Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Cara Membuka Dokumen Yang Terproteksi atau Terkunci di Microsoft Word!

Tips praktis untuk membuka dan mengedit dokumen Microsoft Word yang terkunci, simak cara lengkap untuk mendapatkan akses penuh untuk pengeditan dokumen dengan panduan di blog MyEduSolve!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Wednesday, Mar 06, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Cara Membuka Dokumen Yang Terproteksi atau Terkunci di Microsoft Word! cover

Sebagai program pengolah kata, Microsoft Word sering digunakan untuk menulis naskah, artikel, surat, hingga dokumen-dokumen penting dalam format teks. Microsoft Word menyediakan sebuah fitur yang bisa mengunci dokumen sehingga tidak bisa diubah oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Jika dokumen telah terkunci, maka hanya orang yang memiliki akses yang dapat membukanya. Yuk, baca artikel ini sampai akhir untuk mengetahui cara memproteksi dokumen dan juga cara membuka dokumen yang terkunci.

Mengapa Perlu Mengunci Dokumen?

Microsoft Word menjadi salah satu program komputer yang paling banyak dipakai di perkantoran. Dengan memakai Microsoft Word, kamu bisa membuat berbagai macam dokumen berbasis teks, seperti naskah, surat, makalah, dan masih banyak lagi.

Meski begitu, Microsoft Word merupakan program yang multifungsi. Kamu juga dapat membuat tabel, grafik, flow chart, mind map atau jenis ilustrasi lainnya dengan Microsoft Word.

Akan tetapi, salah satu kekurangan dari dokumen berbasis teks adalah cenderung mudah diubah, disalin, dan direkayasa oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Tentu saja hal tersebut bisa merugikan pemilik asli dokumen.

Dari alasan itulah, sangat disarankan untuk mengunci dokumen demi mengamankannya dari tangan-tangan orang tak bertanggung jawab, terlebih jika kamu ingin mengunggah dokumen ke internet.

Fitur kunci dokumen ini sudah disediakan secara gratis oleh Microsoft Word yang dapat ditemukan di menu ‘Review’ pada opsi ‘Protect Document’. Lalu, pemilik dokumen harus memasukkan kata sandi untuk membatasi akses. Jadi, dokumen hanya bisa dibuka oleh orang yang sudah mengetahui kata sandinya.

Baca juga: 5 Manfaat Microsoft Word Dalam Dunia Kerja

Keuntungan Mengunci Dokumen

Mungkin segelintir orang masih belum mengetahui pentingnya memproteksi dokumen. Ternyata mengunci dokumen memberikan cukup banyak keuntungan. Berikut ini deretan keuntungan yang bisa kamu rasakan jika memproteksi dokumen Word.

  1. Proteksi Maksimal

Manfaat utama yang bisa kamu rasakan adalah perlindungan dokumen yang maksimal. Proteksi dokumen sangat diperlukan jika kamu ingin mengunggah dokumen-dokumen penting seperti skripsi, karya ilmiah, naskah film, novel, atau dokumen penting lainnya ke internet.

Hal itu dikarenakan dokumen yang tersebar di internet sulit dikontrol penggunaannya karena jangkauannya yang terlalu luas. Salah-salah, dokumen bisa diubah oleh orang tak bertanggung jawab yang bisa menimbulkan kerugian bagi penulisnya.

  1. Terhindar dari Orang yang Tak Bertanggung Jawab

Salah satu alasan utama mengapa penting untuk memproteksi dokumen adalah supaya terhindar dari ulah orang-orang yang tak bertanggung jawab yang tentunya merugikan. Dokumen tersebut bisa disalahgunakan seperti dijiplak, diubah tanpa izin, diklaim menjadi karya orang lain, dan masih banyak lagi.

Maka dari itu, penting untuk memproteksi dokumen atau karya kamu agar tidak disalahgunakan oleh pihak lain yang merugikan.

  1. Menjaga Keaslian Dokumen

Dokumen yang dipublikasikan di ruang terbuka seperti internet, berisiko tinggi terjadi aksi plagiarisme atau penjiplakan. Tentunya kamu tidak boleh membiarkan hal ini terjadi pada karyamu.

Dengan memasang kata sandi pada dokumen milikmu, artinya kamu sedang menjaga keaslian atau orisinalitas pada karyamu. Kamu mencegah pengeditan tanpa izin, pencurian karya, plagiarism, dan pencurian ide yang dilakukan oleh orang lain.

Baca juga: 4 Tips Merapikan Format Tulisan Microsoft Word yang Berantakan dengan Cepat

Cara Membuka Dokumen yang Terkunci

Untuk membuka kembali dokumen yang terkunci terdapat beberapa cara. Kamu bisa ikuti salah satu cara yang paling tepat buatmu. Yuk, simak!


  1. Cara Membuka Dokumen Terkunci dengan Kata Sandi

Dimulai dari cara yang paling mudah untuk membuka dokumen terkunci, ikuti cara-cara berikut ini:

  • Klik dua kali pada dokumen Word yang ingin kamu buka kembali proteksinya.

  • Nantinya akan muncul jendela baru dengan kolom kata sandi.

  • Kamu bisa mengisi kolom tersebut dengan kata sandi yang sudah kamu pasang sebelumnya.

  • Jika sudah, tinggal klik OK.

Apabila kamu ingin menghilangkan proteksi pada dokumen, kamu bisa ikuti cara di bawah:

  • Buka tab File.

  • Klik opsi Info.

  • Klik ikon Protect Document.

  • Pilih Encrypt with Password.

  • Akan muncul jendela baru.

  • Hapus kata sandi pada kolom.

  • Klik OK.

  • Lalu, simpan pembaruan pada dokumen. Setelahnya kamu bisa membuka dokumen tanpa perlu memasukkan kata sandi lagi.

 Baca juga: 3 Cara Cepat Membuat Mind Map Sederhana Di Microsoft Word


  1. Cara Membuka Proteksi Dokumen untuk Edit

Ketika kamu menemukan adanya kesalahan eja pada dokumen yang terkunci dan kamu ingin membukanya sementara hanya untuk keperluan edit saja, kamu bisa ikuti langkah berikut:

  • Buka dokumen yang akan kamu edit.

  • Klik tab Review.

  • Klik menu Protect pada kategori ‘Protect’.

  • Lalu, pilih Restrict Editing.

  • Selanjutnya akan muncul panel di sisi kanan halaman dan klik Stop Protection.

  • Masukkan kata sandi pada kolom di jendela pop-up.

  • Dokumen akan terbuka dan kamu bisa mengeditnya sampai selesai.

  • Apabila sudah, kamu tinggal simpan pembaruan dan dokumen bisa diedit siapa saja. Tapi kalau kamu menutup dokumen tanpa menyimpan perubahannya, dokumen akan tetap terkunci.


  1. Cara Membuka Proteksi Dokumen dengan Google Docs

Ternyata kamu bisa membuka proteksi dokumen menggunakan program lain, yaitu Google Docs. Ikuti cara di bawah ini:

  • Buka program Google Doc yang dapat diakses secara online.

  • Klik ikon folder yang terletak di kanan bawah.

  • Pilih opsi Upload.

  • Klik Browse dan pilih dokumen yang ingin kamu buka proteksinya.

  • Setelah file terbuka, kamu bisa mengeditnya sampai tuntas.

  • Lalu kamu bisa simpan kembali dokumennya.

Itu dia penjelasan mengenai cara mengunci dokumen dan cara membuka dokumen yang terkunci. Kalau kamu ingin semakin mahir mengoperasikan Microsoft Word, yuk daftar ke kelas sertifikasi Microsoft Word Associate dari MyEduSolve. Info menarik lainnya, bisa akses ke laman MyEduSolve.

Sumber:

How to Unlock a Word Document https://www.groovypost.com/howto/unlock-a-word-document/  (Diakses Februari 2024)


Related Tags

Literasi Digital
Membuka Dokumen Terkunci

396

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.