Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Dijamin Berhasil! Berikut 3 Cara Aktivasi Microsoft Office 2019

Ingin update versi Microsoft Office di perangkatmu dengan versi 2019? Simak cara lengkap untuk mengaktivasi Microsoft Office 2019 di artikel ini!

MyEduSolve menyediakan ujian sertifikasi internasional dan pelatihan resmi untuk keperluan individu, perusahaan, serta institusi pendidikan.

Posted: Thursday, Nov 09, 2023

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Dijamin Berhasil! Berikut 3 Cara Aktivasi Microsoft Office 2019 cover

Microsoft Office merupakan software yang menunjang produktivitas kerja dan belajar. Sebut saja Microsoft Excel, Microsoft Word, Microsoft Powerpoint, dan produk-produk Microsoft lainnya pasti digunakan di perkuliahan dan perkantoran. Bahkan saat ini penguasaan berbagai tools Microsoft Office menjadi kualifikasi untuk bekerja.

Tak heran jika Microsoft Office menjadi perangkat lunak yang sangat dibutuhkan banyak orang. Microsoft Office telah mengeluarkan berbagai versi perangkat lunak, salah satu versi yang paling populer adalah Microsoft Word 2019. Artikel ini akan menjelaskan tentang cara aktivasi Microsoft Office 2019 yang dijamin berhasil. Jika kamu penasaran, yuk baca artikel ini sampai akhir!

Cara Aktivasi Microsoft Office 2019

Ketika kamu membeli perangkat laptop atau komputer baru, biasanya software Microsoft Office sudah terunduh di komputer. Namun, terkadang ada juga komputer baru yang masih dalam kondisi kosong, sehingga kamu harus mengunduh sendiri bermacam-macam software penting seperti Microsoft Office.

Sebetulnya Microsoft sudah menyediakan Microsoft Office versi 365 yang menyediakan cloud storage, sehingga bisa diakses kapan saja dan di mana saja secara online.

Sayangnya, Microsoft Office versi 365 mengharuskan user berlangganan setiap bulan atau setiap tahun. Maka dari itu, banyak user yang lebih memilih menggunakan Microsoft Office 2019 atau Microsoft Office 2021 karena tidak perlu berlangganan dan dapat diakses secara offline.

Jika kamu mengunduh sendiri Microsoft Office di internet, kamu harus melakukan aktivasi terlebih dahulu agar bisa digunakan. Akan tetapi, seringkali proses aktivasi ini gagal. Nah, di bawah ini akan dijelaskan tutorial aktivasi Microsoft Office 2019 yang mudah dan dapat dipastikan langsung berhasil. Yuk, baca dan ikuti langkah-langkah berikut!

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Microsoft Word Product Activation Failed? 

  1. Cara Aktivasi Microsoft Office dengan Product Key

Kalau kamu sudah mengunduh software Microsoft Office di perangkat komputer kamu dan sudah memiliki Microsoft Office product key, kamu bisa ikuti cara di bawah untuk mengaktifkannya.

  • Buka salah satu tools Microsoft Office, misalnya Powerpoint, Excel, atau Word.

  • Lalu akan muncul jendela pop-up dan klik tombol Sign In.

  • Coba masuk dengan akun Microsoft yang kamu miliki, tapi jika kamu belum memiliki akun, silakan lakukan registrasi terlebih dahulu.

  • Setelah itu, klik tab File.

  • Klik Account.

  • Klik Activate Product.

  • Klik opsi Use a Different Account.

  • Klik tautan yang ada pada tulisan I have a product key.

  • Masukkan kode pada product key untuk mulai proses aktivasi software Microsoft Office.

  • Jika proses aktivasi berhasil, nanti akan muncul pesan ‘Product Activated’ pada halaman utama di akun Microsoft kamu.


  1. Cara Aktivasi Microsoft Office 2019 dengan KMS

Kamu juga bisa mengaktivasi Microsoft Office dengan software KMS (Key Management Service). Dengan menggunakan software KMS, kamu tidak membutuhkan lisensi untuk mengaktivasi Microsoft Office secara legal.

Software KMS ini merupakan perangkat lunak untuk mengaktivasi suatu program berlisensi dengan legal. Biasanya dimiliki oleh universitas, perusahaan, atau organisasi untuk kebutuhan pekerjaan dan belajar, sehingga KMS dapat digunakan oleh anggotanya.

KMS menyediakan masa aktivasi selama 180 hari. Kalau sudah melebihi itu, pengguna harus memperpanjang lagi masa aktivasinya. Jenis KMS yang sering digunakan untuk aktivasi Microsoft Office adalah KMSpico, MicroKMS, Microsoft Toolkit Activator, KMSAuto, dan sebagainya. Ikuti tutorial di bawah ini kalau kamu ingin lakukan aktivasi Microsoft Office menggunakan KMS.

  • Pertama-tama, unduh software Microsoft Office.

  • Selama proses aktivasi, matikan sementara software antivirus yang ter-install di komputer seperti Windows Defender, karena software antivirus bisa menggagalkan proses aktivasi.

  • Buka file Microsoft Office yang sudah diunduh menggunakan WinRar karena biasanya file unduhan masih dalam format Zip.

  • Kemudian, buka file KMS Tools.exe dengan klik kanan, lalu klik opsi Run as administrator.

  • Jika muncul blue screen di layar, klik opsi More Info dan klik Run Anyway.

  • Lalu klik AAct Portable.

  • Ketika muncul jendela pop-up, klik opsi Office Activation di sisi kiri layar.

  • Klik lagi Install GVLK key and activate again?

  • Tunggu proses sampai selesai, setelah itu Microsoft Office sudah teraktivasi.

Baca juga: Pelajari Cara Menggunakan Mendeley Di Word Dengan Mudah 


  1. Cara Aktivasi Microsoft Word 2019 Menggunakan CMD

Selain menggunakan KMS, kamu bisa melakukan aktivasi Microsoft Office 2019 dengan CMD, tentunya secara gratis. CMD merupakan Command Prompt atau sebuah perangkat lunak untuk memasukkan instruksi pada mesin komputer. CMD dapat ditemui di komputer-komputer yang menggunakan sistem operasi dari Windows.

Sebagai software yang digunakan untuk menjalankan instruksi, CMD bisa dimanfaatkan untuk mengaktivasi Microsoft Office. Bagaimana caranya? Yuk, ikuti tutorial berikut ini.

  • Unduh Microsoft Office terlebih dahulu.

  • Sebelum mulai aktivasi, kamu harus mematikan software antivirus yang terpasang di perangkat komputer, misalnya Windows Defender atau antivirus bawaan dari Windows.

  • Lalu, buka menu Command Prompt yang sudah tersedia di komputer. 

  • Buka file unduhan Microsoft Office. Biasanya file masih dalam format Zip, jadi kamu harus membukanya dengan WinRar.

  • Setelah file dibuka, klik kanan pada file dan klik Run as administrator.

  • Kemudian, tunggu proses sampai selesai.

  • Selanjutnya buka setiap tools Microsoft Office untuk memeriksa apakah proses aktivasi sudah berhasil atau belum. Carannya: buka software, klik tab Account, lalu di sebelah kanan atas akan muncul status aktivasi Microsoft Office.

Baca juga: Wajib Tahu! Cara Mempersiapkan Ujian Sertifikasi Microsoft Office Specialist

Itu dia 3 cara aktivasi Microsoft Office 2019 yang dijamin berhasil. Microsoft Office bisa dibilang menjadi software yang paling banyak dibutuhkan, karena sangat membantu produktivitas kerja dan belajar. Bahkan, semua perusahaan mengharuskan karyawannya untuk menguasai Microsoft Office. 

Yuk, tingkatkan keterampilan kamu dalam mengoperasikan Microsoft Office dengan mengikuti kursus sertifikasi Microsoft Office 365 dari MyEduSolve. Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mengakses laman MyEduSolve.

Related Tags

Microsoft Office 2019

42,106

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.