Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

4 Cara Mudah Mencari Nama di Microsoft Excel Secara Cepat dan Akurat

Mencari nama diantara banyaknya data di Microsoft Excel, bisa jadi menghabiskan waktu dan melelahkan. Simak cara mudah dan singkat untuk mencari nama di Excel melalui tips berikut!

Posted: Wednesday, Sep 06, 2023

Share:

4 Cara Mudah Mencari Nama di Microsoft Excel Secara Cepat dan Akurat cover

Microsoft Excel merupakan software yang digunakan untuk pengolahan data. Ada banyak sekali fitur Microsoft Excel yang memudahkan penggunanya, salah satunya untuk mencari nama di lembar kerja Excel. 

Artikel ini akan menjelaskan cara mencari nama di Excel yang praktis dan mudah diikuti pemula. Cek artikel ini sampai habis, ya!

Mencari Nama di Microsoft Excel Menggunakan Empat Metode

Microsoft Excel menjadi software pengolah data yang paling populer. Pengguna bisa memakainya untuk mengolah data sederhana, seperti menghitung laporan keuangan dengan formula bawaan Excel atau membuat grafik untuk visualisasi data.

Semua orang bisa mengoperasikan Microsoft Excel tanpa perlu belajar pemrograman, karena pemakaiannya yang mudah, tampilan interface-nya simpel, tetapi memiliki fitur yang komplit.

Bahkan Microsoft Excel punya fitur untuk mencari nama secara spesifik di antara ribuan data dengan mudah dan cepat menggunakan empat metode ini. Apa saja?

Baca juga: Cara Cepat Mengatasi Rumus Excel Tidak Berfungsi 

Kamu bisa mencari nama secara spesifik pada lembar kerja yang memuat ribuan data menggunakan fitur Find dengan menekan special key Ctrl + F bawaan dari Windows. Caranya sangatlah mudah, tinggal ikuti tutorial berikut:

  • Buka lembar kerja yang ingin kamu cari. Misalnya kamu ingin mencari nama Jake Paul di antara lembar kerja di atas.

  • Tekan Ctrl + F di keyboard, kemudian akan muncul jendela baru yang memuat search bar. Isi kolom search bar tersebut dengan nama Jake Paul.

  • Secara cepat, sistem Microsoft Excel akan menemukan nama Jake Paul di lembar kerja dengan menyebutkan letak sel, nama file, dan nama lembar kerja.

 

Selain dengan fitur Find, kamu juga bisa mencari nama tertentu menggunakan fitur Filter dari Microsoft Excel. Fitur satu ini dapat membantu mencari data secara spesifik dan dapat menampilkan data tersebut secara terus-menerus. Ikuti tutorialnya di bawah ini.

  • Buka dokumen Microsoft Excel yang ingin kamu cari namanya. Lalu, buka tab Home, klik menu Filter di bagian ‘Sort and Filter’ yang berada di paling kanan.

  • Setelah kamu membuka fitur Filter, di setiap kolom tabel paling atas akan muncul panah kecil seperti ilustrasi di atas. Tapi kamu dapat menghilangkan tampilan panah tersebut dengan menekan kembali menu Filter.

  • Dengan mengacu pada ilustrasi di atas, umpamanya kamu ingin mencari nama Langdon Leo. Nah, untuk mencari nama Langdon Leo, kamu hanya perlu menekan tanda panah di kolom nama. Selanjutnya, hilangkan centang di semua nama dan centanglah hanya pada nama yang dicari, dan klik Clear Filter.

  • Setelah itu, secara otomatis sistem Microsoft Excel akan langsung menampilkan tabel dengan nama yang kamu cari. Tidak usah khawatir, kamu bisa mengembalikan tampilan tabel seperti semula dengan membuka menu Filter, lalu centang seluruh nama, dan klik Clear Filter.

Baca juga: 15 Rumus Excel Penting Untuk Pekerjaan Administrasi 

Kadang-kadang pengguna ingin mencari nama tertentu di dalam tabel data untuk memeriksa adanya duplikat nama pada tabel tersebut dan ingin menghapusnya. Untuk memeriksa adanya nama yang duplikat, kamu bisa menggunakan kombinasi formula IF dan COUNTIF berikut: =IF(COUNTIF(name_coloumn:cell_range, name)>1, name).

  • Buka lembar kerja Excel yang akan kamu cari. Misalnya menggunakan ilustrasi data tabel di atas sebagai acuan untuk mencari nama ganda dalam data.

  • Untuk pemula, sangat disarankan membuat kolom baru untuk membantu pernyataannya. Umpamanya kolom baru tersebut diberi nama ‘Helper’ seperti contoh di atas.

  • Masukkan formula yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kamu bisa melihat rumus formulanya di kolom ‘Formula Writing’ agar lebih paham. Untuk membuktikan sel C3 tidak memiliki nama ganda, maka kamu akan memasukkan rumus: =IF(COUNTIF($C$3:$C$22,C3)>1,C3). Jika hasilnya tidak ada nama ganda, maka pernyataannya False. Kamu bisa ulangi menulis formula tersebut satu-persatu.

  • Setelah kamu menyalin formulanya satu demi satu, kamu akan melihat hasilnya di kolom Helper. Kolom menyatakan hasil FALSE untuk data yang tidak memiliki duplikat. Artinya, nama Langdon Leo dan Normina Maggie memiliki beberapa duplikat dalam tabel data yang disajikan.

Penjelasan:

  • Pemakaian kombinasi formula IF dan COUNTIF dimaksudkan untuk memeriksa adanya data yang ganda atau tidak.

  • Kamu perlu memasukkan simbol dollar ($) di dalam rumus formula untuk menyalin formula selanjutnya, supaya koordinat sel tidak berubah ketika proses penyalinan berlangsung.

  • Apabila terdapat nama ganda di tabel data, hasil dari formula COUNTIF akan lebih dari satu. Jadi, jika hasilnya TRUE maka terdapat duplikat, sedangkan jika FALSE berarti tidak ada duplikat.

Baca juga: Cara Menguasai Rumus Excel Vlookup dengan Cepat dan Ringkas 

Kamu juga bisa mencari nama di tabel data dengan memakai formula Vlookup. Berikut formula yang bisa kamu gunakan:

=VLOOKUP(name_lookup_reference, cell_range, name_coloumn_order, [TRUE/FALSE]).

  • Dengan memakai acuan data tabel di atas, kamu ingin mencari orang yang profesinya dokter dengan menggunakan rumus Vlookup. Maka, kamu perlu masukkan formula =VLOOKUP(E3,B3:C22,2,FALSE). Setelah kamu memasukkan rumus formula, sistem akan langsung menunjukkan nama Steph Alisa secara instan.

Itu dia cara mencari nama di Excel secara cepat dan akurat menggunakan empat metode yang mudah dipraktekkan pemula. Kalau kamu ingin meningkatkan kemampuanmu mengoperasikan Microsoft Excel, tidak ada salahnya coba bergabung di kelas sertifikasi Microsoft Excel Expert dari MyEduSolve yang sudah diakui secara internasional oleh Microsoft. Informasi lebih lanjut, akses ke laman resmi MyEduSolve.



Sumber:

www.wps.com/academy

computeexpert.com

Related Tags

Cara Mencari Nama di Excel
pengembangan skill

10,242

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.