4 Cara Mengubah File PDF ke Word dengan Cepat dan Simple

Cara mengubah file PDF ke Word sebenarnya cukup mudah, kamu bisa melakukannya hanya dengan aplikasi yang sudah ada di komputer atau browser. Mari simak!

Posted: Sunday, May 29, 2022

Updated: Monday, May 30, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Sunday, May 29, 2022

Share:

4 Cara Mengubah File PDF ke Word dengan Cepat dan Simple cover

Cara mengubah file PDF ke Word sebenarnya cukup mudah, kamu bisa melakukannya hanya dengan aplikasi yang biasanya sudah ada di komputer. Selain itu, kamu bahkan dapat melakukannya melalui browser.

PDF, atau portable document format, adalah sebuah format file yang dikembangkan oleh Adobe. Pada tahun 1991, salah satu pendiri Adobe, John Warnock, meluncurkan sebuah revolusi dalam mengubah dokumen yang berbentuk kertas menjadi digital dengan sebuah ide yang disebut dengan The Camelot Project. Tujuan dari ide ini adalah untuk memungkinkan siapa saja mengakses, mengirim, melihat, dan mencetak dokumen dari aplikasi apa pun, di mana pun, dan dari mesin apa pun.

Selanjutnya pada tahun 1992, The Camelot Project mulai berkembang menjadi PDF yang kita kenal seperti sekarang. PDF mulai menjadi populer karena sifatnya yang portabel, sederhana, ringan, dan mudah dibaca. Sejak saat itu, PDF mulai menjadi format file yang paling sering digunakan oleh berbagai orang, baik itu untuk keperluan pribadi maupun bisnis, di seluruh dunia. Namun sayangnya, dokumen yang memiliki format PDF biasanya tidak dapat disunting atau diubah, hanya dapat dilihat saja.

Nah, jika kamu ingin menyunting file dengan format PDF ini, biasanya kamu harus mengubahnya ke dalam format Word (.doc atau .docx) terlebih dahulu. Bagaimana cara mengubah file PDF ke Word? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: Kenali Microsoft Office Specialist, Sertifikasi Wajib Saat Kerja

4 Cara Mengubah File PDF ke Word dengan Mudah

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk mengubah file PDF ke Word dengan mudah dan cepat:

1. Menggunakan Microsoft Word

Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah kata yang paling sering digunakan untuk keperluan seperti membuat dan mengubah suatu dokumen. Untuk mengubah file PDF ke Word menggunakan Microsoft Word, kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi Microsoft Word.

  • Pilih menu File.

  • Selanjutnya akan muncul dialog box yang berisi dokumen-dokumen yang ada di komputer kamu, pilih file PDF yang ingin kamu ubah formatnya.

  • Setelah itu, Microsoft Word akan menampilkan sebuah pesan peringatan yang berisi “Word will now convert your PDF to an editable Word document. This may take a while. The resulting Word document will be optimized to allow you to edit the text, so it might not look exactly like the original PDF, especially if the original file contains lots of graphics.

  • Kamu dapat mengabaikan pesan peringatan tersebut dan klik OK untuk memulai proses konversi file PDF ke Word.

Sesuai dengan peringatan yang diberikan oleh Microsoft Word, terkadang hasil konversi dari dokumen tersebut tidak sepenuhnya mirip dengan dokumen asli. Namun tenang saja, kamu masih bisa menyesuaikannya, hanya saja hal tersebut perlu dilakukan secara manual.

2. Menggunakan Adobe Acrobat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Adobe merupakan pengembang dari format PDF, jadi sudah pasti mereka dapat menyediakan fitur untuk mengubah PDF ke dalam format file lainnya. Untuk mengubah file PDF ke Word menggunakan Adobe Acrobat, kamu dapat mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini:

  • Buka file PDF di Adobe Acrobat.

  • Pilih opsi Export PDF. Biasanya ada di panel sebelah kanan.

  • Jika sudah, kamu dapat memilih opsi Microsoft Word atau .docx sebagai format tujuan. Klik Export.

  • Selanjutnya dialog box Save As… akan muncul. Pilih lokasi penyimpanan, lalu klik Save.

Mudah bukan?

3. Menggunakan Google Drive

Selain menggunakan kedua aplikasi di atas, kamu juga dapat mengubah file PDF ke Word menggunakan browser melalui Google Drive. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Masuk ke laman Google Drive.

  • Unggah file PDF ke dalam Google Drive,

  • Setelah selesai, klik kanan pada file PDF tersebut dan pilih Open With > Google Docs.

  • Selanjutnya file akan terbuka di Google Docs dan bisa disunting.

  • Untuk mengubahnya ke dalam format Word, pilih menu File > Download > Microsoft Word (.docx).

Sebelum menyimpannya, pastikan hasil konversi dari PDF ke Google Docs sesuai dengan dokumen aslinya, ya.

4. Copy dan Paste

Jika ketiga cara yang dijelaskan di atas masih tidak dapat kamu lakukan, maka kamu dapat melakukan copas atau copy and paste isi dari file PDF tersebut saja dan memasukkannya ke aplikasi Microsoft Word. Namun hasil copas yang dilakukan biasanya tidak akan sempurna dan kamu harus benar-benar merapihkannya secara manual jadi akan memakan waktu yang sangat banyak.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Microsoft Word Product Activation Failed?

Demikian adalah penjelasan mengenai cara mengubah dokumen dengan format PDF ke Word. Jika kamu ingin mempelajari penggunaan Microsoft Word secara lebih dalam, kamu Jika kamu ingin meningkatkan sekaligus validasi skill Microsoft Word yang kamu miliki, kamu bisa mengambil ujian sertifikasi resmi Microsoft Office Specialist di MyEduSolve. Terdapat dua level sertifikasi word yang tersedia yaitu Associate dan Expert. Kamu bisa belajar terlebih dahulu melalui LearnKey, CertPREP dan retake voucher supaya bantu lulus ujian. Semoga cara mengubah file PDF ke Word yang kami sampaikan dapat membantu kamu, ya!

Article Tag:

PDFWordCara mengubah File PDF ke Word

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

4 Cara Mengubah File PDF ke Word dengan Cepat dan Simple

Posted: Sunday, May 29, 2022

Updated: Monday, May 30, 2022

Article Tag:

PDFWordCara mengubah File PDF ke Word

Category:

Pengembangan Skill

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.