Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

HTML5: Pengertian, Fitur, dan Perbedaannya dengan HTML

HTML5 telah merevolusi dunia web development dengan kemampuannya yang luar biasa. Terdapat serangkaian fitur baru yang mendukung pembuatan website yang lebih interaktif, simak selengkapnya di artikel ini!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Wednesday, Dec 13, 2023

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

HTML5: Pengertian, Fitur, dan Perbedaannya dengan HTML cover

Mungkin kamu sudah sering mendengar istilah HTML, tapi pernahkah kamu mendengar HTML5? Bagi kamu yang masih pemula di dunia IT, terutama di bidang pengembangan website, kamu wajib tahu apa itu HTML5 dan apa saja perbedaannya dengan HTML.

Yuk, simak penjelasan lengkapnya pada artikel berikut ini.

Pengertian HTML5

Seperti yang sudah kamu tahu HTML atau Hypertext Markup Language adalah bahasa markup yang digunakan pada situs website. Nah, HTML5 merupakan versi ke-5 dari pengembangan HTML versi pertama yang pertama kali diperkenalkan tahun 2014.

Menjadi versi pembaruan dari HTML sebelumnya, HTML5 sudah diperbaiki dan memiliki beragam fitur tambahan baru supaya pengguna mendapatkan pengalaman yang lebih menyenangkan.

Fitur-fitur tambahan yang ditawarkan di HTML5 seperti ada tambahan multimedia, hypertext, text tan link, sampai dokumen interaktif. Di samping itu API (Application Programming Interfaces) dan DOM (Document Object Model) juga mulai diperkenalkan di HTML5.

Baca juga: HTML Adalah: Definisi, Komponen, dan Fungsi Bagi Website

Fitur yang Ditawarkan di HTML5

Pembaruan HTML5 menawarkan cukup banyak fitur baru yang menarik dibandingkan versi pendahulunya. Bahkan saat ini HTML5 menjadi bahasa markup yang sering digunakan oleh pengembang website. Yuk, ketahui apa saja fitur baru yang ditawarkan HTML5.

  1. Terdapat fitur multimedia yang mendukung audio dan video. Pengguna bisa menambahkan tag <audio> dan <video>.

  2. Memperkenalkan elemen grafis terbaru, misalnya gambar vektor dan tag.

  3. Bisa menambahkan konten semantic dengan menambahkan tag: <header><footer>, <article>, <section>, dan <figure>.

  4. Pengguna bisa memindah-mindahkan objek di website hanya dengan diseret (drag) ke tempat yang diinginkan.

  5. Bisa menambahkan fitur lokasi (geo-location) yang bisa membantu untuk menemukan lokasi geografis pemilik website.

  6. Dapat menyimpan data di browser pengguna karena ada fasilitas memori penyimpanan web.

  7. Memungkinkan web developer menggunakan SQL sebagai database untuk mengumpulkan dan menyimpan data secara offline.

  8. HTML5 memungkinkan menggambar berbagai bentuk, seperti lingkaran, segitiga, persegi, dan sebagainya.

  9. Dapat memperbaiki sintaksis yang salah.

  10. Mampu mendeklarasi DOCTYPE dengan mudah.

  11. Bisa menulis karakter encoding, misalnya <meta charset=”UTF-8”>.

Baca juga: Progressive Web App (PWA), Definisi, Keunggulan, dan Cara Membuatnya! 

Perbedaan HTML dan HTML5

Setelah mengetahui fitur-fitur baru yang ditawarkan, berikut ini perbedaan mendasar antara HTML dengan HTML5.

  1. HTML5 sudah mendukung kualitas audio dan video tingkat tinggi dibandingkan HTML versi terdahulu.

  2. HTML5 dapat menambahkan gambar grafis vektor, kanvas, SVG. Sementara itu, untuk menambahkan gambar grafis vektor di HTML lama harus menggunakan dukungan teknologi lain, misalnya VML, Flash, dan Silverlight.

  3. HTML5 dapat mengoperasikan JavaScript melalui browser. Lain halnya dengan HTML, JavaScript hanya bisa beroperasi di thread antarmuka web browser.

  4. HTML5 memungkinkan pengguna memakai MathML dan SVG.

  5. HTML5 sudah mendukung form control baru. Contohnya tanggal dan waktu, nomor, rentang, URL, penelusuran, dan e-mail.

  6. HTML versi lama tidak bisa menyimpan cache sementara, tapi hanya bisa memanfaatkan cache browser. Sedangkan HTML5 memanfaatkan database SQL untuk menyimpan cache sementara.

  7. Elemen yang tersedia di HTML ada: isindex, noframes, acronym, font, basefont, applet, dir, frame, center, strike, big, dan tt. Sementara itu, HTML5 sudah memiliki elemen-elemen baru yang berperan penting, misalnya: summary, time, aside, audio, command, data, datalist, dan masih banyak lagi.

Keunggulan HTML5 Dibandingkan HTML Seri Sebelumnya

Jika dibandingkan antara HTML5 dengan HTML versi sebelumnya, tentunya HTML5 sudah mengalami pengembangan cukup pesat, sehingga banyak keunggulan yang dirasakan pengguna yang tidak terdapat di seri pendahulunya. Memangnya apa saja keunggulan yang diberikan HTML5?

  1. Bisa Mengatasi Eror dengan Baik

Dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya, HTML5 dapat mengatasi eror seperti kode HTML yang kurang sempurna dengan sangat baik, sehingga memudahkan pekerjaan website developer.

  1. Tidak Lagi Menggunakan Sintaksis yang Rumit

Apabila menggunakan HTML versi lama, website developer wajib memakai tag <div> di semua elemen untuk memberi tanda atau kategori di halaman website. Namun, pada HTML penulisan sintaksis lebih sederhana. Maka, website developer pun akan sangat terbantu saat menulis kode di website yang memerlukan struktur rumit.

  1. Sudah Mendukung Audio dan Video Berkualitas

Pada versi-versi sebelumnya, HTML belum bisa menambahkan konten audio dan video berkualitas. Akan tetapi, setelah dilakukan pengembangan, HTML5 sudah mendukung konten audio dan video, misalnya dengan menyertakan attribute control tombol putar dan pause pada audio player.

  1. Bisa Membuat Aplikasi Web yang Lebih Dinamis

HTML versi lama belum mendukung konten dinamis karena website developer masih memakai bahasa pemrograman JavaScript dan Flash. Namun, di HTML5 sudah bisa menampilkan konten interaktif karena memiliki elemen-elemen baru tanpa perlu memakai JavaScript dan Flash.

  1. Bisa Menyimpan Informasi Lokal

Salah satu keunggulan lain dari HTML5 adalah dapat menyimpan informasi secara lokal, karena sistem penyimpanan datanya telah diubah dengan localstorage untuk menggantikan sistem cookies yang hanya memiliki penyimpanan terbatas. Selain itu, chace sementara pada HTML5 juga tersimpan di database, sehingga penampungan data lebih banyak dan penyimpanannya lebih aman.

Meski begitu, HTML5 masih memiliki kelemahan, yaitu HTML5 hanya bisa didukung di browser versi terbaru. Selain itu, untuk membuat website di HTML5, website developer harus menulis kode panjang yang tentunya memakan waktu.

Baca juga: Jenis-jenis Pengembangan Aplikasi yang Sedang Tren di 2023

Itu dia penjelasan lengkap seputar apa itu HTML5, fitur-fitur barunya, hingga keunggulan yang ditawarkan HTML5. Dibandingkan versi pendahulunya, HTML5 sudah memiliki fitur lengkap untuk mendukung kebutuhan website canggih di masa kini.

Jika kamu ingin memperdalam pengetahuan tentang HTML5, yuk daftarkan diri ke program sertifikasi IT Specialist: HTML5 Application Development Certification dari MyEduSolve. Akses laman MyEduSolve untuk dapatkan info menarik lainnya.

Sumber:

HTML5 | Introduction https://www.geeksforgeeks.org/html5-introduction/ (Diakses November 2023)

Related Tags

HTML5
Teknologi

928

Recommended Articles

Excel Tidak Bisa di Edit? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya cover

Posted: 12 days ago

12 Min Read

Tips & Trik Dapat Pekerjaan dari Virtual Job Fair cover

Posted: 3 years ago

10 Min Read

Belajar Cara Menggunakan Adobe Animate untuk Pemula cover

Posted: 2 years ago

9 Min Read

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.