Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Landing Page, Apa Saja Fitur dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Landing page adalah halaman yang akan dilihat pengunjung ketika membuka tautan yang disebar di e-mail, iklan digital, Google, YouTube, Instagram, dan platform sejenis lainnya di internet.

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Friday, Feb 24, 2023

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Landing Page, Apa Saja Fitur dan Manfaatnya Bagi Bisnis cover

Istilah landing page mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu yang berkecimpung di industri digital marketing. Keberadaan landing page sangat berpengaruh pada performa website dan strategi promosi perusahaan di dunia maya.

Yuk, ketahui lebih jauh lagi mengenai apa itu landing page dan apa perannya pada pemasaran bisnis sebuah perusahaan yang akan dirangkum dalam artikel ini.

Pengertian Landing Page

Landing page adalah halaman yang akan dilihat pengunjung ketika membuka tautan yang disebar di e-mail, iklan digital, Google, YouTube, Instagram, dan platform sejenis lainnya di internet.

Setelah klik tautan tersebut, user akan membuka halaman landing page yang berisi promosi. Apabila pengunjung tertarik, biasanya akan diminta mengisi data diri berupa alamat e-mail, nama, nomor telepon, alamat, usia, dan jenis kelamin.  

Landing page memang sengaja dibuat untuk mempermudah kampanye promosi suatu produk dan jasa. Tujuan utama landing page adalah menggiring user agar mau menggunakan atau membeli produk yang ditawarkan serta menaikkan angka conversion rate.

Istilah conversion rate merujuk pada angka pengunjung yang berhasil terbujuk kampanye promosi dan melakukan tindakan dalam suatu kampanye. Misalnya mendaftar sebagai anggota, mencoba gratis dalam satu bulan, membeli produk, mengunduh, dan sebagainya.

Jadi, biasanya dalam landing page, akan ditampilkan sedikit informasi tentang produk dan jasa yang ditawarkan untuk mengedukasi calon konsumen. Kemudian, tersedia kolom khusus yang perlu diisi konsumen apabila mereka sudah yakin ingin membeli atau mencoba produk dan jasa yang ditawarkan.

Meski begitu, metode ini tidak efektif ke semua orang karena tidak semua pengunjung akan langsung tertarik. Bahkan ada juga yang hanya membaca dan melihat-lihat saja lalu meninggalkan halaman situs.

Baca juga: CTA: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Perbedaan Landing Page dengan Home Page

Lantas, apa yang perbedaan landing page dengan home page? Home page adalah halaman muka pada sebuah website milik individu atau perusahaan untuk menampilkan promosi produk, jasa, ataupun hanya sebagai pengenalan branding.

Dalam home page biasanya tersedia navigasi bar yang terdiri dari beberapa opsi untuk menentukan tindakan lebih lanjut dari user.

Selain itu, home page juga umumnya menyediakan banyak external link, sehingga user akan langsung diarahkan pada halaman lainnya dalam website yang sama, tujuannya menaikkan traffic pengunjung.

Berkebalikan dari home page, landing page adalah halaman situs yang bertujuan khusus untuk membantu kampanye iklan.

Landing page terdiri dari informasi singkat mengenai produk dan jasa sebagai edukasi pada calon konsumen.

Lalu, landing page juga tidak memiliki external link dan hanya mempunyai satu call to action guna menggiring user melakukan aksi seperti mengunduh, membeli, mencoba, mendaftar, atau aksi lainnya yang diinginkan dalam kampanye.

Baca juga: Email Marketing: Definisi, Manfaat, dan Cara Melakukannya 

Penggunaan Landing Page

Landing page sudah sangat umum digunakan dalam digital marketing. Jika menggunakan landing page, perusahaan akan terbantu dalam beberapa hal berikut:

  1. Mendistribusikan katalog promosi secara online.

  2. Menyebarluaskan kampanye iklan sesuai dengan target pasar.

  3. Menawarkan produk dan jasa langsung pada target konsumen.

  4. Mendapatkan data target konsumen.

  5. Menjadwalkan setiap ada promosi baru pada konsumen melalui e-mail atau Whatsapp.

Kegunaan dan Manfaat Landing Page bagi Bisnis

Tujuan utama landing page memang untuk membantu perusahaan dalam mempromosikan produk dan jasa, sehingga perannya sangat penting untuk memenuhi target marketing dan menaikkan angka penjualan. Lebih lanjut, berikut ini beberapa kegunaan dan manfaat landing page bagi bisnis.

  1. Media Kampanye Iklan

Landing page menjadi salah satu media kampanye iklan yang cukup efektif di era digital. Banyak perusahaan mulai membuat landing page demi menaikkan pendapatan dan penjualan bisnis mereka secara online.  

  1. Menambah Angka Konversi

Dalam dunia digital marketing, angka konversi atau conversion rate sangat penting. Dengan mengetahui angka konversi, perusahaan dapat mengukur keberhasilan strategi kampanye yang mereka buat dan menghitung keuntungan yang didapat.

  1. Memperoleh Data Pelanggan

Perusahaan dapat mengumpulkan data pelanggan menggunakan landing page. Sebab, konsumen harus mengisi identitas diri jika ingin membeli produk atau memakai jasa yang ditawarkan.

Jika perusahaan sudah mendapatkan data pelanggan, data tersebut akan diolah oleh data analyst agar perusahaan dapat membuat keputusan bisnis yang lebih menguntungkan di masa depan.

 Baca juga: Meta Ads: Pengertian, Manfaat, dan Fitur untuk Mengembangkan Bisnis

Cara Membuat Landing Page

Supaya mampu menarik target konsumen untuk mau mendaftar atau membeli produk, pastikan kamu sudah merancang landing page yang memikat. Bagaimana caranya? Yuk, simak cara-cara berikut.

  1. Pasang Foto yang Berkesan

Dalam merancang landing page yang bagus, jangan pernah abaikan peran visualisasi gambar. Sebab, hal pertama yang ditangkap mata pengunjung adalah visualisasi dari landing page tersebut. Maka, pasanglah foto berukuran besar, eye-catching, berkesan, tetapi sesuai dengan branding perusahaan.

Di samping itu, posisi peletakan foto juga penting. Sebaiknya letakkan foto di bagian atas halaman landing page, karena secara alami sudut mata manusia cenderung melihat di bagian atas terlebih dulu ketika pertama kali melihat sesuatu.

Namun, bisa juga foto diletakkan sebagai background, tapi cara ini cukup tricky karena jika tidak didesain dengan tepat dapat menutupi teks-teks penting pada landing page.

  1. Buatlah Kata-Kata yang Memikat

Peran copywriting sangat penting di sini, karena landing page sebaiknya tidak memuat terlalu banyak tulisan. Maka dari itu, buatlah kata-kata yang singkat, padat, tapi penuh makna sebagai headline. Lalu, tulis subheading dengan ringkas namun informatif.

Letakkan headline di bagian atas atau tengah landing page agar dapat terbaca jelas. Kemudian, teks subheading posisikan di bawah headline supaya seluruh informasi tersampaikan pada audiens.

Itu dia ulasan informasi mengenai landing page sebagai penambah wawasan kamu agar lebih familiar dengan dunia digital marketing. Jika kamu tertarik belajar digital marketing, bisa segera daftarkan diri ke kelas online Meta Digital Marketing Associate yang bagus untuk pemula atau jika kamu ingin switch karir.  Informasi lebih lanjut dapat kunjungi laman MyEduSolve.

Sumber:

What is a Landing Page? https://instapage.com/what-is-a-landing-page/ (Diakses Juni 2024)

What Is a Landing Page? Landing Page Examples + Guide https://www.semrush.com/blog/what-is-a-landing-page/ (Diakses Juni 2024) 

Landing Page vs Home Page: Key Differences Explained https://www.apexure.com/blog/landing-page-vs-homepage-key-differences-explained (Diakses Juni 2024)

Related Tags

Landing Page

1,846

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.