Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Side Hustle: Pengertian, Contoh, dan Cara Mencari Idenya

Apa itu side hustle? Arti kata side hustle yang sering dikaitkan dengan orang-orang yang ingin menambah penghasilan di luar pekerjaan utamanya.

Posted: Saturday, Nov 12, 2022

Share:

Side Hustle: Pengertian, Contoh, dan Cara Mencari Idenya cover

Pernahkah kamu melihat salah satu orang temanmu yang selalu bekerja keras untuk terus berusaha menghasilkan cuan tanpa kenal waktu, sampai lupa istirahat di hari Sabtu-Minggu. 

Gen Z dikenal sebagai generasi yang paling bersemangat untuk memiliki pekerjaan sampingan, baik hanya untuk menyalurkan hobi mereka yang tidak bisa dilakukan pada pekerjaan utama mereka maupun untuk mengisi dompet mereka atau demi mengamankan dana liburan alias healing.

Selain itu, menurut sebuah riset dari Zapier, menemukan fakta bahwa Gen Z kemungkinan besar akan mengatakan bahwa mereka menghabiskan kurang dari 10 jam seminggu untuk mengerjakan pekerjaan sampingan mereka

Baca juga: 5 Cara Membuat Portofolio untuk Fresh Graduate

Pengertian Side Hustle

Dikutip dari Merriam Webster, side hustle adalah pekerjaan yang biasa dilakukan oleh seseorang di luar jam kerja pekerjaan utamanya dengan harapan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Contoh Side Hustle

Berikut ini adalah contoh pekerjaan side hustle yang bisa kamu lakukan sekalipun hanya dari rumah yang direkomendasikan oleh Coursera, yaitu:

  • Layanan digital creative

  • Dropshipper

  • Freelance writer

  • Virtual assistant

  • Guru les bahasa asing

  • Menjadi host kelas dan webinar online

  • Proofreader atau Copy Editor

  • Menjual hasil kerajinan yang kamu buat

Cara Mencari Side Hustle

Setelah membaca penjelasan di atas, mungkin kamu kemudian mulai berpikir untuk mulai mencari ide side hustle yang sesuai dengan keterampilan yang kamu miliki.

Nah, di bawah ini terdapat beberapa langkah yang bisa kamu lakukan dalam mencari side hustle yang cocok denganmu:

  1. Hitung berapa waktu yang ingin kamu miliki dan gunakan untuk mengambil pekerjaan sampingan.

  2. Pilih bidang yang berfokus pada apa yang kamu kuasai dan membuatmu senang untuk melakukannya.

  3. Pikirkan target pasar seperti apa yang ideal untuk jasa/produk yang kamu tawarkan dengan berlatih untuk mulai berpikir dengan cara pikir customer-mu (customer mindset) untuk memahami apa yang mereka butuhkan dan bagaimana kamu akan menyelesaikannya agar mereka puas.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Growth Mindset dan Fixed Mindset, Harus Tahu!

Jangan khawatir kalau kamu bukan orang yang bisa merelakan waktu beristirahat di akhir minggu untuk bekerja dan terus menghasilkan cuan. 

Setiap dari kita memang memiliki batas kemampuan masing-masing. Hanya diri kita sendirilah yang tahu batasan yang kita mampu.

Kalau kamu punya cerita seputar kegelisahan melihat fenomena side hustle ini di sekitarmu, boleh banget untuk cerita di #TalktoDIAN


Bagikan ceritamu secara anonim dan biarkan ceritamu menguatkan mereka yang merasakan hal yang sama.

Related Tags

Side Hustle

3,392

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.