Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

4 Cara Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Error

Memindahkan tabel data dari Microsoft Excel ke Microsoft Word sering terjadi, khususnya apabila ingin memindahkan informasi olahan data. Simak cara mudah untuk memindahkan tabel excel ke word di artikel ini!

Posted: Wednesday, Sep 13, 2023

Share:

4 Cara Memindahkan Tabel Excel ke Word Tanpa Error cover

Buat kamu yang sering menggunakan software Microsoft Excel dan Microsoft Word untuk pekerjaan, pada beberapa situasi mungkin kamu perlu memindahkan tabel data dari Microsoft Excel ke Microsoft Word. Artikel ini akan membahas tentang cara memindahkan tabel Excel ke Word tanpa eror dan hasilnya rapi. Yuk, baca artikel ini sampai habis!

Pengertian Spreadsheet di Microsoft Excel

Jika kamu sehari-hari menggunakan Microsoft Excel, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah spreadsheet.

Spreadsheet pada Microsoft Excel adalah sebuah dokumen yang berisi kumpulan data dalam bentuk deretan blok sel yang diolah oleh program Microsoft Excel.

Pengguna dapat melakukan olah data di spreadsheet dengan memasukkan fungsi dan formula tertentu di dalam setiap sel.

Menariknya, software Microsoft Excel sudah diprogram untuk dapat mengolah ribuan data menggunakan perhitungan matematis. Sistem bisa mengkalkulasikan data secara otomatis ketika user memasukkan perintah berupa rumus dan formula ke dalam setiap sel.

Misalnya, kamu ingin menghitung jumlah keseluruhan pengeluaran bulanan. Kamu bisa menghitungnya melalui Microsoft Excel dengan memanfaatkan formula SUM. Secara otomatis sistem pada Microsoft Excel akan menjumlahkan seluruh angka pada kelompok sel yang berisi data pengeluaran bulananmu.

Microsoft Excel sangat memudahkan orang-orang untuk menyelesaikan pekerjaannya secara praktis dan efisien. Profesi yang sering memakai program ini adalah akuntan, data analyst, investor, orang yang bekerja di bidang perbankan dan finansial, guru, bahkan penulis dan content creator.

Baca juga: Belajar Rumus IF dan Rumus Predikat Microsoft Excel Dalam Waktu Singkat 

Mengapa Perlu untuk Belajar Cara Memindahkan Tabel di Microsoft Excel ke Microsoft Word?

Mungkin kamu ingin belajar cara memindahkan tabel data dari Microsoft Excel ke Microsoft Word karena ada beberapa keperluan. Tapi ternyata ada banyak keuntungan jika kamu bisa memindahkan data Excel ke Microsoft Word. Apa saja?

  1. Data di Spreadsheet Jadi Mudah Dicetak

Dengan memindahkan spreadsheet Excel ke dalam file dokumen Microsoft Word, kamu jadi lebih gampang untuk mencetak tabel datanya.

  1. Data di Spreadsheet Excel Jadi Lebih Mudah Dibaca

Ketika kamu mengubah data spreadsheet menjadi dokumen tertulis di Microsoft Word, data akan jadi mudah untuk dibaca dan dipahami. Sebab, tampilan data di Excel sudah lebih terorganisir.

  1. Mudah untuk Dibagikan

Setelah kamu mengubah data di spreadsheet Microsoft Excel menjadi dokumen Microsoft Word, kamu jadi lebih gampang untuk memeriksa dokumen dan membagikan file data ke berbagai media, misalnya Whatsapp, e-mail, hingga Cloud.

Cara Memindahkan Data Microsoft Excel ke Microsoft Word

Ada empat cara memindahkan tabel Excel ke lembar kerja Microsoft Word. Mau tahu caranya? Baca tutorial di bawah ini, ya.

  1. Memindahkan Tabel Excel ke Word dengan Copy Paste

  • Buka dokumen Excel yang akan kamu pindahkan. Misalnya kamu akan memindahkan tabel data di atas.

  • Blok seluruh tabel data yang akan kamu salin, kemudian klik kanan dan pilih opsi Copy. Tapi, kamu bisa juga menyalinnya dengan menekan tombol keyboard Ctrl + C.

  • Selanjutnya, buka program Microsoft Word. Klik New dan pilih opsi Blank Document untuk membuka lembar kerja baru. Lalu, klik tab Home, pilih menu Paste yang terletak di kategori ‘Clipboard’ untuk menempel tabel data di lembar kerja Word. Kalau ingin cara lebih cepat, tekan tombol keyboard Ctrl + V.

Baca juga: Apa Itu dan Cara Pakai Rumus IF Pada Excel 

  • Ketika kamu sudah menempel tabel datanya, di lembar kerja Microsoft Word akan muncul tabel seperti gambar di atas.

Namun, kalau kamu memakai metode Copy-Paste untuk memindahkan tabel, maka formula yang ada di tabel Excel tidak ikut tersalin. Jadi kamu perlu mengedit formulanya secara manual.

  1. Meletakkan Tabel Excel Sebagai Linked Object di Microsoft Word

  • Siapkan tabel spreadsheet yang akan kamu pindahkan ke Microsoft Word. Lalu, copy tabel tersebut dengan klik kanan tabel dan pilih opsi copy atau bisa dengan cara menekan Ctrl + C.

  • Arahkan kursor ke tempat yang ingin kamu letakkan tabel pada lembar kerja. Kemudian, tekan tab Home dan pilih opsi Paste pada kategori ‘Clipboard’. Nanti alam muncul jendela baru dan pilih opsi Paste Special.

  • Setelah itu, akan muncul dialog box, kamu bisa pilih opsi Paste Link, lalu pilih Microsoft Excel Worksheet Object. Setelah selesai, pilih OK.

Metode ini bisa kamu gunakan jika ingin menyalin tabel Excel ke Word, tapi tabel tersebut masih terhubung langsung dengan tabel spreadsheet pada program Microsoft Excel. Jadi, ketika kamu melakukan perubahan pada tabel di spreadsheet Excel, tampilan tabel pada Microsoft Word pun ikut berubah.

  1. Menempel Tabel Microsoft Excel ke Lembar Kerja Microsoft Word

  • Misalnya kamu ingin menempel tabel data Excel di atas ke Microsoft Word. Caranya tekan special key Ctrl + C di keyboard.

Baca juga: Memahami Conditional Formatting Sebagai Fungsi Microsoft Excel 

  • Kemudian, klik tab Home, klik menu Paste di kategori ‘Clipboards’, klik opsi Paste Special.

  • Setelah itu akan muncul dialog box, pilih opsi Paste, klik Microsoft Excel Worksheet Object, dan klik OK.

  • Kamu pun telah berhasil menempel tabel data Excel ke Word dengan menambahkan file spreadsheet Excel yang baru ke dalam file dokumen Microsoft Word. Artinya, saat kamu membuka dokumen Word, di saat yang sama kamu juga sedang membuka file Excel.

  1. Memasukkan Tabel Excel Sebagai Gambar Statis di Dokumen Microsoft Word

  • Siapkan tabel data yang akan kamu salin ke dokumen Microsoft Word. Caranya klik kanan pada tabel, pilih opsi Copy atau bisa juga dengan tekan Ctrl + C di keyboard.

  • Klik tab Home, cari kategori ‘Clipboards’, pilih menu Paste, dan klik Paste Special.

  • Kemudian akan muncul dialog box seperti gambar di atas. Klik opsi Paste, pilih Picture (Enhanced Metafile), lalu klik OK. Ilustrasi tabel Excel akan ditambahkan secara otomatis di lembar kerja Microsoft Word. Kamu bisa mengedit ukurannya atau mengubah formatnya.

Itu dia cara memindahkan tabel Excel ke Word tanpa eror dan hasilnya rapi. Supaya kamu bisa menguasai program Microsoft Excel Associate, ikuti program sertifikasi dari MyEduSolve dengan masa berlaku sertifikat seumur hidup. Cari informasi lebih lanjut dengan mengakses laman resmi MyEduSolve.

Sumber:

https://trumpexcel.com/

https://www.indeed.com/


Related Tags

Microsoft word
pengembangan skill

1,230

Recommended Articles

4 Tips dan Contoh Jawaban Alasan Melamar di Wawancara Kerja cover

Posted: 6 months ago

13 Min Read

Pengertian Soft Skill Beserta Contohnya cover

Posted: 2 years ago

9 Min Read

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.