Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Sertifikat Microsoft Office: Pentingnya Sertifikat Komputer Untuk CPNS

Apakah wajib punya sertifikat komputer untuk CPNS? Simak pentingnya sertifikasi Microsoft Office untuk CPNS dalam artikel berikut!

An undergraduate Marketing Communication student with a keen interest in writing and creativity. I love to seek new experiences to optimize my skills, especially for crafting engaging content.

Posted: Tuesday, Sep 24, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Sertifikat Microsoft Office: Pentingnya Sertifikat Komputer Untuk CPNS cover

Kemampuan mengoperasikan komputer seringkali menjadi salah satu kualifikasi di dunia kerja. Hal ini juga menjadi salah satu keahlian yang harus dimiliki di era teknologi dan serba digital saat ini.


Keahlian ini juga menjadi syarat penting dalam pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) terutama pada bidang IT. Maka dari itu, sertifikat komputer menjadi salah satu elemen penting yang akan membuktikan pengetahuan, keterampilan, serta kemampuan seseorang dalam bidang komputer dan teknologi informasi. 


Sertifikat ini juga dibutuhkan sebagai bukti kompetensi dasar dalam mengoperasikan komputer khususnya pada aplikasi perkantoran seperti Microsoft Office.


Lalu, apakah sertifikat Microsoft Office bisa untuk CPNS? Apakah wajib punya sertifikat komputer untuk CPNS? Bagaimana cara mendapatkan sertifikat komputer? MyEduSolve akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam artikel ini. Baca sampai habis ya!

Apakah Tes CPNS Memerlukan Sertifikat Komputer?

Melampirkan sertifikat komputer merupakan salah satu syarat dalam mendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 terutama jika pendaftar memiliki keahlian dalam bidang komputer dan teknologi informasi. Pada beberapa instansi, dokumen harus menyertakan sertifikat yang diterbitkan oleh lembaga instansi.


Selain untuk menunjukan bahwa pendaftar memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang IT, sertifikat komputer juga termasuk dalam salah satu dari tujuh dokumen wajib yang harus dilampirkan saat mendaftar CPNS.


Sertifikat komputer untuk CPNS juga harus diserahkan dengan posisi jabatan pilihan yang relevan.


Baca juga: Daftar Sertifikasi yang Paling Dilirik HR Untuk Memilih Kandidat di Berbagai Bidang!

Apa Kegunaan Sertifikat Komputer?

Memiliki sertifikat komputer mempunyai beberapa kegunaan dalam dunia kerja terutama untuk mendaftar tes CPNS. Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut.

1. Bukti Kompetensi dan Meningkatkan Kredibilitas

Sertifikat komputer berfungsi sebagai pengakuan resmi atas kompetensi pendaftar juga sebagai bukti atas kemampuan dalam mengoperasikan komputer yang dapat meningkatkan kredibilitas.

2. Meningkatkan Jenjang Karir

Sertifikat komputer bisa menjadi bukti bahwa kemampuan pendaftar dalam bidang IT meningkat dan menunjukkan kemampuan yang relevan dengan kebutuhan pekerjaan di lingkungan digital.

3. Persiapan Menghadapi Tugas Digital di Instansi Pemerintah

Dengan memenuhi syarat sertifikasi komputer, peluang pendaftar untuk lolos seleksi CPNS menjadi lebih besar, terutama di instansi yang memprioritaskan keterampilan digital.

Apa Saja Jenis Sertifikat Komputer CPNS?

Dalam melamar pekerjaan, ada beberapa jenis sertifikasi komputer yang diakui di dunia kerja saat ini. Berikut berbagai contoh sertifikat komputer:

1. Microsoft Certified Professional

Sertifikasi ini menunjukkan kemampuan dalam mengoperasikan dan mengelola produk Microsoft. 

2. Microsoft Certified Solutions Associate

Sertifikasi MCSA menandakan keahlian tingkat lanjut dalam penggunaan dan pengelolaan produk Microsoft, khususnya di bidang pengelolaan jaringan dan sistem server.

3. Cisco Certified Network Associate

CCNA adalah sertifikasi dasar yang mengukur kemampuan pelamar dalam merancang, mengelola, dan memecahkan masalah jaringan berbasis Cisco.

4. Oracle Certified Professional

Sertifikasi OCP menunjukkan keahlian dalam manajemen dan pengelolaan database Oracle.

5. CompTIA A+

CompTIA A+ adalah sertifikasi entry-level yang mencakup pengetahuan dasar di bidang perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan. 


Akan tetapi, pada pendaftar CPNS, sertifikat yang sering diminta adalah sertifikat komputer Microsoft Office (Word, Excel, dan PowerPoint).

Sertifikat Microsoft Office Untuk CPNS

Setelah mengetahui beberapa jenis dan contoh sertifikat komputer, salah satu sertifikat yang sering diminta untuk pendaftaran CPNS adalah sertifikat Microsoft Office. Kemampuan ini sangat dibutuhkan terutama keterampilan mengelola beberapa program seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint.


Dengan memiliki sertifikat ini, pendaftar dapat membuktikan bahwa mereka mampu menjalankan tugas administratif dengan efisien dan profesional terutama pada instansi pemerintah yang semakin mengedepankan pelamar yang memiliki keterampilan digital.


Lalu, apa nama sertifikat Microsoft Office?


Sertifikat Microsoft Office yaitu Microsoft Office Specialist (MOS). Microsoft Office Specialist (MOS) ini merupakan sertifikasi yang menunjukan kemampuan dalam menggunakan program-program Microsoft Office seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, Microsoft OneNote, Microsoft Outlook, Microsoft Access, Microsoft SharePoint.


Baca juga: Rekomendasi Sertifikasi Microsoft Office Berskala Internasional

Cara Mendapatkan Sertifikat Komputer

Sertifikat komputer biasanya dikeluarkan oleh organisasi, lembaga, atau instansi yang mengkhususkan diri pada sertifikasi komputer. Sertifikat ini juga digunakan pada pendaftar yang mendaftar pada bidang terkait komputer atau teknologi informasi seperti pemrograman komputer, administrasi sistem, analisis data, dan lain-lain.


Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan sertifikat komputer untuk pendaftaran CPNS:

1. Pilih Lembaga Pelatihan Komputer Terakreditasi

Pilihlah dan ikut pelatihan atau kursus pada lembaga, organisasi, atau instansi yang menawarkan program sertifikasi komputer sesuai dengan kebutuhan seperti sertifikasi Microsoft Office atau pelatihan dasar komputer.


Di Indonesia, sudah terdapat Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) yang terakreditasi dan legal. Namun saat ini sudah banyak platform online yang menawarkan sertifikasi komputer dari level dasar hingga lanjut. Salah satunya yaitu program sertifikasi yang dimiliki MyEduSolve.

2. Mengikuti Ujian Sertifikasi

Langkah selanjutnya yaitu mengikuti pelatihan yang disediakan oleh lembaga tersebut. Setelah menyelesaikan pelatihan, peserta akan mengikuti ujian untuk mendapatkan sertifikasi resmi.

Berapa Harga Sertifikat Komputer Untuk CPNS?

Harga mengikuti sertifikasi komputer bervariasi tergantung pada jenis sertifikasi dan lembaga yang menyelenggarakannya. Umumnya, biaya untuk mendapatkan sertifikat komputer berkisar dari beberapa ratus hingga beberapa juta rupiah. 


MyEduSolve menyediakan program sertifikasi komputer seperti sertifikat Microsoft Office Specialist (MOS) untuk mendapatkan sertifikat ahli Microsoft Office di harga Rp4.400.000,-.


Hal ini bisa dipertimbangkan dari paket pelatihan yang mencakup kursus dan ujian sertifikasi sekaligus banyak manfaat yang akan didapat.


Baca juga: Biaya Kursus Microsoft Office Bersertifikat dan Cara Mendapatkan Sertifikat MOS


Demikian pembahasan mengenai pentingnya sertifikat komputer terutama sertifikat Microsoft untuk pendaftaran CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil). Tingkatkan karir dan kemampuanmu di bidang IT lainnya dengan mendaftar program sertifikasi lewat shop MyEduSolve!


MyEduSolve menyediakan banyak program sertifikasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pendaftaran sudah mencakup materi pembelajaran, latihan ujian, dan voucher retake jika diperlukan.


Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs web MyEduSolve. Semoga bermanfaat!

Related Tags

sertifikat microsoft office untuk cpns
sertifikasi

120

Recommended Articles

Cara Membuat Efek Mozaik di Photoshop untuk Pemula cover

Posted: 3 months ago

8 Min Read

Contoh Offering Letter dan Cara Membalasnya Dengan Tepat! cover

Posted: 3 months ago

18 Min Read

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.