajar di negara lain akan sangat bermanfaat bila kamu dapat berkomunikasi dengan masyarakat asli disana.

Jadi, pastikan untuk selalu merasa nyaman dengan ketiga “abjad” Jepang (hiragana, katakana, dan kanji) sebelum melakukan upaya ini, karena biasanya persyaratan untuk apply beasiswa diwajibkan memiliki skor Japanese Language Proficiency Test.

5. Membuka Peluang Usaha Baru

Saat kamu sudah mahir dalam berbahasa Jepang, tentunya akan banyak peluang usaha yang bisa kamu coba seperti menjadi freelance translator khusus bahasa Jepang yang bisa menjadi usaha sampinganmu selagi kuliah atau jika kamu sudah sangat mahir kamu bisa menjadi tutor bahasa Jepang bagi pemula, menjadi tour guide, maupun menjadi youtuber dengan konten berbahasa Jepang.

Baca juga: Prospek Karier Video Editor, Profesi Menjanjikan di Industri Kreatif

Nah, itu dia manfaat jika kamu ikut kursus bahasa Jepang. Masih bingung mau belajar bahasa Jepang dari mana? Atau bingung mau belajar di mana?
Yuk, ikut kursus bahasa Jepang online!

Kursus bahasa Jepang terbaik ini, difokuskan kepada peserta yang ingin belajar bahasa Jepang dengan materi yang mudah dipahami. Dalam setiap materi, kamu akan belajar mengenai moji goi (huruf), kaiwa (percakapan), dokkai (bacaan), bunpou (pola kalimat), atarashii kotoba (kosakata baru) dan choukai (mendengarkan).

Setelah mengikuti pelatihan ini, kamu diharapkan sudah bisa bekerja sebagai guru bahasa Jepang, penerjemah bahasa Jepang, tour guide, subtitle creator, penulis manga, dan lain sebagainya.


Referensi:

8 Reasons Why You Should Learn the Japanese Language. Diakses pada 7 Januari 2022
10 Advantages of Learning Japanese. Diakses pada 7 Januari 2022

Article Tag:

Kursus Bahasa Jepang,Kursus Online

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

Articles Info

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

5 Manfaat Ikut Kursus Bahasa Jepang Bagi Perkembangan Karier

Posted: Thursday, Feb 03, 2022

Updated: Thursday, Feb 03, 2022

Article Tag:

Kursus Bahasa Jepang,Kursus Online

Category:

Pengembangan Skill

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.