Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Landing Page: Apa Itu, Komponen, dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Memiliki landing page website yang bagus dapat memberikan segudang manfaat bagi bisnis kamu!

Posted: Friday, Feb 24, 2023

Share:

Landing Page: Apa Itu, Komponen, dan Manfaatnya Bagi Bisnis cover

Apakah kamu sedang mencari cara membuat landing page untuk website bisnis kamu?


Memiliki landing page ternyata bisa membantu bisnis kamu agar bisa mengalami kenaikan leads dalam usaha marketing.


Jika kamu ingin memulainya namun bingung harus mempersiapkan apa saja, maka dengan membaca artikel ini kamu akan mendapatkan jawabannya.


Kali ini, MyEduSolve akan menjelaskan kepadamu definisi, komponennya, serta berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan jika bisnismu memiliki landing page.


Maka dari itu, simak penjelasannya berikut ini, ya!


Apa Itu Landing Page

Menurut Unbounce, landing page adalah sebuah halaman pada website yang digunakan khusus untuk sebuah marketing campaign atau iklan pada bisnismu.


Pada umumnya, konsumen dapat mengunjungi landing page pada website melalui klik link dari beberapa channel seperti email, Google Ads, media sosial, dan lainnya.


Kemudian, saat link terbuka pengunjung akan diarahkan ke sebuah halaman pada website yang disebut sebagai landing page.


Menggunakan landing page pada bisnismu merupakan salah satu cara yang penting agar bisa mendapatkan informasi dari para pengunjung.


Pada tahap tersebut, pengunjung bisa memberikan informasi seperti nama, email, jenis kelamin, serta nomor telepon sehingga bisnis kamu masih bisa menjalin koneksi dengan pengunjung kedepannya.


Selain itu, kamu harus mengusahakan untuk membuat pengunjung nyaman saat mengunjungi landing page website.


Mengapa demikian? Karena saat pengunjung merasa nyaman, peluang mereka untuk melakukan aktivitas online hingga membeli produk akan jauh lebih meningkat.


Oleh karena itu, memiliki landing page menjadi salah satu strategi agar bisa meningkatkan conversion rate dalam digital marketing.


Baca juga: Software Architect: Apa Itu, Tugas, dan Skill yang Dimiliki


Komponen Landing Page

SEMrush menjelaskan dalam membuat sebuah landing page, kamu perlu memastikan beberapa komponen berikut ini harus ada di halaman landing page, seperti:


  1. Penulisan yang memikat pengunjung

Membuat tulisan yang unik dan menarik bisa membantu kamu untuk memikat pengunjung dalam melakukan aktivitas pembelian melalui landing page.


Namun, kamu perlu memperhatikan penggunaan bahasa serta kalimat penulisannya sesuai dengan demografi serta perilaku audiens bisnismu.


  1. CTA

CTA atau Call to Action berperan penting dalam landing page karena sifatnya yang mengajak pengunjung untuk melakukan sesuatu.


Pastikan kamu membuat tombol CTA yang jelas oleh pengunjung, sehingga bisa langsung di klik.


  1. Menawarkan manfaat produk

Saat pengunjung membuka landing page bisnis kamu, mereka akan langsung melihat apa manfaat yang bisa diraih saat membeli produk kamu.


Mereka juga akan mencari kenyamanan saat memakai produk kamu dalam jangka panjang dan sesuai kebutuhannya atau tidak.


  1. Memberikan konten social proof

Menyisipkan konten seperti hasil testimoni atau review konsumen setelah menggunakan produk kamu bisa meningkatkan pengunjung melakukan pembelian.


Hal tersebut yang dinamakan social proof dan bisa sangat efektif untuk mempercepat transaksi pembelian.


Baca juga: Email Marketing: Definisi, Manfaat, dan Cara Melakukannya


Manfaat Landing Page

Setidaknya terdapat 2 manfaat utama jika kamu memiliki landing page website bagi bisnis kamu.


Manfaat pertama adalah landing page bisa dipakai sebagai sarana mengumpulkan data informasi dari pengunjung potensial atau leads.


Hal tersebut sangatlah dijaga bagi bisnis karena diharapkan calon konsumen ini kedepannya akan melakukan pembelian produk.


Kemudian, manfaat kedua adalah landing page berguna agar bisa mempercepat transaksi pembelian.


Pada landing page, diusahakan tampilan halamannya minim distraksi dari tombol-tombol navigasi lainnya, sehingga halaman tersebut memang dipakai untuk pengunjung mengakses produk tertentu langsung.


Demikian penjelasannya, MESFriend! Jika kamu punya pertanyaan seputar tips karier dan kesehatan mental namun bingung harus bertanya ke siapa, bisa kamu ceritakan secara anonim ke HR Profesional dan Psikolog MyEduSolve melalui #TalkToDIAN, ya!

Related Tags

Landing Page

1,542

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.