Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Pahami Pengertian Leadership serta Cara Melatihnya di sini!

Pengertian leadership tidak berbicara soal status, asal, atau kedudukan yang kamu punya tetapi lebih jauh dari itu. Dapatkan informasi lengkapnya di sini.

Posted: Tuesday, Jun 14, 2022

Share:

Pahami Pengertian Leadership serta Cara Melatihnya di sini! cover

Leadership menjadi salah satu skill yang harus dimiliki tidak peduli bidang yang kamu kerjakan. Pengertian leadership sendiri sering diartikan sebagai kemampuan untuk memimpin alias memiliki jiwa kepemimpinan. 

Skill leadership yang baik akan membantu kamu dalam penyelesaian masalah, pengorganisasian, hingga pemberian motivasi bagi seluruh rekan kerja. Apakah kamu sudah memiliki leadership yang baik? 

Belum terlambat untuk mulai mengasah dan melatih jiwa kepemimpinan yang ada di dalam diri kamu. Mari mempelajarinya bersama-sama dengan informasi yang ada di bawah ini. 

Mengenal Pengertian Leadership

Sebelum melatih leadership, kamu perlu terlebih dahulu mengenalnya dari dasar yaitu dengan memahami pengertiannya. Leadership adalah suatu proses pengaruh sosial yang berusaha mengoptimalkan kerja keras orang lain untuk mencapai suatu tujuan (visi). 

Definisi ini perlu diuraikan satu per satu supaya kamu memahami kata “leadership”. Coba perhatikan penjelasannya berikut ini. 

1. Pengaruh Sosial

Kemampuan leadership bukan berarti dapat memengaruhi orang dengan kuasa atau otoritas yang dimilikinya. Pengaruh sosial berarti memengaruhi seseorang dengan attitude yang dapat diterima. 

Maksudnya seperti menunjukkan komitmen, kredibilitas, dan integritas. Itu berarti leadership tidak berhubungan dengan status, posisi, keadaan, pengalaman, atau atribut lainnya. 

2. Mengoptimalkan Kerja Keras Orang Lain

Seseorang yang memiliki jiwa kepemimpinan atau leadership memiliki intensi untuk mengoptimalkan kerja keras orang lain dan bukan sekadar mengorganisasikan. 

Seseorang dengan leadership selalu berusaha membuat orang-orang di sekelilingnya termotivasi untuk dapat mencapai puncak yang lebih tinggi dari sebelumnya. Mereka bisa menjadi orang yang membawa semangat positif untuk lingkungan kerja di mana pun mereka berada. 

3. Mencapai Tujuan

Seseorang yang memiliki leadership tidak sekadar berlari tanpa tujuan. Justru mereka berfokus pada tujuan yang jelas. Mereka akan selalu memiliki tujuan atau visi ke depan. 

Baca juga: Apa itu Kompetensi? Seberapa Pentingkah Hal Ini?

Cara Melatih dan Meningkatkan Kemampuan Leadership

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa leadership tidak memiliki hubungan dengan berbagai atribut yang dimiliki oleh seseorang. 

Asal, status, posisi, atau bahkan aset yang dimilikinya tidak serta-merta membuat seseorang memiliki leadership yang baik. Leadership butuh dikembangkan dan dilatih supaya pada akhirnya bisa berguna dalam kehidupan. Lalu bagaimana cara melatih dan meningkatkannya? 

1. Disiplin dan Berintegritas

Disiplin dan integritas menjadi dua attitude yang dapat meningkatkan kemampuan leadership. Mustahil kamu dapat memengaruhi orang lain tanpa adanya kedisiplinan diri. 

Orang yang tidak berintegritas juga tidak akan dihormati oleh rekan-rekan kerjanya. Itu sebabnya kamu perlu melatih disiplin dan berusaha berintegritas dalam berbagai keadaan. 

2. Mau Terus Belajar

Keinginan untuk terus belajar bukan hanya penting untuk diakui oleh orang-orang. Selalu belajar hal baru membuat kamu memiliki wawasan luas yang akan berguna untuk memecahkan masalah serta menemukan ide-ide lain. Selain itu kamu jadi dapat beradaptasi dalam dunia yang terus berubah. 

3. Berusaha Berkontribusi

Berusaha berkontribusi berarti kamu merupakan orang yang aktif dalam pekerjaan. Bisa aktif memberikan pendapat atau respons, menyemangati rekan-rekan kerja, hingga cepat dalam mengantisipasi masalah. 

Seseorang yang memiliki leadership pasti bukan orang yang malas untuk bertindak. Mereka justru akan berusaha memberikan semua yang bisa diberikan serta mengusahakan yang terbaik. 

4. Terus Menantang Diri Sendiri

Leadership yang baik dapat terlihat dari bagaimana seseorang bertanggung jawab. Mereka juga tidak takut menghadapi tantangan. Seseorang yang memiliki leadership bahkan akan berusaha meningkatkan kapasitas mereka dengan mengambil tanggung jawab baru.

Baca juga: Pelajari Perbedaan Resume dan CV Supaya Tidak Bingung Lagi

Itu dia informasi mengenai leadership dan bagaimana cara melatihnya. Apakah kamu belum memiliki leadership yang baik? Kamu bisa mulai mempraktikkan apa yang baru saja dijelaskan dan terus menambah ilmu. 

Manfaatkan semua pembelajaran yang bisa diakses secara gratis maupun berbayar. Contohnya seperti seminar, artikel, kelas online, dan sertifikasi. Jika kamu bingung mencari tempat belajar yang tepat maka MyEduSolve bisa menjadi jawabannya. 

MyEduSolve menyediakan berbagai sertifikasi yang bisa kamu ambil untuk meningkatkan skill. Mulai dari IT Specialist, Adobe Certified, hingga Project Management Ready. Kamu akan diperlengkapi dengan materi pembelajaran dari LearnKey dan CertPREP supaya berhasil melewati ujian sertifikasi. 

Kamu juga akan diberikan satu retake voucher yang bisa digunakan ketika gagal dalam ujian. Tingkatkan skill dan wujudkan impianmu bersama MyEduSolve sekarang juga! Memahami pengertian leadership dalam artikel ini memang baik tetapi kamu harus mulai bertindak untuk melatihnya. So let’s get certified and be qualified now!

Related Tags

pengertian leadership
leadership

1,767

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.