Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Materi Tes yang Ditanyakan Pada Ujian Sertifikasi Adobe Certified Professional Adobe Illustrator

Butuh persiapan sebelum ikut ujian sertifikasi Adobe Certified Professional Adobe Illustrator? Simak kisi-kisi soal tes yang akan diuji dari artikel ini!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Tuesday, Apr 23, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Materi Tes yang Ditanyakan Pada Ujian Sertifikasi Adobe Certified Professional Adobe Illustrator cover

Bekerja di industri kreatif bisa dijadikan pilihan apabila kamu memiliki keterampilan dalam mendesain dan menghasilkan sebuah karya visual. Kebutuhan desainer memang semakin banyak di tengah gempuran era digital. Itu disebabkan karena perusahaan-perusahaan mulai berlomba-lomba membuat konten menarik untuk memikat audiens agar bisnis mereka dapat bersaing dan terus relevan.

Jika kamu mencari peluang karir sebagai desainer, kamu dapat mengikuti program sertifikasi Graphic Design & Illustrator using Adobe Illustrator Certification. Artikel ini akan mengulas materi ujian sertifikasi Adobe Illustrator agar mempermudah kamu memperoleh sertifikat dengan nilai skor yang memuaskan. Simak, baik-baik artikel berikut.

Program Sertifikasi Adobe Illustrator Certification

Untuk meningkatkan daya saing di dunia kerja, kamu perlu mengikuti program sertifikasi. Terlebih jika kamu bekerja di industri kreatif yang membutuhkan keterampilan dan jam terbang untuk bisa menarik klien.

Mengikuti program kredensial ini akan sangat menguntungkan bagi kamu yang masih membangun karir atau berada di entry-level.

Jika kamu berhasil lulus program dan mendapat sertifikat, kamu akan dianggap setara dengan profesional yang memiliki pengalaman ratusan jam kerja. Dengan kata lain, program sertifikasi ini akan mempercepat pertumbuhan karir kamu ke depannya.

Program sertifikasi Adobe Certified Professional in Graphic Design and Illustrator using Adobe Illustrator adalah kredensial yang diadakan oleh perusahaan Adobe Inc. yang bekerja sama dengan Certiport.

Pelatihan yang dibuat Adobe ini ditujukan untuk para ilustrator pemula yang ingin menambah skill dan membuktikan kapasitas mereka dalam penguasaan software Adobe Illustrator.

Program ini akan memandu peserta agar dapat mahir menjalankan Adobe Illustrator yang meliputi penguasaan fitur-fitur dan tools di Adobe Illustrator, konsep dasar desain dan ilustrasi, serta keterampilan pendukung lainnya yang dibutuhkan di industri.

Tidak ada syarat khusus untuk mendaftar ke program sertifikasi ini. Akan tetapi, program ini lebih disarankan untuk kamu yang ingin berkarir sebagai ilustrator profesional atau jika kamu sudah sering berkutat dengan pembuatan karya digital seperti desain grafis, konten sosial media, dan desain website menggunakan Adobe Illustrator.

Baca juga: Wajib Tahu! Cara Mewarnai di Adobe Illustrator dengan Mudah

Materi Ujian Sertifikasi Adobe Illustrator

Peserta Adobe Certified Professional in Graphic Design and Illustrator using Adobe Illustrator akan mengikuti ujian selama 50 menit untuk bisa memperoleh sertifikat. Secara garis besar pertanyaan ujian berkaitan dengan pendekatan kreatif yang dilakukan ilustrator profesional dan cara mereka mengoperasikan software Adobe Illustrator untuk menyelesaikan sebuah proyek.

Certiport yang berwenang sebagai institusi pengawas akan meninjau hasil ujian dengan ketat. Apabila peserta berhasil mendapatkan poin sesuai standar yang ditentukan, peserta akan dianggap setara dengan ilustrator profesional yang sudah memiliki jam terbang sebanyak 150 jam kerja.

Nah, kalau kamu berniat mengikuti program ini dan ingin langsung lulus dalam sekali ujian, yuk simak penjabaran di bawah tentang kisi-kisi materi yang akan keluar dalam ujian sertifikasi.

  1. Pengetahuan Dasar Seputar Profesi Ilustrator di Industri Desain

Materi pertama yang wajib kamu kuasai mengenai pengetahuan dasar tentang etika kerja profesi ilustrator di industri desain.

Etika kerja ini termasuk cara berkomunikasi dengan klien dan rekan kerja, memahami dasar hukum tentang hak cipta dan lisensi, hingga pengetahuan dasar tentang desain dan industri kreatif. Maka, kamu harus menguasai materi berikut:

  • Langkah mengidentifikasi tujuan klien sebelum mempersiapkan sebuah karya, siapa target kliennya, dan apa saja kebutuhan dan keinginan klien.

  • Cara komunikasi efektif yang perlu diterapkan dengan rekan kerja dan klien dalam membahas rencana desain dan konsep dasar project management.

  • Pemahaman tentang dasar hukum terkait hak cipta, izin, dan lisensi jika suatu saat ingin memakai karya dari pihak lain.

  • Pemahaman terkait terminologi yang sering digunakan di desain grafis dan digital. Misalnya rasterizing, vector, pixel, rendering, dan sebagainya.

  • Mampu menjelaskan prinsip dasar dalam desain dan cara menerapkannya secara praktis di dunia kerja.

 

  1. Adobe Illustrator Setup dan Interface

Materi selanjutnya yang perlu dipelajari adalah setup dan interface dalam software Adobe Illustrator. Materi ini wajib dikuasai oleh ilustrator agar bisa mengerjakan proyek desain lebih efisien dan efektif. Berikut penjabaran lebih detailnya:

  • Dapat membuat dokumen dengan format atau pengaturan yang tepat untuk ditampilkan di berbagai media, mulai dari media cetak hingga media digital.

  • Mampu mengorganisir, menyesuaikan, dan menyusun karya desain pada lembar kerja.

  • Bisa menggunakan tools yang tersedia di Adobe Illustrator untuk mempermudah proses desain.

  • Mengetahui cara mengelola objek dalam sebuah proyek desain. Meliputi copy, paste, import, embedding, dan sebagainya.

  • Dapat mengatur pemilihan warna, gradasi, dan sampel warna.

  • Mengerti cara penggunaan fitur brush, symbol, style, dan pattern.

 Baca juga: 2 Cara Crop Adobe Illustrator Bagi Pemula

  1. Mengelola Dokumen

Materi penting lainnya yang akan diujikan dalam tes adalah pengelolaan dokumen. Tujuannya agar ilustrator bisa mengatur struktur pada dokumen yang meliputi layers dan tracks demi meningkatkan efisiensi dalam proses kreatif. Kisi-kisi materi yang perlu dipelajari adalah:

  • Cara menggunakan fitur layers dalam mengatur dan menyusun elemen desain.

  • Cara modifikasi tampilan layers memakai fitur opacity dan masks.


  1. Membuat dan Memodifikasi Elemen Visual

Kemampuan ilustrator dalam mengatur dan memodifikasi elemen visual sangat berpengaruh pada hasil akhir karya desain. Maka dari itu, pengetahuan ilustrator seputar modifikasi dan manipulasi elemen visual akan diujikan dalam tes sertifikasi. Berikut gambaran materi yang akan keluar di pertanyaan ujian sertifikasi:

  • Cara membuat elemen visual menggunakan tools dan fitur yang sudah tersedia di Adobe Illustrator, yaitu drawing tools, painting tools, pencil tools, dan lain-lain.

  • Langkah-langkah pengaturan dan pengubahan pada tampilan teks menggunakan pengaturan tipografi di Adobe Illustrator, meliputi font style, font size, dan sebagainya.

  • Cara mengatur, mengubah, hingga membuat objek baru dari objek yang diseleksi.

  • Cara mengubah tampilan karya digital dengan fitur-fitur seperti resize, crop, copy-paste, scale, flip, dan masih banyak lagi.

  • Cara memodifikasi tampilan elemen desain menggunakan filter dan efek.

 Baca juga: Shortcut Dasar yang Penting Pada Adobe Illustrator

  1. Mempublikasi Hasil Karya ke Media

Tahap terakhir dari proses kreatif adalah menyimpan dan mempublikasikan hasil karya ke media. Seorang ilustrator perlu memahami proses ini sehingga materi ini akan muncul di ujian sertifikasi. Materi yang perlu dipelajari sebagai berikut:

  • Proses mempersiapkan karya digital untuk dipublikasikan (diekspor) ke dalam media cetak, video, dan web.

  • Cara menyimpan atau mengekspor gambar ke dalam berbagai format.

Itu dia penjelasan mengenai materi ujian sertifikasi Adobe Illustrator agar harapannya dapat membantu kamu lulus ujian sertifikasi dengan hasil memuaskan. Sebagai institusi yang menyediakan macam-macam pelatihan, MyEduSolve sudah membuka program sertifikasi Graphic Design & Illustration using Adobe Illustrator Certification yang sudah diakui langsung dari Adobe Inc. Info menarik lainnya bisa kunjungi laman MyEduSolve.

Related Tags

Materi Ujian
Adobe Illustrator

108

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.