Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

10 Rekomendasi Pekerjaan untuk Lulusan SMA

Ini 10 rekomendasi pekerjaan terbaik untuk lulusan SMA yang menjanjikan karier cerah dan peluang berkembang. Dari industri kreatif hingga teknologi, temukan peluang karier yang sesuai dengan keahlianmu!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Friday, Dec 22, 2023

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

10 Rekomendasi Pekerjaan untuk Lulusan SMA cover

Mencari pengalaman bekerja bisa didapatkan sejak lulus SMA. Sayangnya pekerjaan untuk lulusan SMA cukup terbatas karena saat ini rata-rata perusahaan merekrut karyawan dengan kualifikasi minimal S1. Namun jangan berkecil hati, masih banyak perusahaan lainnya yang menerima karyawan lulusan SMA. Nah, untuk kamu yang sering bertanya-tanya ‘lulusan SMA bisa kerja apa?’ yuk, simak artikel ini yang akan mengulas tentang 10 rekomendasi pekerjaan terbaik untuk lulusan SMA.

Pramugari dan pramugara bisa menjadi salah satu rekomendasi pekerjaan untuk lulusan SMA. Sebab, banyak maskapai penerbangan memperbolehkan lulusan SMA dan SMK untuk melamar posisi pramugari atau pramugara. Di samping itu, pramugari dan pramugara juga diberikan gaji yang tergolong tinggi dan bisa bepergian ke mana-mana.

Namun, pramugari tidak terbatas hanya untuk pesawat terbang saja, tapi juga ada pramugari untuk kereta api atau dikenal dengan istilah train attendance. Bekerja sebagai train attendant juga tak kalah menjanjikan, sebab kamu memiliki jenjang karir dengan status sebagai karyawan BUMN di PT. KAI.

Sales juga sering menjadi incaran para lulusan SMA yang ingin mencari pengalaman bekerja. Masih banyak perusahaan yang merekrut lulusan SMA menjadi sales karena yang terpenting dari pekerjaan sales adalah kemampuan menarik dan mempengaruhi pembeli, dan kemampuan tersebut dapat diajarkan melalui training singkat.

Meski dulunya pekerjaan sales kerap dipandang sebelah mata, tapi saat ini sudah banyak perusahaan yang menjamin kesejahteraan sales dengan menawarkan jenjang karir hingga memberikan uang bonus jika berhasil memenuhi target.

Baca juga: Syarat Melamar Kerja, Apa Saja yang Harus Kamu Persiapkan?


Bekerja sebagai staff administrasi tidak memerlukan keahlian khusus, tapi cukup bisa mengoperasikan aplikasi pengolah data seperti Microsoft Excel yang bisa dikerjakan dengan baik oleh lulusan SMA.

Secara umum staff administrasi bertugas untuk mengelola data, mengarsipkan dokumen, mencatat notulensi rapat, menjalin koordinasi dengan divisi lain, mengatur jadwal, dan sebagainya. Staff administrasi memiliki besaran gaji yang berbeda-beda, tapi biasanya staff administrasi di Indonesia mendapat gaji mulai dari 2 juta.

Operator termasuk salah satu pekerjaan yang menjanjikan untuk lulusan SMA, karena pekerjaan ini memiliki jenjang karir dan penghasilannya juga cenderung stabil. Tugas dan tanggung jawab operator adalah mengoperasikan mesin, memelihara mesin, dan memastikan mesin bisa beroperasi dengan baik agar proses produksi tidak terganggu.

Besaran gaji operator bisa berbeda-beda tergantung ketentuan perusahaan. Akan tetapi, secara umum gaji operator dipengaruhi oleh domisili, jenis industri, serta pengalaman.

Penulis tidak membutuhkan gelar sarjana, karena kesuksesan seorang penulis dipengaruhi oleh kemampuan dan kemahirannya dalam menulis. Jika kamu berkomitmen menjadi penulis, artinya kamu harus rajin membaca, sering berlatih, dan selalu meningkatkan kemampuan menulis. Caranya bisa dengan mengikuti kursus atau mencoba ikut lomba penulisan.

Untungnya sekarang kesempatan kerja menjadi penulis semakin besar. Kamu tidak hanya bisa menjadi penulis buku, tapi juga bisa menjadi penulis di media cetak atau di media online yang kini dikenal dengan istilah content writer.

Baca juga: 5 Tips Mencari Kerja untuk Fresh Graduate, Persiapkan Dari Sekarang!

Saat ini lembaga bimbingan belajar semakin menjamur. Itu disebabkan tingginya kebutuhan para siswa mulai dari SD hingga SMA yang ingin tambahan belajar di luar sekolah.

Tentor di lembaga bimbingan belajar ini tidak terbatas pada guru saja, tetapi sekarang lembaga bimbingan belajar banyak memberdayakan mahasiswa hingga pengajar lepas sebagai tenaga pengajarnya. Jadi, kalau kamu memiliki keterampilan mengajar, kamu bisa mencoba bekerja sebagai tentor bimbingan belajar.

Bisnis online bisa dijadikan salah satu alternatif pekerjaan bagi para lulusan SMA. Untuk mulai berbisnis online memang membutuhkan modal, tetapi bukan berarti kamu tidak bisa memulai bisnis dengan modal yang terbatas.

Terlebih di zaman sekarang, kesempatan berbisnis semakin besar. Bahkan tanpa modal pun kamu bisa mulai membuka bisnis online. Misalnya dengan menjadi dropshipper, reseller, hingga memanfaatkan sistem affiliate. Asal kamu tekun dan memiliki tekad yang kuat, kamu bisa membangun dan mengembangkan bisnismu sendiri.

Usaha retail membuka kesempatan untuk lulusan SMA bekerja dengan posisi kasir dan pramuniaga. Syarat untuk menjadi kasir dan pramuniaga tidak memerlukan ijazah sarjana, sebab yang dibutuhkan adalah keahlian dalam melayani pelanggan dan cekatan.

Kamu tidak perlu khawatir tidak bisa melayani pembeli ataupun belum bisa mengoperasikan mesin kasir, karena perusahaan akan mengadakan pelatihan pada calon karyawan sebelum dilepas sebagai kasir dan pramuniaga.

Baca juga: Belum Dapat Kerjaan? Ini 12 Alasan Kamu Tidak Diterima Kerja!

Programmer menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diminati beberapa tahun terakhir, karena gaji yang besar dan sedang dibutuhkan banyak perusahaan Tapi siapa sangka ternyata untuk menjadi programmer, kamu tidak perlu mengenyam pendidikan IT. Keahlian programmer bisa didapatkan melalui kursus ataupun belajar secara otodidak.

Namun, untuk bisa menjadi programmer, kamu harus menguasai beberapa skill. Misalnya bisa mengoperasikan bahasa pemrograman, bisa memanajemen waktu, mempunyai kemampuan problem solving yang baik, mahir menjalankan struktur dan algoritma, dan sebagainya.

Bartender bisa menjadi opsi pekerjaan untuk kamu yang baru saja lulus SMA dan ingin mencari pengalaman kerja. Pekerjaan bartender cukup menjanjikan karena saat ini bisnis kafe sedang berkembang pesat.

Pekerjaan utama seorang bartender adalah meracik dan menyediakan aneka minuman seperti kopi, teh, alkohol, dan sebagainya. Untuk menjadi bartender, kamu harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, bisa multitasking, dan cekatan.

Tips supaya kamu bisa mendapat bayaran yang lebih mahal, kamu bisa mengikuti kursus bartender yang akan mengajarimu cara meracik minuman berkualitas, berlatih komunikasi dengan pelanggan, hingga cara membersihkan dapur yang efisien.

Itulah sepuluh rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMA. Semoga bisa menjawab pertanyaanmu ‘lulusan SMA bisa kerja apa?’. 

Kamu bisa manfaatkan fitur #TalkToDIAN dari MyEduSolve yang memberikan kamu kesempatan untuk curhat masalah pekerjaan, karir, hingga kesehatan mental secara gratis dengan profesional.

Sumber:

29 Great Jobs for High School Graduates https://www.indeed.com/career-advice/finding-a-job/jobs-for-high-school-graduates (Diakses Desember 2023)


Related Tags

pekerjaan lulusan sma
pencarian kerja

1,766

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.