Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Pengertian Project Management Office (PMO), Tugasnya, dan Skill yang Dibutuhkan

Jika kamu tertarik untuk bekerja di industri project management, kamu berada di artikel yang tepat. Simak artikel ini untuk memahami apa itu project management!

MyEduSolve menyediakan ujian sertifikasi internasional dan pelatihan resmi untuk keperluan individu, perusahaan, serta institusi pendidikan.

Posted: Friday, Dec 02, 2022

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Pengertian Project Management Office (PMO), Tugasnya, dan Skill yang Dibutuhkan cover

Sebuah proyek dalam perusahaan bisa sukses jika ada satu tim atau departemen yang bisa mengelola dan mengoptimalkan sumber daya yang ada dengan baik, tim tersebut ialah Project Management Office (PMO).


Project Management Office merupakan bagian penting dalam manajemen proyek perusahaan, sehingga skill manajemen proyek sangat dicari oleh para rekruter.


Kali ini, MyEduSolve akan memberikan penjelasan tentang apa itu Project Management Office, tugasnya dan skill yang dibutuhkan.


Mari kita simak penjelasan di bawah ini!


Baca juga: Ini Dia Cara Membuat Project Management Plan yang Baik

Apa Itu Project Management Office?

Project Management Office (PMO) adalah departemen atau tim yang bertanggung jawab untuk menetapkan, menjaga, dan memastikan standar manajemen proyek di dalam perusahaan sesuai dengan planning yang telah ditetapkan dari awal sampai akhir.


Project Management Office bekerja dengan tujuan untuk memastikan bahwa proyek dapat selesai tepat waktu, sesuai anggaran, dan mencapai tujuan bisnis perusahaan. 


Terdapat tiga jenis Project Management Office yang memiliki tingkat kontrol berbeda di perusahaan, berikut jenisnya:


  • Directive: Memegang kontrol secara penuh dan tinggi dari sebuah proyek perusahaan.

  • Supportive: Mengambil peran sebagai “konsultan” terhadap proyek dengan memberikan pelatihan dan informasi.

  • Controlling: Memberikan bantuan dan memastikan karyawan menggunakan tools hingga proses pengerjaan proyek selesai dengan benar.

Jabatan yang biasa tergabung dalam satu departemen PMO meliputi:

  • Project Manager

  • Program Manager

  • Project Scheduler

  • Project Planner

  • Project Controller


Lalu, apa saja tugas seorang PMO? Simak penjelasan berikut!

Tugas Project Management Office

PMO atau Project Management Office, memiliki serangkaian tugas penting dalam pengelolaan proyek perusahaan. Berikut adalah beberapa tugas diantaranya:

1. Membuat Standar dalam Setiap Pengerjaan Proyek

Project Management Officer sering kali bertugas untuk menyediakan pedoman dan standar dalam pengelolaan proyek perusahaan. Mereka menciptakan standar dan proses manajemen proyek yang konsisten, seperti pembuatan pedoman, template, dan praktik yang dapat digunakan oleh semua tim. 

2. Mengelola Sumber Daya

Project Management Officer bertanggung jawab untuk mengelola alokasi sumber daya manusia dan material atau bahan-bahan proyek lainnya agar proyek berjalan lancar. Contohnya seperti mengatur jadwal kerja tim, membagi tugas, dan mengelola inventaris.

3. Membantu Project Manager dan Tim

PMO juga memberikan dukungan kepada Project Manager dan tim dalam menjalankan proyek. Mereka memberikan bimbingan, menyediakan sumber daya, dan menyelesaikan masalah yang muncul selama proses pengerjaan proyek.

4. Melacak Progres dan Mengawasi Anggaran

Tugas PMO selanjutnya adalah memantau kemajuan proyek secara teratur dan mengawasi anggaran untuk memastikan proyek berjalan sesuai rencana. Mereka mengidentifikasi masalah yang mungkin muncul dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk menjaga proyek tetap berada pada jalur yang benar.

5. Pelaporan dan Evaluasi

Terakhir, PMO bertugas membuat laporan tentang kinerja proyek dan menilai hasilnya. Mereka harus mengidentifikasi hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki serta memastikan bahwa hasil evaluasi dari proyek sebelumnya dapat ditingkatkan pada proyek yang akan datang.


Baca juga: Project Management: Pengertian, Aspek, dan Tahapannya

Skill yang Dibutuhkan

Untuk menjadi seorang Project Management Officer yang sukses, setidaknya kamu harus memiliki lima skill berikut:

1. Attention to Detail

Selama menjalankan proyek, seorang Project Management Officer harus menganalisis laporan secara detail dan hati-hati. Maka,  kamu harus memiliki kemampuan attention to detail, untuk memastikan bahwa standar perusahaan telah terpenuhi dan tak ada yang terlewat.

2. Komunikasi yang Baik dan Efektif 

Sebagai Project Management Officer, kamu perlu memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang baik dan efektif. Saat bekerja, kamu harus bisa berkomunikasi dan menjalin hubungan baik dengan pihak-pihak internal maupun eksternal perusahaan menggunakan berbagai media. Oleh karena itu, kemampuan komunikasi yang baik dan efektif akan sangat dibutuhkan.

3. Problem Solving 

Saat menjalankan proyek, sering kali muncul masalah yang diluar rencana atau anggaran. Jika kamu memiliki kemampuan problem solving yang baik, kamu dapat menyelesaikannya dengan menemukan solusi kreatif untuk menjalankan rencana proyek sesuai yang diinginkan.

4. Mampu Bekerja di bawah Tekanan

Dalam menangani berbagai tekanan dan rintangan dalam proyek, penting bagi kamu untuk tetap tenang. Kemampuan untuk mengendalikan emosi sangatlah penting agar situasi dan kondisi proyek tetap terkendali.

5. Kemampuan Mengorganisir

Mengorganisir dan melacak setiap progres dan jadwal kegiatan merupakan hal yang sangat penting ketika kamu menjadi seorang Project Management Officer. Dengan kemampuan ini, kamu dapat mengumpulkan data dan informasi tentang setiap progres melalui berbagai tools kerja yang tersedia, sehingga dapat mencegah terjadinya kekacauan.


Baca juga: Sertifikasi Project Management: Apa Itu dan Mengapa Penting

Berapa Gaji Seorang Project Management Officer?

Gaji untuk Project Management Officer di Indonesia, khususnya di Jakarta, berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 12 juta per bulan, tergantung pada tingkat pengalaman dan kemampuan yang dimiliki.


Namun jika sudah senior, seorang project manager juga bisa memiliki gaji hingga Rp 50 juta per bulan atau bahkan lebih, tergantung pada beberapa faktor tambahan seperti lokasi dan industri.


Nah, itulah penjelasan tentang Project Management Officer. Yuk, kejar karier impianmu dan kembangkan skill project management yang kamu miliki dengan mendaftar sertifikasi PMI Project Management Ready di MyEduSolve!


Kamu bisa mendapatkan sertifikasi yang diakui secara internasional dan resmi dari Project Management Institute, lho! 


Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi langsung halaman web MyEduSolve. Yuk, daftarkan dirimu sekarang!

Related Tags

Project Management Office

9,325

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.