Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

2 Cara Aktivasi Microsoft Office 365, Dijamin Berhasil!

Aktivasi Microsoft Office 365 memerlukan tahapan yang cukup detail. Jika kamu membutuhkan informasi untuk mengaktifkan Microsoft Office 365 di perangkatmu, simak cara mudahnya di artikel ini!

Posted: Thursday, Nov 09, 2023

Share:

2 Cara Aktivasi Microsoft Office 365, Dijamin Berhasil! cover

Microsoft Office merupakan salah satu software yang wajib di-install di perangkat komputer, karena memiliki segudang fungsi yang membantu produktivitas. Microsoft Office sudah memiliki bermacam-macam versi, termasuk Microsoft Office 365. 

Sayangnya pengguna Microsoft Office 365 sering mengalami kendala apalagi jika belum melakukan aktivasi. Artikel ini akan menjelaskan cara aktivasi Microsoft Office 365. Yuk, simak sampai habis!

Apa itu Microsoft Office 365

Microsoft Office 365 adalah salah satu produk dari Microsoft untuk menunjang produktivitas sehari-hari. Keunggulan dari produk ini adalah dapat diakses secara online dan memiliki fitur cloud untuk penyimpanan data.

Tidak seperti zaman dulu yang hanya menyimpan file dokumen di memori komputer, sehingga rawan hilang apalagi jika perangkat komputer rusak atau dicuri.

Dengan menggunakan fitur cloud ini, membantu pengguna untuk menyimpan dokumen penting jadi lebih praktis via online yang dinilai jauh lebih aman.

Microsoft Office 365 dianggap praktis karena bisa dibuka di mana saja secara daring dengan sistem berlangganan setiap bulan atau setiap tahun.

Namun, untuk bisa menggunakannya dengan maksimal dengan masa berlaku seumur hidup, pengguna harus melakukan aktivasi terlebih dulu. Untuk melakukan proses aktivasi secara legal, kamu bisa melakukan dua cara, yaitu menggunakan product key dan CMD.

Baca juga: Kenali Microsoft Office Specialist, Sertifikasi Wajib Saat Kerja 

Kerugian Jika Tidak Melakukan Aktivasi Microsoft Office

Sebetulnya kamu tetap bisa menggunakan Microsoft Office tanpa perlu melakukan aktivasi meski ada beberapa batasan. Berikut penjelasan lebih lanjut.

  1. Akan selalu muncul tulisan “Word hasn’t been activated. To keep using Word without interruption, activate before the date” di bagian atas aplikasi setiap kamu membuka tools Microsoft Word atau tools Microsoft Office lainnya.

  2. Apabila kamu tidak kunjung melakukan aktivasi sesuai tanggal yang ditentukan, kamu tidak akan menggunakan beberapa fitur yang tersedia di Microsoft Office. Contohnya kamu tidak akan bisa menggunakan semua fitur edit Microsoft Office.

  3. Kemudian, kalau kamu membuka tab File > Account, akan muncul tulisan “Activation required” di setiap tools Microsoft Office.

Panduan Aktivasi Microsoft Office 365

Di bawah ini akan dijelaskan cara melakukan aktivasi Microsoft Office 365 yang pasti berhasil. Yuk, simak!

  1. Cara Aktivasi Microsoft Office 365 dengan Product Key

Untuk melakukan proses aktivasi Microsoft Office 365 menggunakan product key atau nomor seri. Kamu perlu membeli product key agar bisa lanjut ke langkah berikutnya. Product key bisa kamu dapatkan dengan membelinya di e-commerce resmi atau toko peralatan komputer terpercaya.

Yuk, mulai tutorialnya dengan ikuti langkah demi langkah di bawah ini.  

  • Unduh aplikasi Microsoft Office 365 di perangkat komputer kamu.

  • Setelah itu, buka salah satu tools yang tersedia di Microsoft Office 365 seperti Microsoft Excel, Microsoft Word, dan sebagainya.

  • Kemudian, akan muncul jendela pop-up yang mengharuskan kamu login. Jika kamu sudah punya akun Microsoft kamu bisa langsung login dengan memasukkan alamat e-mail dan password, tapi bila kamu belum memilikinya kamu bisa melakukan registrasi terlebih dulu.

  • Selanjutnya, setelah kamu berhasil masuk ke akunmu, klik tab File.

  • Klik Account.

  • Pilih Activate Product.

  • Klik pilihan Use a different account.

  • Klik tautan I have a product key.

  • Lalu masukkan kode yang ada di product key.

  • Tunggu proses aktivasi sampai selesai.

  • Cara mengecek proses aktivasi sudah berhasil atau belum: klik tab File, pilih opsi Account, dan akan muncul tulisan Product Activated di bagian sebelah kanan atas.

Baca juga: Apa Manfaat Mendapatkan Sertifikasi Microsoft Office Specialist? Cari Tahu Di Sini! 

  1. Cara Aktivasi Microsoft Office 365 dengan CMD

CMD adalah Command Prompt atau software untuk memberikan instruksi pada komputer. Software CMD dapat dimanfaatkan untuk proses aktivasi Microsoft Office. Kamu bisa ikuti langsung tutorialnya karena sangat mudah dipraktekkan di rumah. Simak, yuk!

  • Pertama-tama unduh dulu aplikasi Microsoft Office 365 di perangkat komputer kamu.

  • Kemudian, buka software Command Prompt yang ada di komputer.

  • Selanjutnya, buka file Microsoft Office yang telah kamu unduh dan biasanya masih dalam format Zip. Buka file menggunakan WinRar untuk mengubah formatnya.

  • Setelah itu, klik kanan pada file dan klik pada opsi Run as administrator.

  • Masukkan instruksi berikut ini: cd C:\Program Files (x86)\Microsoft Office\Office16 atau cd C:\Program Files\Microsoft Office\Office16

  • Ubah lisensi Microsoft Office 365 dari lisensi retail ke lisensi volume dengan memasukkan instruksi berikut: for /f %x in (‘dir /b /..\root\License16\proplusvl_kms*.xrm-ms’) do script  ospp.vbs/inslic:”..\root\Licenses16\%x”.

  • Lalu langkah terakhir untuk mengaktifkan Microsoft Office 365 gunakan instruksi berikut: 

cscript ospp.vbs /inpkey:XQNVK-8JYDB-WJ9W3-YJ8YR-WFG99

cscript ospp.vbs /unpkey:BTDRB >nul

cscript ospp.vbs /unpkey:KHGM9 >nul

cscript ospp.vbs /unpkey:CPQVG >nul

          cscript ospp.vbs /sethst:kms8.msguides.com

cscript ospp.vbs /setprt:1688

cscript ospp.vbs /act

  • Tunggu proses aktivasi sampai selesai.

  • Setelah proses selesai, Microsoft Office 365 pun berhasil diaktivasi dengan cara CMD.

Baca juga: Seberapa Penting Menguasai Microsoft Office di Dunia Kerja? 

Itu dia uraian lengkap tentang cara aktivasi Microsoft Office 365 yang praktis dan dijamin pasti berhasil. Tak bisa dipungkiri kalau saat ini kemampuan mengoperasikan Microsoft Office sudah jadi kebutuhan industri. Jadi, kamu harus mampu menguasai tools Microsoft Office demi meningkatkan peluangmu diterima kerja. Yuk, gabung ke kelas sertifikasi Microsoft Office 365 dari MyEduSolve. Info menarik lainnya, akses ke laman MyEduSolve.

Sumber:

https://www.nosware.com

Related Tags

Microsoft Office 365

34,099

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.