Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Apa Itu Team Leader? Pengertian, Tugas, dan Skills yang Wajib Dimiliki

Pada artikel ini kita akan mengenal lebih jauh apa itu team leader dan skills apa saja yang harus dimiliki seorang team leader.

MyEduSolve menyediakan ujian sertifikasi internasional dan pelatihan resmi untuk keperluan individu, perusahaan, serta institusi pendidikan.

Posted: Friday, Nov 25, 2022

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Apa Itu Team Leader? Pengertian, Tugas, dan Skills yang Wajib Dimiliki cover

Secara harfiah, team leader berarti pemimpin tim. Seorang pemimpin dalam sebuah tim berperan krusial untuk membimbing tim mencapai tujuan yang diinginkan. Pemimpin yang berkompeten sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk mencapai hasil kinerja yang maksimal.


Untuk mengenal lebih jauh tentang pengertian, tugas, dan bagaimana cara kerja team leader dalam sebuah tim, pastikan kamu membaca artikel ini sampai akhir, ya!


Baca juga: Cara Menentukan Jenjang Karier untuk Fresh Graduate

Pengertian Team Leader

Team leader adalah seseorang yang berperan untuk memimpin, bertanggung jawab untuk memberikan arahan dan instruksi hingga memantau kinerja dalam sebuah kelompok dalam mencapai tujuan. 

Tugas Team Leader

Tugas dan tanggung jawab team leader secara khusus bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan kerja kolaboratif dan menentukan arah proyek atau program tertentu. Namun, secara umum, berikut adalah beberapa tugas yang umumnya dilakukan oleh seorang team leader:

  • Mengatur dan mengelola tim

  • Memberikan arahan dan bimbingan

  • Mengorganisir pekerjaan

  • Memotivasi anggota tim

  • Menyelesaikan masalah

  • Mengkomunikasikan tujuan

  • Menjadi teladan bagi anggota tim

  • Mewakili dan mengadvokasi kebutuhan tim

  • Mengevaluasi kinerja

Skills yang Wajib Dimiliki

Sama halnya dengan sebuah profesi pada umumnya, seorang team leader juga perlu memiliki skills set yang mampu menunjang kegiatannya sebagai seorang pemimpin dalam tim.

Berikut adalah beberapa skills yang sangat penting bagi seorang team leader:

  1. Kemampuan Berkomunikasi

Seorang team leader wajib untuk memiliki keterampilan dalam berkomunikasi untuk mencegah terjadinya kesalahpahaman dalam mengatur dan mengelola aktivitas kerja dalam sebuah tim. 

Untuk menjadi komunikator yang efektif juga dibutuhkan kemampuan untuk mendengarkan dengan sungguh-sungguh, berbicara dengan jelas, memahami bahasa tubuh, dan mengatur intonasi nada bicara saat berkomunikasi secara lisan.

  1. Kepemimpinan

Seorang team leader harus mampu memotivasi, menginspirasi, dan mengarahkan anggota tim untuk mendorong produktivitas dan mencapai tujuan bersama tim.

Dengan skills kepemimpinan, seorang team leader akan dapat melibatkan kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat, mengatasi tantangan, dan menjadi contoh yang baik bagi tim. 

  1. Kemampuan Membangun Hubungan

Seorang team leader wajib untuk dapat mempererat hubungan antar anggota tim dengan mendorong kolaborasi dan memfasilitasi hubungan kerja yang sehat di antara mereka. Ketika anggota tim saling percaya, mereka dapat bekerja lebih efektif dan menjadi lebih produktif.

  1. Memiliki Rasa Tanggung Jawab yang Tinggi

Sebagai seorang team leader, diperlukan tingkat tanggung jawab yang tinggi. Mengakui kesalahan sendiri dan berani bertindak untuk mencari solusi saat terjadi kesalahan.

  1. Kemampuan Problem-solving

Team leader berperan dalam membuat keputusan penting, terkadang dengan waktu yang sangat singkat. Oleh karena itu, mereka perlu mempertimbangkan dan memahami keputusan yang akan mereka pilih dengan tegas.

  1. Kemampuan Berinovasi

Seorang pemimpin yang baik mengambil pendekatan inovatif untuk pemecahan masalah serta mampu membuat preventive maintenance dalam manajemen tugas kepada tim dari perspektif baru dan tidak konvensional.

  1. Menjunjung Tinggi Nilai Kejujuran

Seorang pemimpin harus bisa memberikan dan juga mendapatkan kepercayaan dari anggota timnya. Rasa hormat anggota tim terhadap pemimpinnya akan muncul jika pemimpin menjunjung nilai kejujuran dan keterbukaan, utamanya saat sedang memberikan feedback. 

Baca juga: 5 Tips Lulus Masa Probation dan Jadi Karyawan Tetap

Bagaimana Cara Menjadi Team Leader?

Perluas Networking

Berinteraksilah dengan berbagai orang dari berbagai kalangan. Ikuti seminar dan bergabung dengan organisasi yang sesuai dengan minatmu untuk memperluas jaringan pertemanan.

Perluas Pengetahuan dan Keterampilan

Berusaha untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang yang kamu minati serta dalam keterampilan kepemimpinan. 

Kamu bisa mengikuti pelatihan, kursus, atau terjun langsung dalam proyek-proyek yang menantang. Kamu juga bisa memvalidasi keterampilanmu melalui berbagai sertifikasi yang tersedia di MyEduSolve.

Kembangkan Kepemimpinan

Fokus pada pengembangan keterampilan kepemimpinan dengan mengambil tanggung jawab tambahan. Mulailah mengambil peran, seperti menjadi mentor, atau mencari peluang untuk memimpin proyek atau tim kecil di perkuliahan atau dunia kerja.


Itulah penjelasan mengenai team leader. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut atau ingin berbagi pengalaman seputar karier, kamu bisa langsung sampaikan di #TalktoDIAN


DIAN siap mendengarkan, memberikan bantuan, dan solusi atas kendala yang kamu hadapi.


Jadi, tunggu apa lagi? Jangan ragu untuk menceritakan pengalamanmu dan kembangkan skills-mu bersama MyEduSolve!

Articles Info

author:MyEduSolve Update
MyEduSolve Update

Apa Itu Team Leader? Pengertian, Tugas, dan Skills yang Wajib Dimiliki

Posted: Friday, Nov 25, 2022

Updated: Wednesday, Apr 24, 2024

Related Tags

Team Leader

40,916

Recommended Articles