Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Pelajari Cara Menggunakan Rumus LEFT, MID, dan RIGHT serta Fungsinya

Rumus LEFT, MID, dan RIGHT di Microsoft Excel digunakan untuk mengambil sebagian teks dari sel, berdasarkan jumlah karakter yang ditentukan. Simak selengkapnya di artikel ini!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Monday, Sep 23, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Pelajari Cara Menggunakan Rumus LEFT, MID, dan RIGHT serta Fungsinya cover

Sebagai salah satu software pengolah data yang diandalkan di banyak perusahaan seluruh dunia, Microsoft Excel menyediakan berbagai fitur canggih serta berbagai rumus yang dapat mempercepat proses analisa dan pengolahan data.

Salah satu rumus Excel tingkat lanjut yang perlu dipelajari adalah rumus LEFT, MID, RIGHT. Sebetulnya apa itu rumus LEFT, MID, RIGHT dan apa fungsinya? Yuk, cari tahu jawabannya dengan menyimak artikel berikut.

Apa Itu Rumus LEFT, MID, RIGHT

Dalam mengolah data, ada kalanya kamu mengambil sejumlah huruf pada data teks di tabel.

Misalnya kamu ingin memisah-misahkan nama depan, nama tengah, dan nama belakang dari daftar nama karyawan. Maka kamu harus mengambil beberapa karakter dari kiri, tengah, dan kanan.

Microsoft Excel sudah menyediakan rumus khusus yang memungkinkan kamu mengambil karakter huruf dari sisi kiri, tengah, dan kanan pada tabel data, yaitu rumus fungsi LEFT, MID, dan RIGHT.

Ketiga rumus tersebut termasuk ke dalam fungsi string Excel yang dikhususkan untuk mengolah dan memanipulasi data berupa teks di Excel.

Sementara itu, pengertian dari rumus fungsi LEFT adalah rumus yang digunakan ketika kamu ingin mengambil karakter dari kiri atau bagian awal teks.

Lalu, rumus fungsi RIGHT adalah rumus yang memungkinkan kamu mengambil karakter dari sebelah kanan atau bagian akhir teks.

Kemudian, rumus fungsi MID adalah rumus fungsi Excel yang digunakan untuk mengambil karakter di bagian tengah data teks.

Penguasaan ketiga rumus ini cukup penting di dunia kerja, karena dapat memudahkan kamu dalam menganalisa dan memproses data dalam volume besar secara akurat dan efisien.

Baca juga: Lengkap! Kumpulan Rumus Excel Sederhana yang Sering Digunakan Sehari-hari

Penggunaan Rumus LEFT, MID, dan RIGHT

Untungnya rumus LEFT, MID, dan RIGHT terhitung rumus yang sederhana, sehingga mudah dipahami dan dipelajari oleh pemula. Untuk itu, yuk pelajari masing-masing rumusnya yang akan dijelaskan secara rinci di bawah ini.

  1. Rumus Fungsi LEFT

Rumus fungsi LEFT ini termasuk rumus dasar yang penting untuk dipelajari, terutama jika kamu sering mengolah data berupa teks. Rumus ini dapat mengembalikan data teks dari bagian kiri sesuai jumlah karakter yang kamu inginkan. Jika kamu ingin menggunakannya, kamu bisa memasukkan rumus: =LEFT(text, [number_characters]).

Keterangan:

  • LEFT: Kode fungsi untuk mengambil data di sisi kiri.

  • Text: Sel yang akan kamu ambil huruf atau karakternya.

  • Number of Characters: Jumlah karakter yang ingin kamu ambil. 

Supaya kamu lebih paham cara menggunakannya, kamu bisa baca tutorial penggunaannya di Microsoft Excel berikut.

  • Jika menggunakan ilustrasi tabel data di atas sebagai contoh dan umpamanya kamu ingin mencari kode wilayah dari masing-masing orang yang ada di daftar nama, kamu bisa memasukkan rumus: =LEFT(B2, 5). Kemudian, tekan tombol Enter pada keyboard.

  • Nantinya, sistem akan langsung memproses dan memunculkan hasil seperti di atas.

Catatan:

Tips supaya kamu lebih hemat waktu, kamu bisa langsung tekan titik ‘Fill Handle’ yang berada di kanan bawah sel, lalu tarik ke bawah hingga ke baris terakhir tabel. Secara otomatis data akan langsung terisi akurat.

Baca juga: 15 Rumus Excel Penting Untuk Pekerjaan Administrasi

  1. Rumus Fungsi RIGHT

Rumus fungsi RIGHT masih satu rangkaian fungsi dasar string di Excel. Dengan rumus ini, kamu dapat mengambil sejumlah huruf di sisi kanan tabel data. Untuk menggunakannya, kamu bisa memasukkan rumus: =RIGHT(text, [number_characters]).

Keterangan:

  • Right: Kode fungsi untuk mengambil data di sisi kanan.

  • Text: Sel yang akan kamu ambil huruf atau karakternya.

  • Number of Characters: Jumlah karakter yang ingin kamu ambil.

Untuk pemahaman yang lebih optimal lagi, kamu bisa simak langkah-langkah di bawah ini untuk mempraktekkan rumus fungsi RIGHT.

  • Dengan memakai ilustrasi di atas sebagai acuan, kamu ingin mencari nomor ekstensi pada setiap orang yang ada di dalam daftar. Kamu bisa memasukkan rumus: =RIGHT(B2, 3) dan tekan tombol Enter.

  • Hasilnya otomatis akan muncul. Lalu, kamu bisa langsung tekan fitur ‘Fill Handle’ yang ada di pojok kanan bawah sel dan menariknya ke bawah hingga bagian akhir tabel agar sistem memproses secara otomatis seperti gambar di atas.

Baca juga: Mengenal Rumus Excel untuk Akuntansi dan Cara Menyusun Laporan Keuangan 

  1. Rumus Fungsi MID

Sementara itu, rumus fungsi MID juga digunakan jika kamu ingin mengambil beberapa karakter yang berada di bagian tengah teks. Namun, fungsi rumus MID sedikit lebih kompleks daripada kedua rumus sebelumnya. Berikut rumus fungsi MID yang bisa kamu gunakan: =MID(text, start number, number characters).

Keterangan:

  • MID: Kode fungsi untuk mengambil data dari tengah.

  • Text: Sel yang akan kamu ambil huruf atau karakternya.

  • Start Number: Urutan awal pada huruf pertama yang ingin diambil.

  • Number of Characters: Jumlah karakter yang ingin kamu ambil.

Di bawah ini akan dijelaskan contoh mempraktekkan rumus fungsi MID agar kamu dapat memahaminya lebih dalam.

  • Mengacu pada ilustrasi di atas, misalnya kamu ingin mencari nomor telepon setiap orang yang masuk ke dalam daftar.

  • Kamu dapat memasukkan rumus: =MID(B2, 7,8) kemudian tekan tombol Enter.

  • Kemudian, hasil akhirnya akan langsung muncul. Kamu bisa langsung klik fitur ‘Fill Handle’ yang ada di titik sebelah kanan bawah dan tarik hingga ke deretan akhir tabel agar hasilnya langsung terisi otomatis oleh sistem seperti gambar di atas.

Itu dia rangkuman lengkap tentang rumus LEFT, MID, RIGHT yang wajib kamu tahu. Naikkan levelmu hingga ke tingkat profesional dalam mengoperasikan Microsoft Office dengan ikut program sertifikasi Microsoft Office Specialist: Expert dari MyEduSolve. Kamu juga bisa temukan program menarik lainnya dengan mengunjungi laman MyEduSolve.

Sumber:

Rumus Dasar Excel yang Sering Dibutuhkan dalam Pekerjaan Sehari-Hari https://dqlab.id/rumus-dasar-excel-yang-sering-dibutuhkan-dalam-pekerjaan-sehari-hari (Diakses Agustus 2024)

Excel Functions LEFT, RIGHT, MID, and LEN for Substrings https://spreadsheeto.com/text-functions/ (Diakses Agustus 2024)

Related Tags

Rumus Left
Rumus MID
Rumus Right
Microsoft Excel

396

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.