2 Cara Mengedit Foto Menjadi Video Dengan Cepat

Bingung cara mengedit foto menjadi video dalam waktu yang cepat? Pelajari cara melakukannya di sini dengan dua aplikasi terbaik yang bisa kamu gunakan.

Posted: Wednesday, Feb 16, 2022

Updated: Wednesday, Feb 16, 2022

author:MyEduSolve

MyEduSolve

| Posted: Wednesday, Feb 16, 2022

Share:

2 Cara Mengedit Foto Menjadi Video Dengan Cepat cover

Saat ini developer berlomba-lomba memberikan fitur terbaik untuk mengedit foto menjadi video. Ini karena menggabungkan beberapa foto menjadi suatu video sedang populer dilakukan. Akibatnya semakin banyak aplikasi yang mengeluarkan fitur tersebut. Tidak hanya aplikasi, saat ini bahkan sudah ada website gratis yang bisa digunakan untuk mengedit foto dan mengubahnya menjadi video. Kita hanya perlu mengunggah foto-foto tersebut dan mengaturnya sesuai yang kita inginkan. Melakukannya tidak sulit, kamu bisa memperhatikan cara mengedit foto menjadi video di artikel ini. 

Cara Mengedit Foto Menjadi Video

Berikut ini adalah cara mengedit foto menjadi video dengan aplikasi Wondershare Filmora dan Adobe Photoshop.

1. Menggunakan Wondershare Filmora

Wondershare Filmora adalah software pengeditan video yang mudah untuk digunakan. Software satu ini sangat cocok bagi pemula yang baru saja masuk dalam dunia video editing. Fitur-fitur dan pengaturan yang sederhana, sangat memudahkan pengguna untuk mengedit tanpa harus menjadi seorang ahli terlebih dahulu. Untuk mengedit foto menjadi video, kamu hanya perlu membuka folder tempat kamu menyimpan foto-foto yang ingin diedit. 

Drag semua foto tersebut dan tarik ke aplikasi Wondershare Filmora. Kamu juga bisa melakukannya dengan klik “File” dan klik “Import Media”. Selanjutnya kamu hanya perlu menarik foto ke bagian pengeditan di bawah yang memiliki tampilan waktu. Di sana, kamu bisa mengatur berapa lama waktu bagi setiap foto ditampilkan dalam video yang ingin kamu buat. Ulangi proses yang sama untuk setiap foto yang ingin kamu satukan menjadi video. 

Setelah selesai, kamu bisa menambahkan musik sebagai latar dari video. Kamu bisa menggunakan musik yang ada di laptop atau menggunakan musik dari Wondershare Filmora, tinggal klik bagian “Audio”. Tambahkan tulisan atau transisi untuk membuat video kamu semakin menarik dan kamu bisa klik “Export” saat sudah selesai melakukan pengeditan. 

Baca juga: 6 Manfaat Sertifikasi Adobe Bagi Peluang Karier

2. Menggunakan Adobe Photoshop

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi satu ini. Kalau begitu langsung saja kita masuk ke dalam pembuatan foto menjadi video. Meskipun lebih sering digunakan untuk mengedit foto, Adobe Photoshop bisa kamu pakai untuk membuat foto menjadi video. Secara umum, proses melakukannya hampir sama dengan Wondershare Filmora. 

Pertama kamu perlu memasukkan semua foto yang ingin kamu jadikan video dengan klik “File” dan klik “Open”. Kemudian klik gambar pertama dan kotak “Image Sequence”. Pada kotak tersebut, kamu bisa memilih beberapa opsi frame per detik dari foto tersebut. Semakin banyak frame per detik, semakin lama durasi foto ditampilkan. 

Baca Juga: 4 Cara Mengurutkan Data di Excel secara Mudah

Jadi kamu bisa menyesuaikan sesuai dengan keinginan. Ulangi proses yang sama hingga semua foto yang ingin kamu gunakan sudah masuk dalam video yang ingin kamu buat. Saat semua sudah selesai, kamu bisa melakukan render video terlebih dahulu dan klik “Export” setelahnya. 

Melakukan render akan membuat transisi dari satu foto ke foto yang lain dalam video berjalan mulus. Sebelum menutup Adobe Photoshop, pastikan kamu telah menonton ulang hasil video yang baru saja kamu buat, untuk memastikan video tersebut telah sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Jika ada yang kurang, kamu bisa kembali melakukan pengeditan di Adobe Photoshop. 

Baca juga: Pelajari Beragam Fungsi Adobe Creative Cloud Melalui Adobe Bootcamp

Itulah dua cara mengedit foto menjadi video yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan cepat. Apabila kamu ingin meningkatkan kemampuan dalam mengedit video, kamu bisa mempelajarinya dengan mengambil sertifikasi Visual Design using Adobe Photoshop dan Digital Video using Adobe Premiere Pro. Kedua sertifikasi ini bisa kamu ambil dari rumah dengan mudah hanya di MyEduSolve

Sertifikasi yang berhasil kamu dapatkan tidak akan terbuang sia-sia, justru ini adalah investasi untuk pekerjaan di masa yang akan datang. Kamu bisa mengikuti pelajaran dengan waktu yang bisa kamu atur sendiri, sehingga kamu tetap bisa fokus melakukan pekerjaan yang harus dilakukan. Let’s get certified and be qualified!

Article Tag:

Cara Mengedit Foto Menjadi Video

Category:

Pengembangan Skill

Written By

author:MyEduSolve

MyEduSolve

Articles Info

author:MyEduSolve

MyEduSolve

2 Cara Mengedit Foto Menjadi Video Dengan Cepat

Posted: Wednesday, Feb 16, 2022

Updated: Wednesday, Feb 16, 2022

Article Tag:

Cara Mengedit Foto Menjadi Video

Category:

Pengembangan Skill

Share:

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.