Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Cara Crop di Adobe Illustrator Bagi Pemula

Bagi kamu yang baru belajar Adobe Illustrator, penting untuk mengetahui cara crop dalam software ini. Simak penjelasannya!

MyEduSolve menyediakan ujian sertifikasi internasional dan pelatihan resmi untuk keperluan individu, perusahaan, serta institusi pendidikan.

Posted: Friday, Oct 28, 2022

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Cara Crop di Adobe Illustrator Bagi Pemula cover

Adobe Illustrator adalah software milik Adobe yang terkenal memiliki fungsi untuk membuat karya grafis seperti logo, ikon, ilustrasi, dan masih banyak lagi. Jika kamu tertarik untuk belajar Adobe Illustrator, artikel ini akan membantu meningkatkan kemahiranmu dalam menggunakan software editing yang populer ini. Untuk itu, mari kita simak cara melakukan crop di Adobe Illustrator!

Cara Crop di Adobe Illustrator

Fitur crop digunakan untuk menghapus bagian dari gambar atau objek yang tidak diinginkan, serta untuk mengubah rasio objek gambar atau memfokuskan gambar pada bagian tertentu saja.


Terdapat dua cara crop di Adobe Illustrator yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan Crop Image dan Clipping Mask. Berikut penjelasannya:

  1. Teknik Crop Image

Cara pertama adalah yang paling mudah. Bagi kamu yang masih pemula, bisa langsung mengikuti langkah-langkah di bawah ini dengan mudah:

  • Buka Adobe Illustrator dan pilih gambar yang ingin kamu crop. Atau, buka folder foto yang ingin kamu edit terlebih dahulu, kemudian klik kanan pada foto tersebut dan pilih Open With > Adobe Illustrator

  • Setelah foto muncul di Adobe Illustrator, seleksi gambar tersebut dan klik Object > Crop Image di menu bagian atas.

  • Kemudian akan muncul kotak notifikasi seperti berikut, klik OK 


Sumber Foto: YouTube Layar Monitor

  • Terakhir, saat sudah muncul garis putus-putus, kamu tinggal mengatur bagian mana saja yang akan di crop

Baca juga: Kenali Fungsi Adobe Illustrator yang Tak Kalah dari Adobe Photoshop!

  1. Teknik Clipping Mask


Sumber Foto: DUMET School

Cara berikutnya adalah dengan Clipping Mask. Kamu bisa memakai cara ini jika ingin crop gambar atau objek dengan shape tertentu serta crop yang lebih kompleks dan customize dengan Pen Tool. Berikut adalah langkahnya:

  • Pertama siapkan foto atau object yang akan dipakai di Adobe Illustrator

  • Kemudian, klik layer foto dan pilih Rectangle Tool

  • Setelah itu, akan muncul kotak notifikasi yang berisikan berbagai Tools, untuk percobaan, kamu bisa pilih Ellipse Tool, atau gunakan Pen Tool jika ingin menyesuaikan dengan bentuk objek di gambar (custom)

  • Buat shape-nya di atas foto

  • Setelah selesai membuat shape foto dan layer-nya, klik kanan dan pilih Make Clipping Mask

  • Foto akan terpotong sesuai dengan bentuk yang dipilih

Itu dia cara crop foto atau objek di Adobe Illustrator. Kamu juga bisa lebih mahir dalam menggunakan Adobe Illustrator dengan mengikuti kelas sertifikasi Adobe Certified Professional di MyEduSolve! Dengan sertifikasi ini, kemampuanmu akan diakui secara internasional. Yuk tingkatkan skill Illustrator kamu dengan ikut sertifikat Adobe sekarang juga! 

Kunjungi laman web MyEduSolve untuk mendapatkan informasi lainnya!

Related Tags

Adobe Illustrator
Cara Crop Adobe Illustrator
Pengembangan Skill

30,345

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.