Lomba, Mapres, dan Studi Independen: Pengembangan Diri Ala Dian Tri Larasati

Dian Tri Larasati atau biasa dipanggil Dian, merupakan mahasiswa aktif dari Universitas Brawijaya, jurusan Perikanan, yang saat ini sedang menjalani program Studi Independen Kampus Merdeka di MyEduSolve, dengan program Microsoft Office Master. Selain berkuliah, ternyata Dian aktif dalam berbagai lomba, organisasi maupun kegiatan sosial. Mau tahu kisahnya? Yuk baca artikel ini!

Posted: Friday, Nov 26, 2021

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

| Posted: Friday, Nov 26, 2021

Share:

Lomba, Mapres, dan Studi Independen: Pengembangan Diri Ala Dian Tri Larasati cover

Aktif Mengikuti Berbagai Macam Lomba dan Organisasi

Dian Tri Larasati merupakan salah satu peserta Studi Independen MyEduSolve, selain mengikuti SI ternyata Dian juga mahasiswa yang berprestasi lho! Mari kita kenal Dian lebih jauh melalui artikel ini!


Kegiatan pengabdian masyarakat di desa dari mahasiswa Universitas Brawijaya

Kegiatan pengabdian masyarakat di desa dari mahasiswa Universitas Brawijaya

Ternyata selain mengemban ilmu di bangku kuliah, Dian tetap produktif dengan mengikuti berbagai lomba seperti lomba karya tulis ilmiah, terlibat dalam organisasi Sekolah Kreativitas Mahasiswa (karya ilmiah), maupun kegiatan positif lainnya seperti pengabdian di desa yang pada saat itu didanai oleh Kemendikbud. Dian mengaku, bahwa ia sangat senang bisa terjun langsung dan dapat berkontribusi kepada masyarakat di sana. 

Walaupun dari jurusan perikanan, itu tidak menghalangi Dian untuk dapat berprestasi dalam kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional. Hal tersebut dibuktikannya dengan menjuarai Juara 1 pada tahun 2020 dan Juara Harapan II pada tahun 2021. Dian juga telah dipercayai oleh Fakultas untuk persiapan dalam kompetisi Mahasiswa Berprestasi tahun 2022, mewakili Mapres Universitas Brawijaya.

Impact yang Dian Rasakan Selama Mengikuti Studi Independen

Menurut Dian, ia merasa sangat senang mengikuti kegiatan studi independen bersertifikat ini karena dilatih oleh para mentor yang expert di bidangnya. Selain itu, Dian merasa sangat terbantu karena kehadiran Masterclass, di sini ia bisa belajar banyak hal dan topik favoritnya yaitu personal branding. Tak hanya itu, Dian mengaku bahwa dengan adanya 1-on-1 mentoring, ia juga sangat terbantu karena pada awalnya ia merasa sangat sulit mengenal diri sendiri, tapi setelah mengikuti 1-on-1 ini, ia menjadi tahu kebutuhan dan habit apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai goals-nya.

Baca juga: MyEduSolve & Kampus Merdeka Buat Program Sertifikasi Studi Independen

Peran Ilmu yang Diasah Selama Program Studi Independen Bersertifikat

Studi Independen MyEduSolve menyediakan wadah bagi para mahasiswa untuk belajar dan mengasah kompetensinya di luar dari apa yang umumnya mereka pelajari di perkuliahan. Dian mengungkapkan bahwa ilmu yang dipelajari melalui Studi Independen juga ternyata dapat diaplikasikan pada kegiatannya, baik saat perlombaan maupun pengerjaan tugas kuliah.

"Peran ilmu dari SI untuk lomba-lomba yang aku ikuti, sebenernya yang paling susah adalah bagian full paper-nya, nah setelah lebih mahir dalam menggunakan Microsoft Word, itu sangat membantu dan mempermudah banget. Dulu sempat mengajukan pendanaan pengabdian desa dan penelitian PKM dari Kemendikbud, akhirnya aku bisa berhasil mendapatkan pendanaan dari Kemendikbud! Kalau formatnya gak sesuai, otomatis gak akan lolos. Nah ilmu dari SI ini juga sangat membantu di sini." 

Pengaruh Mentor MyEduSolve terhadap Pengembangan Diri

Dian mengungkapkan bahwa 1-on-1 mentoring sangat membantu dirinya dalam self development. Ia jadi lebih tahu cara-cara mengembangkan karier dan langkah-langkah yang perlu dipersiapkan untuk karier ke depannya. Dian juga mengatakan bahwa peran mentor bisa membantunya untuk semakin fokus karena awalnya ia masih bingung apakah harus melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau melakukan hal lainnya.

Perubahan yang Dian rasakan yakni ia bisa menjadi morning person, karena sewaktu mentoring career ia diajari untuk mengubah habit atau kebiasaan tersebut secara konsisten, nah akhirnya Dian yang sekarang, sudah tidak memerlukan alarm lagi dan bisa bangun pagi.

Dian juga mengatakan, hal yang ia dapatkan selama mengikuti program Studi Independen bersertifikat di MyEduSolve khususnya pada sesi 1-on-1 mentoring, ia menjadi lebih mengenal diri sendiri dan persiapan karier lebih matang serta mengetahui skill-skill apa saja yang penting dalam dunia kerja.

 Baca juga: Pendaftaran Studi Independen Batch II Telah Dibuka!

Article Tag:

studi independen bersertifikat,kampus merdeka

Category:

Studi Independen

Written By

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

Articles Info

author:Silvia Chandra

Silvia Chandra

Lomba, Mapres, dan Studi Independen: Pengembangan Diri Ala Dian Tri Larasati

Posted: Friday, Nov 26, 2021

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

studi independen bersertifikat,kampus merdeka

Category:

Studi Independen

Share:

574

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.