Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Profesi Dosen dan Syarat-Syaratnya

Temukan informasi lengkap tentang profesi dosen, termasuk tugas dan tanggung jawabnya, serta syarat yang diperlukan untuk menjadi seorang pengajar yang profesional.

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Friday, Oct 04, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Profesi Dosen dan Syarat-Syaratnya cover

Profesi dosen termasuk profesi yang diincar banyak orang karena beberapa alasan. Beberapa di antaranya karena pendapatan yang stabil dan bisa meningkatkan status sosial.

Kalau kamu hendak mengejar karir sebagai dosen, yuk, simak artikel berikut karena akan mengulas tentang profesi dosen serta syarat menjadi dosen. Baca sampai akhir, ya!

Pengertian Profesi Dosen

Dosen adalah seorang tenaga pengajar sekaligus ilmuwan profesional yang mendedikasikan waktunya untuk membimbing, mendidik, dan menyebarkan ilmu pengetahuan kepada generasi muda dan masyarakat. Tidak hanya itu, dosen juga mempunyai kewajiban untuk konsisten melakukan penelitian dan mengabdikan diri pada masyarakat.

Tugas dan tanggung jawab tersebut sudah diatur di dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai pedoman bekerja. Tri Dharma Perguruan Tinggi mengandung tiga aspek, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Dosen bertanggung jawab sebagai eksekutor pendidikan dan pengajaran yang bertujuan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Lalu, dosen juga berperan dalam penyelenggara penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan.

Pilar terakhir yang tak terpisahkan dari dosen adalah pengabdian pada masyarakat. Dosen berperan sebagai perwakilan perguruan tinggi untuk berkontribusi langsung di tengah-tengah masyarakat melalui program pengabdian seperti KKN.

Tugas dan Tanggung Jawab Dosen

Tugas dan tanggung jawab atau tupoksi dosen sudah diatur di dalam Peraturan Pemerintah nomor 37 tahun 2009 agar proses belajar-mengajar di perguruan tinggi berfungsi dengan baik. Berikut deretan tugas dan tanggung jawab dosen yang  wajib dilaksanakan.

  1. Mentransformasikan, mengembangkan, menyebarluaskan ilmu pengetahuan/teknologi/seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

  2. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

  3. Merancang dan melaksanakan proses pembelajaran termasuk melakukan penilaian dan evaluasi hasil pembelajaran.

  4. Meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik yang diiringi dengan kompetensi berkelanjutan dan melibatkan perkembangan teknologi terbaru.

  5. Menyusun materi pembelajaran dan modul untuk dipelajari mahasiswa.

  6. Mematuhi peraturan perundang-undangan, norma, kode etik, nilai keagamaan, dan etika.

Baca juga: Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Ujian Sertifikasi Microsoft

Keuntungan Bekerja Sebagai Dosen

Dosen masih menjadi salah satu profesi favorit banyak orang karena dinilai memperoleh banyak keuntungan, seperti jenjang karir yang jelas dan kestabilan pendapatan. Di bawah ini akan dijelaskan apa saja keuntungan bekerja sebagai dosen, simak, yuk!

  1. Mendapatkan Gaji Tetap

Gaji dosen cenderung stabil karena sudah dijamin sesuai Peraturan Pemerintah. Akan tetapi, terdapat perbedaan nominal gaji antara dosen tetap dan dosen honorer. Selain itu, gaji dosen PNS dan non-PNS juga bisa berbeda.

Gaji rata-rata dosen yang sudah diangkat PNS mulai berada di kisaran 3 – 5 juta. Namun, angka tersebut bisa semakin bertambah tergantung prestasi dan karya yang dihasilkan.

  1. Memperoleh Tunjangan

Sebagai tenaga pendidik, dosen berhak memperoleh tunjangan di samping pendapatan pokok. Namun, besaran tunjangan bisa berbeda-beda tergantung jabatan dan golongan.

  1. Terus Belajar Ilmu Baru

Salah satu keistimewaan bekerja sebagai dosen adalah tidak pernah berhenti belajar ilmu baru. Sebab, dosen dituntut untuk terus belajar, mengembangkan ilmu pengetahuan, dan melakukan penelitian.

  1. Permintaan Jasa yang Selalu Ada

Profesi dosen termasuk profesi yang selalu dibutuhkan. Dengan kata lain, profesi ini termasuk stabil dan terjamin masa depannya.

  1. Melakukan Pekerjaan yang Mulia

Dosen tidak ada bedanya dengan guru, kedua profesi ini memiliki misi yang sama, yakni mendidik generasi bangsa untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Tentu saja profesi dosen memiliki tugas yang mulia dan patut dihormati.

  1. Jam Kerja yang Seimbang

Bekerja sebagai dosen kamu akan memiliki waktu yang cenderung seimbang sehingga kamu bisa membagi waktu dengan keluarga dan beristirahat. Sebab, jam kerja dosen tergantung pada jam kuliah yang seringnya pada pagi sampai sore saja.

  1. Berkesempatan untuk Jalan-Jalan dan Bertemu Banyak Orang

Dosen memiliki banyak kesempatan untuk bertemu banyak orang untuk keperluan pekerjaan dan penelitian, sehingga bisa memperluas relasi. Di samping itu, dosen juga sering diberi tugas untuk ikut workshop, seminar, dan studi banding ke perguruan tinggi lain di dalam negeri hingga luar negeri yang tentunya akan memberikan kesempatan untuk jalan-jalan.

Baca juga: Webinar Sukses "Meningkatkan Akreditasi & Angka Mahasiswa #PastiKerja" oleh MyEduSolve

Syarat Menjadi Dosen

Sama seperti profesi lainnya, untuk melamar pekerjaan dosen dibutuhkan syarat-syarat khusus. Terlebih profesi dosen membutuhkan keahlian profesional dan latar belakang pendidikan tertentu. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini syarat-syarat dosen berdasarkan ketentuan Kemendikbud Ristek.

  1. Minimal Bergelar S-2

Untuk menjadi dosen, berdasarkan Undang-Undang nomor 14 tahun 2005 yang berlaku secara nasional mulai tahun 2014, kamu setidaknya harus memiliki gelar magister (S-2) untuk menjadi dosen program diploma atau program sarjana. Lalu, minimal lulusan doktor (S-3) untuk menjadi dosen program pascasarjana.

Jadi, setelah aturan tersebut diberlakukan, dosen sudah tidak ada yang lulusan S-1 dengan alasan meningkatkan mutu pendidikan di tingkat perguruan tinggi.

  1. Latar Belakang Pendidikan Linear

Apabila kamu tertarik bekerja sebagai dosen dan ingin mengambil sekolah magister atau doktoral, pastikan kamu mengambil bidang ilmu yang linier dengan pendidikan sebelumnya.

  1. Sehat Jasmani dan Rohani

Syarat umum lainnya adalah wajib dalam keadaan sehat jasmani dan rohani, sehingga tidak mengganggu aktivitas mengajar dan menjalankan kewajiban sebagai dosen.

  1. Tidak Tersangkut dengan Pidana

Kemudian, untuk menjadi dosen juga harus bersih dari riwayat kriminal dan tindak pidana. Syarat ini dibuat demi menjaga nama baik Perguruan Tinggi dan dunia pendidikan.

  1. Sudah Menerbitkan Jurnal

Dosen wajib melakukan penelitian secara konsisten. Oleh karena itu, syarat wajib untuk jadi dosen adalah sudah pernah menerbitkan jurnal penelitian sebagai bagian dari resume.

Itu dia ulasan tentang profesi dosen lengkap dengan syarat menjadi dosen yang perlu kamu ketahui apalagi jika kamu memang mengincar karir sebagai dosen.

Untuk menjadi dosen yang ideal, kamu harus menguasai metode mengajar yang tepat. Kamu bisa dapatkan ilmu tersebut dengan ikut program sertifikasi Microsoft Certified Educator Program dari MyEduSolve. Dapatkan info menarik lainnya di MyEduSolve.

Related Tags

Profesi dosen

88

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.