5 Contoh Literasi Digital yang Penting untuk Dipahami

Contoh literasi digital yang ada di artikel MyEduSolve berikut ini akan semakin membuat kamu paham betapa pentingnya literasi digital. Simak penjelasan lengkapnya!

Posted: Thursday, Apr 21, 2022

Updated: Wednesday, May 25, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Thursday, Apr 21, 2022

Share:

5 Contoh Literasi Digital yang Penting untuk Dipahami cover

Sejak memasuki masa pandemi COVID-19 di awal tahun 2020 tahun yang lalu, seluruh negara di dunia termasuk Indonesia mulai menerapkan literasi digital. Apa yang dimaksud dengan literasi digital dan apa saja contoh literasi digital?


Melalui artikel ini, MyEduSolve akan membahas secara mendalam mengenai literasi digital mulai dari pengertian dan contohnya. Informasi ini penting untuk diketahui agar kamu dapat beradaptasi dengan perkembangan dunia digital saat ini dan juga pada masa yang akan mendatang.

Apa Itu Literasi Digital?

Saat ini, ada begitu banyak sarana digital yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Awalnya, semua hanya berfokus pada penggunaan media sosial sebagai salah satu sarana digital untuk kegiatan hiburan.


Dunia digital tidak hanya sebatas pada penggunaan media sosial saja, namun kamu dapat memanfaatkannya untuk mencari segala macam informasi yang dibutuhkan melalui dunia digital seperti materi pelajaran, artikel penelitian, bahkan hingga resep masak. Hal tersebut yang dinamakan dengan literasi digital.


Jadi singkatnya, pengertian literasi digital adalah pemanfaatan sarana digital untuk kehidupan sehari-hari mulai dari mencari informasi yang dibutuhkan melalui internet, hingga memanfaatkan aplikasi bertukar pesan untuk terkoneksi dengan orang lain secara online.


Baca juga: Tantangan Literasi Digital di Tahun 2022

Apa Saja Contoh Literasi Digital?

Berikut ini, setidaknya ada 5 contoh dari penerapan literasi digital, yaitu:

1. Memanfaatkan Mesin Pencari untuk Mencari Informasi

Contoh dari penerapan literasi digital yang pertama adalah memanfaatkan mesin pencari untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Apakah kamu ingin mencari sebuah topik tertentu? Kamu hanya perlu masuk ke dalam halaman Google dan memasukkan kata kunci topik yang ingin dicari.


Melalui Google, kamu akan menemukan berbagai macam sumber yang sesuai dengan informasi yang dibutuhkan. Sumber-sumber yang tersedia tersebut dapat berupa artikel, makalah, tesis, video, dan banyak lagi.

2. Membaca Buku Secara Digital

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, dalam setahun ada sekiranya 13 juta ton kertas yang diproduksi dan itu berarti ada begitu banyak pohon yang ditebang untuk memproduksi kertas tersebut. Oleh karena itu, dengan adanya literasi digital, perlahan-lahan produksi buku dalam bentuk hardcopy mulai dialihkan ke dalam bentuk digital atau yang biasa kita kenal dengan e-book.

3. Melatih Kemampuan untuk Merangkai Kalimat

Sejak masa pandemi, kita hanya dapat terhubung dengan orang lain melalui aplikasi tukar pesan seperti WhatsApp, Telegram, Line, dan lainnya. Oleh karena penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut, secara tidak langsung kamu dapat melatih kemampuan untuk merangkai kalimat dengan baik.


Baca juga: Digital Literacy, Kemampuan yang Penting Di Era Ini

4. Terhubung dengan Banyak Orang

Melanjutkan pembahasan dari poin sebelumnya, literasi digital membuat kita terhubung dengan banyak orang. Kamu bisa berhubungan dengan banyak orang hanya melalui aplikasi untuk bertukar pesan, bahkan dengan mereka yang berada di belahan dunia lain sekalipun.

5. Memanfaatkan Sarana Digital Sebagai Media Informasi

Literasi digital juga memudahkan setiap orang untuk menyampaikan informasi melalui dunia digital, seperti media sosial. Untuk dunia profesional sendiri, media sosial dapat menjadi sarana digital yang baik untuk memberikan informasi yang ingin diketahui oleh pelanggan. Selain itu, dunia digital juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan promosi.


Baca juga: Mengenal Literasi Digital, Urgensi, dan Contoh


Jadi, itulah informasi yang dapat kami berikan mengenai pengertian dan contoh literasi digital yang penting untuk kamu pahami. Ini saatnya untuk memanfaatkan literasi digital dengan mengikuti kursus bersertifikasi yang dapat menunjang kebutuhan kamu di dunia profesional.


Kami menyediakan berbagai macam program sertifikasi yang dapat dipilih sesuai dengan pathway yang ingin kamu tuju, salah satunya seperti pathway Career Ready agar kamu siap terjun ke dunia profesional. Silakan hubungi MyEduSolve melalui nomor +6287857067313 (WhatsApp) untuk mencari informasi lebih lanjut terkait program bersertifikasi yang kamu butuhkan.

Article Tag:

contoh literasi digitalliterasi digital

Category:

Literasi Digital

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

5 Contoh Literasi Digital yang Penting untuk Dipahami

Posted: Thursday, Apr 21, 2022

Updated: Wednesday, May 25, 2022

Article Tag:

contoh literasi digitalliterasi digital

Category:

Literasi Digital

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.