Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

3 Cara Mengubah Format Tanggal di Excel dengan Mudah dan Cepat

Kamu bisa mengubah format tanggal di excel menggunakan fitur-fitur dibawah ini. Bagaimana caranya? Simak artikel berikut.

MyEduSolve menyediakan ujian sertifikasi internasional dan pelatihan resmi untuk keperluan individu, perusahaan, serta institusi pendidikan.

Posted: Friday, Mar 24, 2023

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

3 Cara Mengubah Format Tanggal di Excel dengan Mudah dan Cepat cover

Memiliki kemampuan Excel yang baik dapat meningkatkan produktivitas kerja, terutama bagi kamu yang sering bekerja dan berurusan dengan data.


Salah satu manfaat Excel adalah untuk membantu menganalisis, menghitung, hingga mengelola jumlah data yang besar sehingga hasilnya dapat digunakan sebagai acuan dalam merancang strategi bisnis.


Kamu bisa menggunakan berbagai rumus Excel yang akan memberikanmu hasil perhitungan yang akurat dari beragam data.


Jika kamu sudah memahami rumus-rumus Excel, kamu juga akan mengetahui bagaimana caranya mengubah format tanggal di excel.


Kali ini, MyEduSolve akan menjelaskan kepadamu 3 langkah cepat dan mudah untuk mengubah format tanggal di Excel supaya kamu tidak perlu menggantinya secara manual.


Maka dari itu, simak penjelasannya berikut ini, ya!

Baca juga: Ketahui Apa Saja Fitur di Microsoft Excel Beserta Fungsinya

Format Tanggal di Excel

Excel memiliki berbagai opsi format tanggal. Namun biasanya, format tanggal di Excel mengikuti format default penulisan Inggris, seperti (mm/dd/yyyy) yaitu bulan, tanggal, tahun (04/21/2024). Berbeda dengan format penulisan Indonesia (21/04/2024) yang dimulai dari tanggal, kemudian bulan, dan tahun (dd/mm/yyyy). 


Hal ini sering menjadi kendala bagi kebanyakan orang saat membuat data yang mencantumkan tanggal. Tapi, jangan khawatir karena kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan cara-cara yang akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Mengubah Format Tanggal di Excel

Saat kamu mengubah format data di Excel, tujuan utamanya adalah agar seluruh data dalam spreadsheet dapat dipahami dengan baik oleh audiens.


Pada penjelasan di bawah ini, kamu akan memahami bagaimana cara mengubah format tanggal, seperti contoh dari dari default inggris (m,d,y) menjadi (d,m,y) atau 01/10/2000 menjadi 1 Oktober 2000. Berikut penjelasannya:

Menggunakan template Excel


Excel sudah menyediakan template khusus agar kamu bisa memformat tanggal.

Template ini tersedia melalui pengaturan dan kamu bisa pilih secara mudah.

Berikut adalah caranya:

  1. Langkah pertama, blok semua data yang ingin kamu ganti format tanggalnya dan pastikan format awal tanggal berbentuk angka, seperti 01/10/2000.

  2. Selanjutnya, pilih opsi Format Cells yang nantinya akan muncul popup pengaturan baru. Untuk memunculkan menu Format Cells bisa menggunakan shortcut Ctrl + 1.

  3. Buka tab Number pada bagian kiri atas.

  4. Jika sudah, kamu menuju ke box Category, kemudian klik Date.

  5. Pada bagian kanan, pilih format penulisan tanggal yang ingin kamu pakai di box Type, seperti merubahnya ke format 1 Oktober 2000.

  6. Jika kamu ingin mengatur format lokasi tanggal, klik Locale di bagian bawah.

  7. Klik OK untuk menyimpan format tanggal.


Menggunakan format tanggal custom

Jika kamu merasa template yang disediakan oleh Excel kurang cocok, kamu dapat menggunakan cara lain yaitu dengan menggunakan format tanggal custom.


Caranya tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, namun ada beberapa perbedaan yang harus kamu perhatikan. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Sama seperti cara sebelumnya, blok semua data yang ingin kamu ganti format tanggalnya dan pastikan format tanggalnya dalam bentuk angka, seperti 01/10/2000.

  2. Kemudian, pilih opsi Format Cells yang nantinya akan muncul popup window pengaturan. Untuk memunculkan menu Format Cells bisa menggunakan shortcut Ctrl + 1.

  3. Pilih tab Number pada bagian kiri atas.

  4. Perbedaannya terletak di bagian ini, pada box Category pilih opsi Custom.


  1. Masukkan format penanggalan sesuai selera kamu pada box Type.

  2. Jika sudah, klik OK untuk menyimpan format tanggal.

Baca juga: Panduan Belajar Excel untuk Para Pemula

Menggunakan rumus Excel =TEXT

Tidak hanya kedua cara sebelumnya, kamu juga bisa mengubah format tanggal dengan menggunakan rumus Excel.

Rumus Excel yang akan digunakan yaitu:

=TEXT(sel berisi tanggal yang ingin diganti, “format penanggalan”)

Untuk memulai menggunakan format ini, berikut adalah caranya:

  1. Pilih sel tempat format tanggal baru akan diterapkan.

  2. Selanjutnya, masukkan rumus di atas + format penanggalan baru yang diinginkan.

  3. Klik Enter untuk menyelesaikan format penanggalan baru.


Demikian penjelasannya, mudah bukan? Bagi kamu yang masih pemula dan ingin lebih mahir dalam menggunakan Excel, kamu bisa mengikuti program Sertifikasi Microsoft Excel dari MyEduSolve


Tak hanya Excel, kamu juga bisa meningkatkan skill Microsoft Office kamu dengan program Microsoft Office Specialist. Yuk, daftar sekarang juga!


Related Tags

excel
excel pemula
microsoft
belajar excel

38,063

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.