3 Cara Membuat Grafik di Word dengan Mudah

Penyampaian data menggunakan grafik memang merupakan salah satu cara yang paling efektif. Mari pelajari cara membuat grafik di Word dengan mudah di sini!

Posted: Sunday, May 29, 2022

Updated: Monday, May 30, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Sunday, May 29, 2022

Share:

3 Cara Membuat Grafik di Word dengan Mudah cover

Sebagai seorang profesional, kamu harus mengetahui cara membuat grafik di Word. Ketika kita sedang melakukan meeting, penyampaian data menggunakan grafik memang merupakan salah satu cara yang paling efektif. Maka dari itu kamu harus memiliki kemampuan tersebut.

Microsoft Word merupakan salah satu perangkat lunak pengolah kata yang memiliki fitur pembuatan grafik di dalamnya. Tidak hanya itu saja, desain grafik yang ada di dalam Microsoft Word juga sangat beragam, jadi kamu akan memiliki banyak pilihan dan bisa menyesuaikan grafik mana yang paling cocok untuk menyampaikan data yang kamu miliki.

Lantas, bagaimana sih cara membuat grafik di Word? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: Kenali Microsoft Office Specialist, Sertifikasi Wajib Saat Kerja

Cara Membuat Grafik di Word dengan Cepat

Seperti yang sudah diketahui, Microsoft Word merupakan salah satu perangkat lunak pengolah kata yang paling banyak digunakan oleh orang-orang. Fiturnya yang lengkap membuat seseorang dapat mudah melakukan pekerjaannya menggunakan aplikasi ini.

Salah satu fitur yang disediakan oleh Microsoft Word adalah pembuatan grafik. Untuk membuat grafik di Word, kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Pilih Grafik yang Kamu Inginkan

Untuk membuat grafik pada Microsoft Word, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih jenis grafik yang diinginkan untuk menampilkan data milikmu. Untuk melakukan hal tersebut, kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka dokumen baru pada aplikasi Microsoft Word.

  • Setelah itu, pilih tab Insert pada menu bar di pojok atas sebelah kanan.

  • Setelah memilih Insert, akan muncul beberapa opsi untuk memasukkan berbagai fitur. Pilih opsi atau ikon dengan tulisan Chart untuk memasukkan grafik.

  • Selanjutnya akan muncul dialog box di mana tersedia beberapa pilihan grafik mulai dari pie, column, dan masih banyak lagi. Pilih jenis grafik yang kamu inginkan.

Pastikan grafik yang kamu pilih dapat merepresentasikan data milikmu dengan tepat ya.

2. Masukkan Data ke Dalam Grafik

Setelah memilih jenis grafik yang diinginkan, selanjutnya kamu sudah mulai bisa memasukkan data milikmu ke dalam grafik tersebut. Biasanya, setelah grafik dipilih, akan muncul dialog box seperti spreadsheet yang ada di Microsoft Excel dengan ukuran kecil untuk kamu memasukkan data tersebut.

Sebelum kamu memasukkan data ke dalam spreadsheet, grafik yang muncul akan berisi data secara default. Oleh karena itu, kamu perlu mengisi spreadsheet tersebut dengan data milikmu agar grafik yang muncul dapat sesuai dengan data yang ingin ditampilkan. Jika kamu ingin memasukkan data dalam jumlah yang besar, kamu dapat mengklik dua kali bilah menu pada halaman spreadsheet atau memilih ikon kecil yang berbentuk seperti logo Microsoft Excel.

3. Atur Tampilan Grafik

Setelah spreadsheet tersebut diisi oleh data milikmu, nantinya grafik akan muncul menyesuaikan dengan data tersebut. Selanjutnya kamu juga dapat mengatur bagaimana tampilan dari grafik tersebut seperti warnanya, font, dan lain sebagainya.

Untuk mengatur tampilan grafik, caranya kamu hanya perlu melakukan klik pada grafik tersebut. Nantinya akan muncul beberapa opsi pengaturan yang dapat kamu pilih dan sesuaikan, antara lain:

  • Layout options: Ikon yang berbentuk seperti tapal kuda ini berfungsi untuk mengatur posisi grafik seperti antar teks, di dalam teks, atau di belakang teks.

  • Chart elements: Ikon berbentuk (+) ini berfungsi untuk mengurangi atau menambah elemen pada grafik seperti garis panduan atau untuk menyisipkan tabel data ke dalam grafik

  • Style: Ikon berbentuk kuas ini berfungsi untuk mengubah bentuk grafik seperti tema warna, dan tampilannya.

  • Values: Ikon berbentuk corong ini berfungsi untuk menambah atau menghapus rangkaian dan kategori seperti tabung dan nama bulan pada grafik.

Jika kamu sudah mengatur tampilan grafiknya, maka selamat kamu sudah tahu cara membuat grafik di Word.

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Membuat Background Di Word

Apabila kamu merasa masih ingin mempelajari Microsoft Word secara lebih lanjut lagi, kamu bisa mengambil ujian sertifikasi resmi Microsoft Office Specialist di MyEduSolve. Terdapat dua level sertifikasi word yang tersedia yaitu Associate dan Expert. Kamu bisa belajar terlebih dahulu melalui LearnKey, CertPREP dan retake voucher supaya bantu lulus ujian. Semoga penjelasan cara membuat grafik di Word ini dapat membantu kamu, ya!


Article Tag:

grafik di wordwordcara membuat grafik di word

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

3 Cara Membuat Grafik di Word dengan Mudah

Posted: Sunday, May 29, 2022

Updated: Monday, May 30, 2022

Article Tag:

grafik di wordwordcara membuat grafik di word

Category:

Pengembangan Skill

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.