Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

5 Cara Membuat Logo di Photoshop, Mudah untuk Pemula!

Dalam artikel berikut ini, kamu akan mengetahui bagaimana cara membuat logo di Photoshop dengan langkah-langkah yang mudah untuk diikuti!

Posted: Monday, Oct 10, 2022

Share:

5 Cara Membuat Logo di Photoshop, Mudah untuk Pemula! cover

Jika kamu salah satu orang yang menjalankan sebuah bisnis, kamu pasti sudah tahu bagaimana peran logo yang digunakan dalam bisnis kamu dalam menciptakan brand awareness. Dengan memiliki logo, audiens dapat dengan mudah mengenali bisnis yang kamu jalankan dan tidak menutup kemungkinan akan membeli produk yang kamu tawarkan.

Dilansir dari laman Business Optimizer, setidaknya ada lima alasan mengapa logo penting bagi bisnis online. Berikut ini adalah beberapa alasannya:

  • Logo dapat membantu membangun kepercayaan dan kredibilitas dari bisnis yang kamu jalankan.

  • Logo dapat membantu bisnis untuk menarik perhatian target audiens yang kamu sasar.

  • Logo dapat membantu bisnis untuk mengkomunikasikan pesan bisnis yang ingin kamu sampaikan.

  • Logo dapat membantu bisnis untuk menciptakan citra profesional.

  • Logo membantu bisnis untuk menciptakan identitas merek yang dapat dikenali dan unik.

Setelah mengetahui betapa penting peran logo terhadap bisnis online yang kamu jalankan, mungkin kamu berpikir untuk belajar membuat logo di Photoshop? Simak artikel berikut ini untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah membuat logo sederhana.

Apa itu Photoshop?

Adobe Photoshop dikenal sebagai salah satu aplikasi edit foto namun fungsi dan tools Adobe Photoshop bisa digunakan lebih dari itu. Adobe Photoshop juga merupakan software andalan para desainer grafis untuk membuat berbagai kebutuhan visual seperti pembuatan logo, mockup, banner, dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Cara Edit Background Foto dengan Photoshop untuk Pemula

Tutorial Membuat Logo

Berikut ini langkah-langkah membuat logo sederhana dengan menggunakan Adobe Photoshop:

  1. Buat Lembar Kerja Baru

Langkah pertama membuat logo adalah membuat lembar kerja atau kanvas baru pada Adobe Photoshop. Kemudian sesuaikan ukuran dan orientasi artboards serta color mode sesuai kebutuhan.

  1. Membuat Sketsa Logo Sederhana

Selanjutnya, kamu bisa memulai dengan membuat sketsa sederhana. Apabila kamu masih sangat pemula dalam menggunakan Adobe Photoshop, kamu bisa membuat sketsa dengan menggambar di kertas lebih dulu kemudian scan gambar sketsa tadi dan insert ke dalam lembar kerja.

  1. Mulai dengan Bentuk Dasar Logo

Setelah membuat sketsa, kamu mulai membuat bentuk-bentuk dasar yang ada pada sketsa. Manfaatkan Shape Tools untuk membuat bentuk dasar seperti elips, persegi, poligon, dan lain sebagainya.

  1. Tambahkan Slogan dan Nama Brand pada Logo

Dengan menambahkan nama brand pada logo akan membantu logo yang kamu buat akan membantu menyebarkan brand identity dari bisnis yang kamu jalankan.

  1. Tambahkan Warna pada Logo

Sebagai langkah akhir, kamu bisa menambahkan warna yang sesuai dengan konsep dan filosofi yang sudah kamu buat di awal. Pastikan bahwa pemilihan color mode adalah RGB jika logo yang kamu buat tidak akan kamu cetak.

Tips Membuat Logo

Untuk membuat logo yang baik, kamu perlu mengikuti setidaknya 5 aturan yang penting dalam membuat logo

  • Logo harus mencerminkan perusahaan atau bisnis yang kamu jalankan dengan cara yang unik dan jujur.

  • Hindari terlalu banyak detail

  • Logo yang kamu buat harus berfungsi dengan baik dalam warna hitam putih (pencetakan dengan satu warna).

  • Pastikan juga logo terukur dan memiliki rasio yang ideal.

  • Logo yang kamu desain harus seimbang secara artistik.

Baca juga: Adobe Photoshop Adalah Pilihan Software Para Desain Grafis!

Setelah mampu menggunakan beberapa tools pada Adobe Photoshop dan membuat logo sederhana, kamu dapat mengikuti Adobe Certified Professional yang dapat membantu kamu untuk bersaing dalam dunia. Adobe Certified Professional akan memvalidasi kemampuan kamu dalam menggunakan berbagai program pada Adobe CC dengan sertifikat resmi dan berstandar internasional.

Related Tags

Adobe Photoshop

5,387

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.