Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Ini Dia Profesi yang Paling Banyak Diminati oleh Gen Z

Macam-macam profesi yang sangat diminati di kalangan Gen Z

Posted: Wednesday, Apr 26, 2023

Share:

Ini Dia Profesi yang Paling Banyak Diminati oleh Gen Z cover

Halo, MESFriend! Gen Z merupakan generasi yang seringkali identik dengan mereka yang terlalu pemilih dan gampang sekali teriak mental health pada beberapa kesempatan! Atau mungkin kamu juga merupakan salah satu bagian dari Gen Z? Tentunya profesi merupakan salah satu perhatian khusus yang sering kali buat kamu pusing, bukan? Gen Z sering dihadapkan dengan pilihan passion atau kebutuhan. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan bahas tuntas macam-macam profesi apa saja yang paling cocok untuk Gen Z. Mau tahu lebih jauh pembahasannya? So, keep scrolling and don't miss out on this exciting topic!

Siapa Sebenarnya GEN Z

Generasi Z, atau disebut juga sebagai "iGen" atau "Post-Millennials", adalah kelompok orang yang lahir antara pertengahan 1990-an hingga awal 2010-an, setelah Generasi Y atau "Millennials". Berikut adalah beberapa karakteristik umum Generasi Z:

Digital Natives: Gen Z tumbuh di era digital yang sangat terkoneksi, di mana teknologi digital, internet, dan media sosial menjadi bagian integral dari hidup mereka sejak dini. Mereka memiliki pemahaman yang kuat tentang teknologi dan seringkali memiliki keterampilan digital yang baik.

Multitasking: Gen Z dikenal sebagai generasi yang mampu melakukan banyak tugas sekaligus, seringkali menghadapi banyak informasi yang berbeda secara bersamaan. Mereka terbiasa beradaptasi dengan cepat dengan perubahan teknologi dan lingkungan yang dinamis.

Inklusif & Diversity: Gen Z tumbuh dalam era di mana isu-isu keberagaman, inklusi, dan kesetaraan menjadi perhatian yang lebih besar. Mereka cenderung menghargai keragaman dalam segala bentuk, seperti suku, agama, orientasi seksual, identitas gender, dan lainnya.

Aktivis Sosial: Gen Z seringkali dikenal sebagai generasi yang peduli terhadap isu-isu sosial dan lingkungan. Mereka cenderung berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial, kampanye advokasi, dan gerakan sosial untuk mengadvokasi perubahan positif dalam masyarakat.

Meski tidak semua Gen Z memiliki karakteristik yang sama, akan tetapi keempat karakteristik tersebutlah yang berperan penting dalam menghasilkan individu yang unik dan berbeda dibandingkan generasi sebelum-sebelumnya. Mengenai anggapan bahwa Gen Z merupakan generasi yang memiliki mental lemah adalah stereotip yang tidak seharusnya digeneralisasi. Generasi Z memiliki beragam potensi dan kemampuan untuk menghadapi tantangan di eranya.


Source: freepik.com

Macam-macam Profesi yang Paling Banyak Diminati Gen Z

Gen Z merupakan generasi penerus yang akan menjadi tulang punggung negara di masa mendatang. Oleh karena itu, penting untuk memahami apa saja macam-macam profesi yang paling cocok dan diminati oleh mereka. Sebelum masuk ke pembahasan inti, untuk kamu para generasi muda Indonesia yang tertarik dengan bidang teknologi, kamu bisa ikut Sertifikasi IT Specialist dari MyEduSolve yang siap menjembatani kamu semua untuk mulai berkarier di industri IT.

1. Profesi di Bidang Teknologi

Generasi Z cenderung gemar bekerja di bidang teknologi karena mereka telah tumbuh dalam era digital yang sangat maju. Gen Z telah tumbuh bersamaan dengan akses teknologi yang juga semakin berkembang, seperti komputer, internet, dan perangkat mobile sejak usia dini, hal tersebut telah membentuk pola pikir dan keterampilan mereka. Mereka terbiasa dengan penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari mereka, seperti media sosial, aplikasi, dan perangkat lunak. Selain itu, bidang teknologi menawarkan peluang kerja yang menarik dan inovatif, yang sesuai dengan minat mereka dalam eksplorasi, kreativitas, dan kepemimpinan. Dalam bidang teknologi, mereka dapat merasakan cepatnya perkembangan industri, berkontribusi dalam menciptakan solusi revolusioner, serta memiliki fleksibilitas dan mobilitas kerja yang tinggi membuat mereka menjadi generasi yang gemar bekerja di berbagai macam-macam profesi pada bidang teknologi.

2. Profesi di Industri Kreatif

Macam-macam profesi yang paling identik dengan Gen Z selanjutnya adalah kecenderungan mereka yang mana lebih memilih bekerja di industri kreatif karena mereka sangat terhubung dengan budaya pop, seni, dan kreativitas dalam kehidupan sehari-hari mereka. Mereka tumbuh dalam era di mana konten kreatif, seperti musik, film, dan seni visual, menjadi sangat relevan dan dapat diakses dengan mudah melalui platform digital. Gen Z juga telah terbiasa dengan kebebasan berekspresi dan berbagi ide secara online, yang telah mengasah kemampuan kreatif mereka. Industri kreatif sering kali memberikan fleksibilitas dan otonomi kerja yang tinggi, memungkinkan Gen Z yang sangat memuja passion lebih leluasa dalam mengatur waktu dan tempat kerja mereka dengan cara yang mereka inginkan. Kemungkinan untuk berkolaborasi dengan beragam individu yang kreatif juga merupakan daya tarik bagi Gen Z, yang cenderung menghargai kerja sama dan inklusivitas. Semua alasan ini membuat industri kreatif menjadi pilihan menarik bagi Gen Z dalam memilih macam-macam profesi yang menghasilkan.

3. Profesi di Sosial Media

Masih berkaitan dengan industri kreatif. Sosial media merupakan platform yang dapat digunakan sebagai sumber pendapatan bagi Gen Z yang pintar melihat peluang. Seiring dengan perkembangan teknologi dan digitalisasi, sosial media telah menjadi platform yang dapat dimanfaatkan untuk mencari uang dalam berbagai cara. Berikut bagaimana sosial media dapat digunakan sebagai sumber pendapatan para Generasi Z ini:

Influencer: Banyak Gen Z hari ini yang menggunakan akun sosial media mereka yang memiliki pengikut besar untuk mempromosikan produk atau layanan tertentu dalam bentuk endorsement atau kolaborasi berbayar dengan merek atau perusahaan.

Sales: Sosial media juga merupakan platform yang sangat memungkinkan untuk menghasilkan closing sales dan promosi bisnis atau produk tertentu kepada audiens yang relevan.

Freelancer: Sebagai generasi yang lebih gemar menciptakan sistem untuk dirinya sendir, Gen Z seringkali memanfaatkan sosial media sebagai platform untuk freelance commission untuk tiap skill yang mereka miliki.

Streamers: Bagi Gen Z tidak harus tampil di layar TV untuk memperoleh engagement tinggi. Platform sosial media, seperti YouTube, Instagram Live, TikTok, Patreon memungkinkan Gen Z untuk menghasilkan uang melalui iklan, donasi, atau langganan dari konten yang mereka buat, seperti video, live streaming, atau konten kreatif lainnya.

4. Profesi di Bidang Keuangan

Bagi Gen Z bidang keuangan tidak melulu Bank atau akuntansi. Bidang keuangan merupakan bidang kompleks yang dapat menjadi salah satu pilihan macam-macam profesi bagi Gen Z. terutama bagi mereka yang memiliki minat dan kemampuan dalam bidang ini, Gen Z juga merupakan generasi yang tumbuh dengan akses luas terhadap teknologi dan informasi tentang keuangan dan investasi.

Beberapa alasan mengapa Gen Z mungkin tertarik untuk memilih beberapa macam-macam profesi di bidang keuangan antara lain:

Potensi penghasilan yang menarik: Bidang keuangan seringkali dikenal sebagai bidang yang dapat memberikan penghasilan yang cukup tinggi, terutama dalam posisi-posisi yang lebih senior atau dalam bidang investasi yang tidak terbatas.

Kesempatan untuk belajar dan berkembang: Bidang keuangan menawarkan banyak peluang untuk belajar dan mengembangkan keterampilan, terutama dalam analisis keuangan, manajemen risiko, dan pemahaman tentang pasar modal dan investasi.

Permintaan pasar yang tinggi: Keberlanjutan ekonomi dan pertumbuhan bisnis memerlukan keahlian di bidang keuangan, seperti akuntansi, perencanaan keuangan, manajemen investasi, dan lain sebagainya, sehingga dapat menjadi pilihan yang menarik bagi Gen Z yang mencari stabilitas karier.

5. Profesi di Bidang Agency Digital Marketing

Berdasarkan tren saat ini, digital marketing menjadi salah satu bidang yang menarik bagi banyak orang, termasuk Generasi Z. terdapat beberapa alasan mengapa banyak anggota Gen Z tertarik memilih mendalami macam-macam profesi di agency digital marketing:

Keterampilan Digital: Gen Z tumbuh di era digital, sehingga mereka memiliki pemahaman yang mendalam tentang media sosial, teknologi, dan tren digital. Mereka cenderung memiliki keterampilan digital yang kuat, termasuk penguasaan platform media sosial, analitik web, SEO, dan periklanan digital, yang membuat mereka cocok untuk bekerja di bidang digital marketing.

Kreativitas: Gen Z seringkali dikenal sebagai generasi yang kreatif dan inovatif. Agency digital marketing memerlukan kreativitas untuk menghasilkan kampanye pemasaran yang menarik dan efektif untuk klien. Gen Z adalah gudang perspektif segar dan ide-ide kreatif yang dapat berkontribusi dalam menghadirkan solusi pemasaran yang inovatif.

Fleksibilitas: Agency digital marketing seringkali memberikan fleksibilitas dalam hal tempat kerja dan waktu kerja, termasuk kerja jarak jauh (remote) dan jam kerja yang fleksibel. Gen Z cenderung menghargai fleksibilitas ini karena mereka menghargai keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Potensi Pertumbuhan Karier: Digital marketing merupakan industri yang terus berkembang dengan cepat. Gen Z yang memilih profesi di bidang ini dapat memiliki peluang untuk mengembangkan keterampilan, mengejar sertifikasi, dan naik pangkat dalam karier mereka. Beberapa anggota Gen Z mungkin melihat potensi pertumbuhan karier yang menarik dalam industri ini.

Kita telah mengenal Gen Z sebagai generasi yang berani, kreatif dan melek digital.  Mereka menyukai tantangan dan suka berinovasi. Hal ini membuat macam-macam profesi tertentu sangat cocok diisi oleh mereka para Generasi Z ini.

Nah, untuk kamu para Gen Z yang sedang mempersiapkan karier, bisa banget mempersiapkan kariermu bersama MyEduSolve di program DIAN yang akan membantu kamu untuk mencapai tujuan karier impianmu. Pada program DIAN kamu akan dibantu langsung oleh konsultan karier profesional secara intensif atau melalui webinar eksklusif dengan topik menarik, relevan dan terkini yang akan memberikan jawab untuk seluruh macam-macam profesi dan masalah kariermu.


Articles Info

author:undefined
myedusolve

Ini Dia Profesi yang Paling Banyak Diminati oleh Gen Z

Posted: Wednesday, Apr 26, 2023

Updated: Wednesday, Apr 24, 2024

Related Tags

profesi
pekerjaan gen z
peminatan karir

1,368

Recommended Articles