Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Sebelum Pelatihan Excel, Cari Tahu Dulu Skill Excel yang Perlu Kamu Kuasai Supaya Makin Jago!

Bagi kamu sedang mencari cara belajar Excel untuk pemula, membaca artikel ini dapat membantu menjawab permasalahan kamu!

Posted: Tuesday, Apr 04, 2023

Share:

Sebelum Pelatihan Excel, Cari Tahu Dulu Skill Excel yang Perlu Kamu Kuasai Supaya Makin Jago! cover

Dalam pekerjaan apapun, memiliki kemampuan Excel sangat dibutuhkan untuk mempermudah segala tanggung jawab kerja yang diberikan.


Excel memiliki ratusan fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pekerja untuk mempermudah analisis data dengan jumlah yang banyak.


Contohnya, manfaat Excel yang bisa kamu gunakan dalam bekerja adalah bisa memformat cell dan tabel secara cepat, menggunakan berbagai rumus-rumus Excel untuk perhitungan matematika, hingga membuat grafik untuk menjelaskan data. 


Maka dari itu, sebelum kamu memutuskan untuk ikut pelatihan Excel agar bisa meningkatkan kemampuanmu, kamu perlu mengetahui 4 skill yang perlu dikuasai agar semakin jago menggunakan Excel.


Oleh karena itu, simak penjelasannya berikut ini sampai akhir, ya!


Paham Formula Excel

Sebelum melakukan pelatihan Excel, kamu memahami berbagai formula Excel.


Formula adalah kunci agar saat kamu mengelola hingga menganalisis data Excel, hasil yang dikeluarkan berjalan dengan baik.


Kamu bisa mengisi cell Excel beragam jenis data yang berbeda, mulai dari bilangan, mata uang, teks, dan bahkan gambar.


Formula Excel berperan penting agar data bisa dikelola dan nantinya dapat memberikan insight yang berguna dalam pemecahan masalah atau strategi bisnis.


Dengan memiliki banyak formula, kegunaan Excel bisa dirasakan untuk mengoperasikan Matematika Dasar, Statistika, Accounting, hingga membangun kode menggunakan Excel macro.


Alhasil, menggunakan formula tentu dapat mempermudah dan meningkatkan produktivitas kerja kamu.


Baca juga: Ini Dia Pentingnya Program Bootcamp buat Tunjang Karier dan Skill Baru Kamu, Jangan Sampai Ketinggalan!


Mengetahui Filter Excel

Menggunakan Excel tidak hanya mempermudah dalam pekerjaan kamu, namun juga bisa mempercepat hasil kerja dengan hasil yang maksimal.


Filter Excel berperan penting untuk mencari informasi data seperti nama, pekerjaan, hingga tanggal secara mudah dan bisa dihapus jika dirasa tidak penting untuk dipresentasikan ke audiens.


Hal tersebut tentunya bisa menghemat banyak waktu karena kamu tidak perlu menghapus data informasi yang tidak diperlukan secara satu per satu.


Selain itu, Filter juga bisa diterapkan di banyak kolom dalam satu spreadsheet sehingga kamu bisa memfilter sesuai dengan kategori yang ditentukan.


Memahami Fitur Sorting

Fitur Sorting pada Excel bermanfaat agar bisa mengurutkan suatu data berdasarkan kategori yang sudah ditentukan.


Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan fitur Sorting untuk mengurutkan data berdasarkan besar kecilnya data atau sesuai alfabet A-Z.


Melalui fitur ini, kamu jadi semakin mudah dalam mengelola banyak data sehingga audiens yang membaca hasil analisisnya bisa memahaminya dengan baik.


Baca juga: Jenis-jenis Sertifikat Pelatihan Online ini Bermanfaat Buat Skill di Dunia Kerja, Apa Saja?


Memperdalam Pivot Table

Fitur Pivot adalah skill selanjutnya yang harus kamu kuasai sebelum melakukan pelatihan Excel.


Pivot berfungsi untuk menampilkan ringkasan dari hasil analisis suatu data melalui rumus-rumus seperti COUNT, SUM, hingga AVERAGE.


Selain itu, dengan menggunakan Pivot kamu juga bisa melakukan Filter pada kolom apa saja yang ingin ditampilkan serta item apa saja yang ingin kamu sembunyikan.

Demikian penjelasannya, MESFriend! Setelah membaca artikel ini, kamu ingin meningkatkan kemampuan Microsoft Excel? Segera coba pre-test kemampuan Excel kamu terlebih dahulu secara GRATIS dan ikut ujian sertifikat Excel dari MyEduSolve!


Mulai dari harga 1 Jutaan, program pelatihan Excel dari MyEduSolve dapat membantumu untuk belajar teknis dasar Excel hingga mendapatkan sertifikat Microsoft Office Specialist yang telah diakui secara internasional, lho!


Jadi tunggu apa lagi? Mari tingkatkan kemampuan Excel kamu, yuk!



Referensi:

  1. 4 Skills Excel yang Wajib Dikuasai dalam Pekerjaan Administrasi

Related Tags

excel
excel pemula
microsoft
belajar excel

1,755

Recommended Articles

3 Cara Mengubah Huruf Kapital di Microsoft Excel cover

Posted: 6 months ago

13 Min Read

Cara Membuat Moodboard Untuk Inspirasi Desain! cover

Posted: 7 months ago

12 Min Read

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.