Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

5 Cara Meningkatkan Skill Komunikasi di Tempat Kerja

Memiliki skill komunikasi yang baik akan membawa banyak manfaat. Skill komunikasi yang baik perlu dikembangkan di mana pun kamu berada termasuk di tempat kerja.

Posted: Sunday, Sep 25, 2022

Share:

5 Cara Meningkatkan Skill Komunikasi di Tempat Kerja cover

Saat kamu berada di tempat kerja, kamu akan bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang, termasuk rekan-rekan satu kantor. Ketika kamu berinteraksi dengan teman kantor, kamu juga diharapkan untuk dapat membangun kerja sama tim yang baik. Untuk itu, kamu perlu memilik kemampuan berkomunikasi dengan jelas dan mudah dimengerti. Dengan memiliki keterampilan dalam berkomunikasi secara efektif dan jelas, kamu akan terhindar dari potensi kesalahpahaman dan hal-hal yang memicu konflik dengan orang lain. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang  cara meningkatkan skill komunikasi, kamu dapat menyimak artikel berikut ini, ya!

Apa itu Skill Komunikasi?

Skill komunikasi adalah keterampilan untuk mengekspresikan ide, pemikiran, perasaan dan banyak hal lainnya pada orang lain yang tidak hanya sebatas pada kata-kata tapi juga dalam bentuk perilaku, suara, maupun tanda. Keterampilan berkomunikasi bukanlah hal yang tidak bisa dipelajari. Kamu bisa belajar skill komunikasi dan melatihnya dalam kehidupanmu sehari-hari.

Baca juga: Pengertian dan Jenis-Jenis dari Communication Skill

Cara Meningkatkan Skill Komunikasi

Untuk memiliki dapat berkomunikasi dengan baik, kita juga perlu melatih skill komunikasi. Berikut ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan skill komunikasi kamu:

  1. Berkomunikasi dengan jelas dan ringkas

  2. Memperhatikan ekspresi wajah, gerak tubuh, dan bahasa tubuh

  3. Memperhatikan intonasi saat berbicara

  4. Berlatih mendengarkan secara aktif

  5. Melatih kecerdasan emosional

Manfaat Skill Komunikasi

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika memiliki skill komunikasi yang baik, diantaranya:

  1. Meningkatkan Produktivitas

Memiliki komunikasi yang baik membantu lawan bicara kamu lebih memahami peran mereka dan menjalankan tugas mereka dengan lebih baik.

  1. Meningkatkan Kolaborasi yang Lebih Baik

Kolaborasi saat ini banyak membutuhkan teknologi-teknologi baru yang tidak semua orang mengetahui bagaimana cara kerjanya. Untuk itu, diperlukan instruksi yang jelas dalam mengkomunikasikan cara kerjanya.

  1. Mengurangi Konflik di Tempat Kerja

Banyak konflik berawal dari miskomunikasi. Komunikasi yang buruk dapat menciptakan hubungan negatif di lingkungan kerja. Membangun komunikasi yang jelas dapat kesalahpahaman.

  1. Meningkatkan Loyalitas

Komunikasi yang baik di tempat kerja akan menciptakan kenyamanan bagi karyawannya dan berdampak pada seberapa setia mereka nantinya.

Baca juga: Wajib Tahu! Tips Agar Karyawan Baru Cepat Beradaptasi

Skill komunikasi bukanlah suatu keterampilan yang tidak bisa dipelajari. Kamu bisa mulai belajar Professional Communication Program di MyEduSolve. Dalam program ini, kemampuan kamu dalam berpikir kritis, berkolaborasi, dan berkreativitas akan diuji. Setelah menyelesaikan program pembelajaran ini, kamu akan mendapatkan sertifikat resmi dari Pearson Vue.

Related Tags

Skill Komunikasi

4,474

Recommended Articles

Mengenal Fungsi VLOOKUP dalam Excel cover

Posted: 2 years ago

8 Min Read

Pengertian Soft Skill Beserta Contohnya cover

Posted: 2 years ago

9 Min Read

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.