Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

SEO Specialist, Ini Tugas, Jenjang Karier, dan Besaran Gajinya!

SEO Specialist adalah profesi yang banyak dibutuhkan terutama di industri digital. Simak penjelasan lengkap dari profesi SEO Specialist di MyEduSolve.

Posted: Wednesday, Aug 02, 2023

Share:

SEO Specialist, Ini Tugas, Jenjang Karier, dan Besaran Gajinya! cover

Masifnya digitalisasi di zaman sekarang melahirkan banyak pekerjaan baru, salah satunya adalah profesi SEO specialist. Pekerjaan ini berkaitan erat dengan dunia digital, karena berfokus pada sistem analisa dan pemrograman. 

SEO specialist diproyeksikan menjadi salah satu profesi yang menjanjikan di masa depan. Nah, kira-kira seperti apa tugas dan tanggung jawab seorang SEO specialist? Yuk, cari tahu ulasan selengkapnya hanya di artikel berikut ini.

Pengertian SEO Specialist

Search Engine Optimization specialist atau kerap disebut SEO specialist bekerja untuk melakukan riset, pengujian, analisa, dan mengubah situs website agar optimal supaya mendapat peringkat teratas di mesin pencarian seperti Google.

Pengoptimalan yang dilakukan oleh SEO specialist bertujuan untuk memberikan pengalaman yang positif pada user, memastikan hasil pencarian relevan, meningkatkan volume dan engagement website, serta menaikkan brand awareness.

Dengan kata lain, pekerjaan SEO specialist bertujuan untuk melakukan pemasaran secara digital (digital marketing) demi meningkatkan penjualan sebuah perusahaan.

Objek riset yang dikerjakan oleh seorang SEO specialist adalah keyword atau kata kunci yang sering dicari banyak user menggunakan software SEO seperti Semrush, Ahrefs, Ubersuggest, Google Search Console, dan Google Analytics. Tujuannya untuk menaikkan visibilitas situs perusahaan di mesin pencarian, sehingga perusahaan semakin dikenal dan diharapkan dapat meningkatkan angka penjualan.

Selain itu, SEO specialist juga sering melakukan kolaborasi dengan tim pemasaran untuk mengelola akun media sosial perusahaan demi menaikkan engagement di situs perusahaan.

Baca juga: Generalist vs Specialist: Pengertian dan Perbedaan yang Perlu Diketahui

Apa Saja Tanggung Jawab SEO Specialist?

SEO specialist biasanya berada di dalam divisi pemasaran yang berfokus pada digital marketing. Lalu, apa saja tugas SEO specialist untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan angka penjualan?

  1. Meningkatkan strategi optimalisasi website perusahaan supaya muncul di deretan teratas mesin pencarian.

  2. Ketika perusahaan sedang melakukan kampanye pencarian berbayar, SEO specialist bertanggung jawab melakukan pengujian, analisis, dan pengumpulan data untuk mengidentifikasi tren terkini, sehingga dapat mencapai ROI maksimum.

  3. Mengelola anggaran perusahaan dalam melakukan kampanye pemasaran digital dengan metode SEO supaya tidak melebihi budget.

  4. Melakukan kerja sama dengan web developer untuk memastikan praktek optimalisasi SEO di website perusahaan sudah sesuai dengan yang diharapkan.

  5. Bekerja sama dengan content writer dan copywriter dalam pembuatan konten kampanye pemasaran, sehingga bisa meningkatkan traffic website perusahaan.

  6. Bertanggung jawab pada optimalisasi situs website untuk pemasaran melalui mesin pencarian.

  7. Melakukan riset kata kunci dan menemukan cara mengoptimalkannya. Tujuannya untuk memastikan kata kunci tersebut relevan di seluruh website perusahaan demi memenuhi materi pemasaran yang diinginkan.

  8. Meneliti dan mengimplementasikan rekomendasi software SEO.

  9. Membuat dan menjalankan strategi link building.

  10. Mengubah struktur laman website, konten, dan tautan dengan tujuan menaikkan posisi SEO website perusahaan untuk target keyword.

  11. Menentukan sasaran secara terukur untuk menunjukkan peningkatan dalam menjalankan strategi pemasaran.

  12. Setiap hari memonitor metrik performa menggunakan software SEO untuk memastikan kinerja strategi SEO sudah berjalan sesuai yang diharapkan.

  13. Bekerja sama dengan tim pemasaran untuk mengelola strategi SEO.

  14. Bekerja sama dengan tim editorial untuk menulis konten website yang menarik dan berkualitas, sehingga dapat meningkatkan hasil pencarian di website perusahaan.

  15. Memasarkan website perusahaan melalui onsite dan offsite.

  16. Menyusun laporan mengenai data analisa dan evaluasi performa website perusahaan.

Baca juga: Ingin Jadi Web Programmer? Ini Yang Harus Kamu Lengkapi Agar CV Lebih Menarik!


Apa Kemampuan yang Diperlukan untuk Menjadi SEO Specialist?

Kalau kamu tertarik ingin meniti karier sebagai SEO specialist, kamu harus rajin mengikuti tren dan belajar digital marketing. Jadi, kamu harus punya rasa ingin tahu yang tinggi, tertarik belajar hal baru, dan menyukai tantangan.
Tidak hanya itu saja, skill lain yang dibutuhkan seorang SEO specialist adalah kemampuan analisa yang baik. Sebab, SEO specialist akan sering berkutat dengan algoritma media sosial dan mesin pencarian untuk mencari tren yang sedang digemari user.

Kemampuan komunikasi juga harus dimiliki seorang SEO specialist karena mereka dituntut untuk melakukan kolaborasi yang baik dengan tim lain, terutama dengan divisi marketing, web developer, content writer, dan copywriter.

Selain soft skill di atas, ada beberapa hard skill yang wajib dimiliki SEO specialist supaya dilirik banyak perusahaan. Apa saja?

  1. Paham tentang web developer menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript.

  2. Menguasai faktor peringkat dan algoritma mesin pencarian.

  3. Punya pengetahuan tentang strategi seluler yang berkaitan dengan SEO marketing.

  4. Mampu menggunakan software SEO dengan baik.

  5. Dapat bekerja memakai elemen SEO back-end, misalnya .htaccess, robots.txt, metadata, dan optimasi kecepatan mesin pencarian.

  6. Berpengalaman membuat traffic pencarian secara organik dan menaikkan SERPs.  

Kualifikasi SEO Specialist

Banyak perusahaan sudah mulai menjalankan strategi pemasaran secara digital, sehingga membuka lowongan SEO specialist untuk membantu meningkatkan penjualan dan brand awareness.

Lantas, seperti apa kualifikasi SEO specialist yang dibutuhkan perusahaan? Kabar baiknya semua jurusan bisa berkarier sebagai SEO specialist, karena kualifikasi yang dibutuhkan adalah kemahiran dalam digital marketing. Sebab biasanya perusahaan akan mencari SEO specialist yang sudah berpengalaman di bidang digital marketing.

Untuk memenuhi kualifikasi tersebut, kamu bisa mengikuti kursus digital marketing, ikut magang di startup, atau bisa juga dengan membuat website sendiri. Lalu, kamu juga harus menguasai software SEO yang dapat menunjang kemahiran sebagai SEO specialist.

Software SEO yang sering digunakan adalah Semrush, Ahrefs, Ubersuggest.

Baca juga: Digital Branding: Pengertian, Manfaat, dan Contoh Melakukannya 

Jenjang Karier SEO Specialist

Jenjang karier SEO specialist yang berada di entry level adalah junior SEO. Selanjutnya, jika pengalaman dan kemahiran sudah bertambah, kamu akan naik jabatan sebagai SEO executive.

Beberapa tahun setelahnya, SEO executive akan naik posisi menjadi SEO Lead, kemudian, SEO Manager, hingga Head of SEO atau Head of Digital.

Besaran Gaji SEO Specialist

Rata-rata gaji SEO specialist di Indonesia berada di kisaran 5 juta untuk di level junior. Lalu, untuk posisi senior bisa mencapai 8 juta hingga 9 juta perbulannya.

Namun, tentu saja angka tersebut bisa berbeda-beda tergantung perusahaan tempat bekerja dan juga domisili.

Itu dia ulasan lengkap mengenai profesi SEO specialist yang diperkirakan akan menjadi profesi favorit di masa depan. Apabila kamu tertarik menjadi SEO specialist, kamu bisa mengikuti kursus digital marketing ataupun IT specialist HTML dari MyEduSolve yang dapat berlaku seumur hidup. Yuk, daftar kelasnya sekarang!

Related Tags

SEO
SEO Specialist
Pencarian kerja

1,623

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.