Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

18 Inspirasi Kata-Kata Perpisahan ke Teman Kerja

Temukan 18 inspirasi kata-kata perpisahan yang menyentuh hati untuk teman kerja. Ucapkan selamat tinggal dengan kata-kata yang berkesan dan penuh makna.

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Friday, Feb 23, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

18 Inspirasi Kata-Kata Perpisahan ke Teman Kerja cover

Rekan kerja yang datang silih berganti karena resign atau pindah tugas sudah biasa terjadi. Pada momen perpisahan tersebut, tentu saja kamu harus memberikan kata-kata perpisahan kerja pada rekan-rekan di kantor.

Terutama jika kamu memang memiliki relasi yang cukup dekat dengan rekan kerja dan atasan, mengucapkan salam perpisahan menjadi sebuah keharusan.

Artikel ini akan menyajikan kumpulan kata-kata perpisahan yang bisa menjadi inspirasi ketika perpisahan dengan teman kantor. Simak artikel ini sampai akhir, ya!

Mengapa Penting Mengucapkan Salam Perpisahan ke Rekan Kerja?

Meski terlihat kecil, tetapi mengucapkan kata-kata perpisahan pada rekan kerja yang akan resign merupakan gestur yang cukup penting di pergaulan dunia kerja.

Setiap orang senang diberikan apresiasi. Maka, berikanlah apresiasi pada rekan kerja yang hendak resign dengan memberikan ucapan.

Kata-kata perpisahan yang paling sering dilontarkan seperti pujian atas kinerjanya di kantor selama ini. Selain itu, bisa juga dengan memberikan semangat sebelum rekan kerjamu berada di tempat kerja barunya.

Melansir dari laman Better Up, perpisahan kerja yang baik bisa mendorong kesuksesan secara berkelanjutan, karena terdapat dukungan moral di sana. Orang yang memperoleh momen perpisahan berkesan dari para koleganya akan lebih mudah beradaptasi di tempat kerja barunya.

Jadi, jangan meremehkan momen perpisahan dengan rekan-rekan kerja di kantor. Sebab, melalui momen ini kamu dapat membantu rekan yang resign agar bisa memulai peran barunya dengan baik.

Baca juga: Contoh Surat Pengunduran Diri dan Cara Membuatnya

Tips Mengucapkan Salam Perpisahan dengan Rekan-Rekan Kerja

Momen perpisahan di tempat kerja memang tidak mudah. Supaya perpisahan kerja semakin berkesan, kamu bisa memberikan ucapan melalui teks ataupun ucapan yang menunjukkan rasa hormat, harapan, dan doa-doa baik.

Walaupun kamu tidak terlalu dekat dengan rekan kerja yang resign, tidak ada salahnya mengucapkan sepatah-dua patah kata perpisahan dan mendoakan yang terbaik untuk perjalanan karirnya kelak. Dengan memberikan ucapan perpisahan tersebut, kamu menunjukkan rasa hormat dan perhatian yang tentunya akan sangat dihargai.

Buat kamu yang mudah merasa canggung ketika ingin mengucapkan salam perpisahan pada rekan kerja, bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Buatlah dalam Bentuk Teks

Kalau kamu tipe orang yang pemalu tapi ingin mengucapkan salam perpisahan pada rekan kerja tanpa merasa canggung, kamu bisa memberikan ucapan dalam bentuk teks. Bisa kamu kirimkan melalui Whatsapp, e-mail, atau kartu ucapan.

  1. Berikan Hadiah

Memberikan hadiah juga bisa menjadi jalan keluar bagi kamu yang malu mengucapkan kata-kata perpisahan pada kolega kerja. Hadiah tersebut tentunya akan berkesan pada orang yang menerimanya dan kamu akan selalu diingat.

  1. Membuat Pesta Kecil

Jika kamu canggung mengucapkan kata-kata perpisahan secara terang-terangan di kantor, kamu bisa mengadakan acara perpisahan kecil-kecilan. Undanglah rekan-rekan kerja yang akrab denganmu agar acara perpisahan tersebut lebih intim dan kamu tak perlu malu-malu mengucapkan salam perpisahan.  

Baca juga: Memahami Apa Itu Exit Interview dan Contoh Pertanyaannya

Contoh Ucapan Perpisahan Kerja

Nah, kamu bisa menggunakan beberapa contoh di bawah ini agar tak bingung lagi memberikan ucapan perpisahan pada rekan kerja. Simak, yuk!

Contoh Ucapan Perpisahan Kerja Informal

  1. “Selamat! Semoga kamu selalu sukses dan beruntung di kantor baru nantinya!”

  2. “Aku bakal kangen rapat dan ngelembur bareng kamu di kantor. Aku mendoakan yang terbaik buatmu di kantor barumu nanti. Semoga selalu sukses di masa depan!”

  3. “Semoga kamu beruntung di pekerjaan baru! Kamu selalu jadi teman dan tim kerja yang hebat. Aku mungkin bakal kangen keceriaan dan cerita-cerita lucumu.”

  4. “Makasih buat sekian tahunnya jadi partner kerja yang baik di kantor. Semoga kamu bisa semakin sukses di kantor baru dan dikelilingi teman-teman yang baik.”

  5. “Aku tidak akan lupa kebaikanmu selama kerja dengan aku di sini. Terima kasih banyak dan aku selalu mendukungmu.”

  6. “Semoga kamu bisa makin maju dan bisa menjadi pemimpin yang baik di tempat kerja baru.”

  7. “Aku berharap kamu nanti dapat posisi terbaik di kantor baru. Sehat selalu!”

  8. “Mudah-mudahan di kantor baru nanti kamu bisa mendapatkan kesempatan yang lebih baik lagi dan karirmu juga semakin naik.”

  9. “Makasih sudah mau berbagi ilmu dan menjadi teman kerja yang memotivasi. Aku harap kamu selalu sehat dan bersemangat di kantor baru.”

  10. “Selamat hari perpisahan. Aku akan selalu mengenang waktu-waktu kita naik-turun di sini.”

Baca juga: Job Hopping: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Contoh Ucapan Perpisahan Kerja Formal

  1. “Terima kasih Bapak/Ibu sudah menjadi atasan yang hebat dan selalu memberikan masukan-masukan yang membangun agar saya bisa lebih baik lagi. Saya tidak akan melupakan jasa Bapak/Ibu.”

  2. “Sebagai seorang pemimpin, Bapak/Ibu sangat luar biasa karena mengajari saya berbagai hal. Semoga karir Bapak/Ibu selanjutnya semakin sukses.”

  3. “Selamat atas keberhasilannya diterima di perusahaan besar. Semoga Bapak/Ibu selalu sukses dan diberi keberkahan.”

  4. “Terima kasih banyak atas bimbingannya selama ini. Maaf jika saya masih banyak kekurangan sebagai junior. Saya berharap Bapak/Ibu bisa mendapatkan posisi yang terbaik di kantor baru.”

  5. “Selama bekerja dengan Bapak/Ibu, saya mendapatkan banyak pengalaman berharga yang sangat berarti. Saya doakan yang terbaik untuk kesuksesan Bapak/Ibu di kantor baru.”

  6. “Bapak/Ibu telah berhasil mengajari saya banyak hal. Saya yang awalnya tidak tahu apa-apa sampai bisa mahir mengerjakan banyak hal. Semoga Bapak/Ibu bisa terus menebarkan kebaikan dan sukses di jalan baru.”

  7. “Tetaplah menjadi orang yang berintegritas, suportif, dan menebarkan semangat positif di manapun kamu berada. Saya doakan yang terbaik untuk kamu.”

  8. “Terima kasih sudah memberikan banyak kenangan berharga di kantor. Semoga sukses dengan peran barunya. Saya harap kita masih tetap berkomunikasi dengan baik.”

Demikian penjelasan mengenai kata-kata perpisahan kerja dan kumpulan inspirasi ucapan perpisahan yang bisa kamu ikuti. Apabila kamu memiliki kesulitan beradaptasi di lingkungan kerja baru, kamu bisa banget konsultasi dengan profesional secara gratis melalui fitur #TalkToDIAN yang ditawarkan MyEduSolve.

Sumber:

How to say farewell to a colleague: 35 ways to say goodbye https://www.betterup.com/blog/farewell-to-a-coworker (Diakses Februari 2024)

Tips Menyampaikan Kata-kata Perpisahan Kerja yang Berkesan beserta Contohnya https://www.ekrut.com/media/ucapan-perpisahan-kerja  (Diakses Februari 2024)

Related Tags

DIAN
Inspirasi

3,454

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.