Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Pengertian Microsoft OneNote serta Kekurangan dan Kelebihannya

Microsoft OneNote adalah salah satu program yang ada pada Microsoft Office. Microsoft OneNote memang tidak sepopuler seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, atau Microsoft PowerPoint penggunaannya namun tetap fungsional untuk menunjang kebutuhan mencatat sehari-hari. Berikut ini penjelasannya!

Posted: Saturday, Sep 17, 2022

Share:

Pengertian Microsoft OneNote serta Kekurangan dan Kelebihannya cover

Apa itu Microsoft OneNote?

Microsoft OneNote adalah salah satu program yang digunakan catatan digital yang dapat menyimpan semua catatan, penelitian, rencana, dan informasi yang kamu perlukan baik di rumah, di tempat kerja, atau di sekolah. Pengguna OneNote gratis akan mendapatkan kapasitas ruang penyimpanan 5GB untuk perorangan dan 1 TB untuk pendidikan. Untuk mendapatkan kapasitas ruang penyimpanan yang lebih besar, kamu perlu berlangganan Microsoft 365. Besaran biaya Microsoft 365 ini pun bervariatif, tergantung dari pemilihan jangka waktu pembayaran bulanan atau tahunan yang kamu inginkan.

Apakah OneNote bagian dari Microsoft Office? Yes, Microsoft OneNote adalah salah satu program keluaran Microsoft Office. Microsoft OneNote memang tidak sepopuler Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint yang sering kita gunakan dalam keseharian untuk sekolah, kuliah atau kerja. Akan tetapi fungsi Microsoft OneNote memang ditargetkan untuk dapat memenuhi kebutuhan kita untuk mencatat dengan singkat dan cepat.

Kegunaan Microsoft OneNote

Fungsi Microsoft OneNote yang utama adalah untuk bertindak sebagai buku catatan digital yang terintegrasi dengan akun Microsoft kamu, sehingga setelah kamu menyinkronkan catatan kamu ke OneDrive kamu dapat menggunakannya di perangkat apa pun dan di mana pun, asal terkoneksi dengan jaringan internet.

Baca juga: Cara Menggabungkan File di Word buat Pejuang Skripsi

Kelebihan Microsoft OneNote

Dari sekian banyak software pencatat, OneNote memiliki beberapa keunggulan, antara lain: 

  1. Terintegrasi dengan Microsoft Office 

Kamu dapat menyisipkan berbagai dokumen Office lainnya seperti Word, PowerPoint, Excel, dan Outlook ke dalam OneNote. Kamu kemudian dapat menambahkan komentar, menambahkan catatan, atau mencoret-coret sesuai keinginan. 

  1. Mengetik apa saja dan di mana saja

Kamu dapat menambahkan gambar, dokumen kantor, catatan, coretan, tangkapan layar, stabilo, tanggal, grafik, audio, dan banyak item lainnya. Kamu dapat menempatkannya di mana saja Kamu suka.

  1. Terhubung dengan OneDrive 

OneNote, terutama versi Office 365, secara otomatis tersinkronkan dengan OneDrive. Dokumen dapat disimpan secara online dan dapat diakses dari mana saja. 

  1. Berbagi catatan dengan mudah 

Dokumen OneNote (notebook) dapat dibagikan dengan teman. Kamu juga dapat berkolaborasi dalam catatan dengan teman kamu. 

Kekurangan Microsoft OneNote

Kelemahan OneNote adalah harganya yang tergolong mahal. Untuk mendapatkan akses ke seluruh fiturnya Microsoft OneNote dibanderol dengan harga $69,99 dan merupakan bagian dari suite Microsoft Office, yang termurah adalah $139,99.


Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Project Planner Excel? Ada Template Gratis!


Itulah penjelasan terkait Microsoft OneNote yang bisa kamu manfaatkan. Kamu juga bisa belajar di MyEduSolve untuk menjadi Microsoft OneNote Specialist dan mendapatkan sertifikat berstandar internasional dengan cara daftar pada halaman Microsoft Office Specialist.

Related Tags

Microsoft OneNote

5,798

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.