Mengenal Slide Master pada Microsoft Power Point

Mari cari tahu lebih dalam apa itu Slide Master pada Microsoft Power Point dalam artikel ini!

Posted: Monday, Jun 27, 2022

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

author:Mardion Siregar

Mardion Siregar

| Posted: Monday, Jun 27, 2022

Share:

Mengenal Slide Master pada Microsoft Power Point cover

Jika ingin tahu tentang slide master dalam Microsoft PowerPoint, artikel yang ditulis oleh Graciella Santi ini cocok banget untuk kamu yang ingin tahu tentang slide master dalam PowerPoint, kita simak ulasan Graciella Santi berikut ini ya!

Slide Master PowerPoint

Kamu pasti sering menggunakan template Microsoft PowerPoint yang tersedia pada berbagai website. Pernahkah kalian menemui slide yang tidak bisa diedit template-nya? Mungkin kalian juga pernah ingin membuat slide baru tapi layout tidak ada yang sesuai kebutuhan. Tentu hal tersebut membuat kalian frustasi sendiri karena tidak bisa mengubah slide sesuai dengan keinginan kalian. Tapi jangan khawatir, PowerPoint sebenarnya memiliki fitur khusus untuk menyelamatkan kalian. Ya! Fitur itu adalah slide master. Fitur ini tersedia untuk Microsoft Powerpoint 2007 hingga 2021 dan versi Microsoft 365.

Slide master merupakan fitur pada Microsoft PowerPoint yang berfungsi untuk mengatur semua yang terdapat pada slide Microsoft PowerPoint kalian. Slide master ini memiliki segala informasi yang berkaitan dengan layouting termasuk placeholder, themes, fonts, colours, background, hingga slide size. Dengan menggunakan slide master kamu tidak hanya bisa mengubah layout yang sudah ada, tetapi juga bisa membuat layout baru sesuai dengan kebutuhan atau keinginan kamu.

Lalu dimanakah letak slide master tersebut?

1. Buka tab view atau tampilan pada PowerPoint kamu.

2. Pilih fitur Slide Master.



Mengenal Perbedaan Slide Master dan Layout Master

Sebelum membahas lebih dalam mengenai fitur-fitur yang ada pada slide master, terdapat dua hal yang perlu kamu ketahui, yaitu slide master dan layout master. Saat kamu telah berhasil membuka fitur slide master, pada panel sebelah kiri terdapat dua macam bentuk slide. Seperti yang ada pada gambar di bawah ini, slide teratas disebut sebagai slide master dan slide di bawahnya (menjorok ke kanan) disebut sebagai layout master.

Slide Master dan Layout Master

Lalu apa perbedaannya?

Slide master berfungsi untuk mengatur keseluruhan slide secara garis besar. Saat kamu mengedit slide master, semua slide akan dibuat berdasarkan slide master.

Contoh: Jika menambahkan logo pada slide master maka secara otomatis logo tersebut akan muncul pada semua layout master.

Layout master berfungsi untuk mengatur layout per-slide. Mengubah layout master tidak akan memengaruhi slide master.

Contoh: Jika menambahkan logo layout master A, maka logo tersebut akan muncul pada layout master A saja.

Baca juga: Kenali Microsoft Office Specialist, Sertifikasi Wajib Untuk Kerja

Fitur-fitur pada Slide Master

Insert Slide Master dan Layout Master

Dengan menambahkan slide master baru kamu bisa memuat tema yang berbeda dari slide master sebelumnya. Slide master tidak hanya terbatas satu tema, kamu bisa memuat berbagai tema sesuai dengan kebutuhan kamu tanpa memengaruhi tema slide master sebelumnya. 

Kamu bisa membuat layout baru yang bisa kamu gunakan berkali-kali tanpa harus copy paste slide sebelumnya. Dengan insert layout master, kamu bisa membuat layout baru sesuai keinginan kamu.

Master Layout 

Fitur ini berfungsi untuk menentukan placeholder apa saja yang bisa dimasukkan pada slide master. Jika kamu memiliki lebih dari satu slide master fitur ini tidak akan berpengaruh pada slide master kalian yang lain.

Insert Placeholder

Kamu bisa mengatur layout master kalian dengan menambahkan berbagai placeholder yang dibutuhkan dan meletakannya sesuka hati.

Themes

Themes atau tema ini memiliki fungsi yang sama seperti tema yang terdapat pada tab design. Tema ini secara otomatis akan diterapkan pada satu slide master. Setiap tema memiliki font dan color palette sendiri, jadi kamu tidak perlu bingung saat memilih font dan warna. Kamu tidak perlu khawatir karena apapun palette yang kamu pilih, dokumen kamu akan memiliki warna yang terkoordinasi dengan sempurna.


Tetapi jika kamu  tidak menyukai color theme atau font theme yang disediakan oleh Microsoft PowerPoint, kamu  bisa menyesuaikan dengan membuat palette warna baru dan font sesuai kebutuhan. Selain font dan color theme, kamu juga bisa menggunakan effect theme untuk mengubah tampilan umum objek yang terdapat pada dokumen PowerPoint kamu. 

Slide Size

Slide size berfungsi untuk mengatur ukuran slide PowerPoint kalian. Secara umum slide size memiliki dua opsi, yaitu standart (4:3) dan widescreen (16:9). Namun kamu bisa menyesuaikan ukuran slide kamu dengan memilih customize slide size

Jika kalian telah selesai menyesuaikan layout di slide master, kamu bisa langsung menggunakannya dengan menggunakan fitur new slide pada tab home untuk menambahkan slide baru atau dengan fitur layout jika sekedar ingin mengubah layout saja tanpa membuat slide baru.

Setelah mengetahui berbagai fitur dan fungsi slide master, kamu pasti bisa mengubah layout PowerPoint kalian jadi lebih variatif. kamu juga bisa membuat template PowerPoint kamu sendiri dan menghasilkan royalti dari template tersebut. 

Yuk! Validasikan kemampuanmu dalam mengolah PowerPoint dengan ambil sertifikasi Microsoft Office Specialist di webiste MyEduSolve.


*Artikel ini merupakan kontribusi dari Graciella Santi merupakan salah satu peserta Studi Independen MyEduSolve.


Article Tag:

Slide masterMicrosoft PowerPoint

Category:

Kreatif

Written By

author:Mardion Siregar

Mardion Siregar

Content Writer

Articles Info

author:Mardion Siregar

Mardion Siregar

Mengenal Slide Master pada Microsoft Power Point

Posted: Monday, Jun 27, 2022

Updated: Tuesday, Nov 29, 2022

Article Tag:

Slide masterMicrosoft PowerPoint

Category:

Kreatif

Share:

2,106

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.