Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Promosi Jabatan Adalah: Pengertian, Syarat, dan Kapan Untuk Memintanya

Pengertian promosi jabatan bisa kamu ketahui melalui artikel ini agar kemajuan kariermu bisa berkembang lebih cepat!

Posted: Tuesday, Mar 07, 2023

Share:

Promosi Jabatan Adalah: Pengertian, Syarat, dan Kapan Untuk Memintanya cover

Promosi jabatan merupakan hal yang sangat diinginkan oleh pekerja saat sudah bekerja sekuat tenaga untuk sebuah perusahaan.


Perusahaan melakukan promosi jabatan sebagai apresiasi kepada pekerja dengan performa dan dedikasi yang tinggi selama bekerja.


Alhasil, jika kamu merasa sudah bekerja dengan performa yang baik dan tercapai semua tujuan objektif perusahaan, kamu bisa mempertimbangkan untuk meminta promosi jabatan yang lebih tinggi.


Oleh karena itu, kali ini MyEduSolve akan menjelaskan kepadamu pengertian, syarat yang harus dicapai, dan kapan waktu yang tepat untuk memintanya.


Simak penjelasannya berikut ini, ya!


Apa Itu Promosi Jabatan

Indeed menjelaskan bahwa promosi jabatan adalah perkembangan pekerja ke posisi yang lebih tinggi di suatu perusahaan atau organisasi, sehingga pekerja memiliki tanggung jawab yang lebih besar serta penghasilan yang juga akan lebih tinggi.


Dikarenakan harus memiliki tanggung jawab yang lebih besar, pekerja perlu menunjukkan performa dan pencapaian kerja yang maksimal agar perusahaan bisa menilai kalau pekerja memang piawai untuk bekerja dengan tekanan yang jauh lebih besar.


Selain itu, promosi jabatan juga diberikan kepada pekerja yang sudah berdedikasi dan loyal kepada perusahaan secara baik, sehingga perusahaan akan memberikan apresiasinya dengan promosi jabatan.


Adapun manfaat dan tujuan promosi jabatan yang bisa dirasakan bagi perusahaan yang melakukannya yaitu:


  • Meningkatkan produktivitas pekerja

  • Kepuasan kerja bagi pekerja

  • Meningkatkan pengetahuan pekerja

  • Mengisi kekosongan jabatan pada perusahaan

  • Meningkatkan moral pekerja di perusahaan atau organisasi


Baca juga: Memahami Perbedaan UMR dan UMK di Dunia Kerja


Syarat Promosi Jabatan

Untuk bisa mendapatkan promosi jabatan, ada beberapa kriteria atau syarat yang harus kamu capai agar perusahaan bisa menilai kalau kamu cocok untuk menerima promosi.


Syarat untuk penetapan promosi jabatan adalah sebagai berikut:


Pekerja yang loyal

Kriteria promosi jabatan yang pertama adalah menjadi pekerja yang loyal kepada perusahaan.


Pertimbangan yang paling utama bagi perusahaan adalah menganggap kalau kamu merupakan pekerja yang loyal kepada perusahaan.


Loyalitas ini bisa diukur dengan berapa lama kamu telah bekerja di perusahaan dan kontribusi yang telah kamu berikan.


Selain itu, pekerja yang loyal memiliki pengetahuan tentang tata cara dan prosedur perusahaan yang baik sehingga memberikan peluang yang lebih besar untuk mendapatkan promosi jabatan.


Performa pekerja

Syarat berikutnya adalah performa pekerja yang selama bekerja telah mencapai seluruh target perusahaan.


Pekerja yang telah mencapai seluruh target perusahaan tentunya akan dinilai lebih oleh atasan atau perusahaan, sehingga bisa dihubungkan kalau pekerja memiliki tanggung jawab yang baik dan bisa melakukan pekerjaannya secara maksimal.


Dengan terlihat lebih menonjol dibanding pekerja yang lain, tentu kamu akan menjadi aset yang penting bagi perusahaan.


Inisiatif dan solutif

Memiliki sifat inisiatif dan selalu memberikan solusi adalah salah satu kriteria yang digunakan oleh perusahaan untuk memberikan promosi jabatan.


Jika kamu sering inisiatif membantu teman kamu yang sedang kesulitan dan juga memberikan solusi, bisa dipandang sangat baik oleh rekan kerja dan perusahaan.


Maka dari itu, kedua hal tersebut sangat penting untuk kamu lakukan saat bekerja.


Manajemen dan leadership skill yang baik

Jika kamu memiliki kemampuan manajemen dan leadership yang baik selama bekerja, hal tersebut bisa menjadi poin plus perusahaan untuk memberikan promosi jabatan.


Saat kamu mendapatkan promosi jabatan, kamu akan diberikan tanggung jawab yang lebih besar sehingga memiliki kedua skill tersebut sangat diperlukan.


Baca juga: Mentoring: Pengertian dan Manfaat yang Bisa Diraih


Waktu yang Tepat Untuk Meminta Promosi Jabatan

Kamu sudah mengetahui pengertian dan syarat apa saja yang harus kamu penuhi agar bisa mendapatkan promosi jabatan.


Sekarang, mari ketahui kapan waktu yang tepat untuk meminta promosi jabatan kepada perusahaan, yaitu:


Sudah memberikan kontribusi yang nyata

Atasan dan perusahaan akan mempertimbangkan memberikan promosi jabatan jika kamu sudah memberikan kontribusi yang nyata kepada perusahaan.


Jika kamu memang sudah memberikan kontribusi yang besar kepada perusahaan, kesempatan untuk dipromosikan akan jauh lebih besar.


Siap untuk berkembang

Saat kamu merasa kalau sudah lama di posisi yang sama dan sudah mencapai tujuan yang ingin dicapai, kamu mungkin ingin berkembang lagi dengan mencari tantangan dan tanggung jawab yang lebih besar.


Kamu bisa meminta promosi jabatan jika ada posisi yang sedang kosong dan hal tersebut bisa menjadi keunggulan bagi kamu, dikarenakan kamu sudah mengetahui cara kerja perusahaan lebih baik dibanding kandidat yang lain.


Sudah penuhi kualifikasi posisi yang lebih tinggi

Bekerja dengan posisi yang lebih tinggi tentunya harus memiliki kemampuan yang kompeten dan penuhi kualifikasi sebelumnya.


Jika kamu sudah riset tentang pekerjaan yang ingin kamu tuju dan merasa sudah memenuhi kualifikasi tersebut, kamu bisa mengajukan promosi jabatan ke posisi tersebut.


Sudah pernah mengambil tanggung jawab lebih

Tanggung jawab saat bekerja bisa berubah kapan saja seperti bekerja yang berhubungan dengan manajemen dan proyek besar.


Jika kamu sudah punya pengalaman tersebut dan memiliki hasil yang maksimal, kamu bisa meminta promosi jabatan.


Demikian penjelasannya, MESFriend! Jika kamu punya pertanyaan seputar tips karier dan kesehatan mental namun bingung harus bertanya ke siapa, kamu bisa bertanya ke HR Profesional dan Psikolog MyEduSolve hanya di #TalkToDIAN, ya!

Related Tags

Promosi Jabatan

3,781

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.