Heero Ramadhana Sipayung Meraih Medali Perunggu di Microsoft Office Specialist World Championship

Heero Ramadhana Sipayung berhasil meraih 3rd Place Microsoft Office Specialist 2022 kategori Microsoft Excel di California.

Posted: Thursday, Aug 11, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

author:Kenanga Admin

MyEduSolve

| Posted: Thursday, Aug 11, 2022

Share:

Heero Ramadhana Sipayung Meraih Medali Perunggu di  Microsoft Office Specialist World Championship cover

Heero Ramadhana Sipayung, siswa SMA Pradita Dirgantara, perwakilan Indonesia untuk Microsoft Office Specialist (MOS) World Championship kategori Microsoft Excel (Microsoft 365 Apps & Office 2019) berhasil meraih juara 3. Juara 1 MOS Excel 2019 diraih oleh Duy Phong Nguyen (Vietnam), juara 2 diraih oleh Nikolaos Rapanis (Yunani), dan juara 3 diraih oleh Heero Ramadhana Sipayung (Indonesia). Untuk pertama kalinya, Indonesia berhasil masuk dalam 3 besar kejuaraan internasional Microsoft Office Specialist (MOS) World Championship 2022 yang diadakan pada tanggal 24-27 Juli 2022 di Anaheim, California, Amerika Serikat.  Microsoft Office Specialist World Championship tahun ini diikuti sebanyak 21 negara.



Gagal di MOS National Championship 2021

Pada tahun 2021, Heero menjadi salah satu peserta di MOS National Championship yang diadakan oleh MyEduSolve, tetapi namanya tidak terekam dalam daftar. Sungguh aneh memang takdir Tuhan, sebab jika ia terdaftar pun hasilnya belum maksimal dan tidak menjadi juara 1. Ternyata Tuhan sudah menyiapkan rencana lebih besar untuk Heero, ia mencoba lagi di tahun 2022 dan berhasil meraih juara 1 MOS National Championship kategori Microsoft Excel. Tidak berhenti sampai disitu, jika di tahun 2021 MOS World Championship diadakan secara online, di tahun 2022 ini diadakan secara in person atau diadakan langsung di Anaheim, California, Amerika Serikat. Sebuah takdir Tuhan yang sangat besar bukan? 


Tertarik Dengan Data dan Ingin Menjadi Data Scientist

Heero, seorang siswa kelas 2 SMA Pradita Dirgantara menjadi satu-satunya siswa SMA yang mewakili Indonesia di MOS World Championship. Microsoft Excel merupakan salah satu kategori yang cukup rumit, memainkan berbagai rumus dan mengolah berbagai data. Lantas apa yang membuat Heero tertarik dengan Microsoft Excel?


“Saya sudah mengenal Microsoft Excel sejak SMP, ketika memasuki SMA saya merasakan ketertarikan dengan yang namanya data. Microsoft Excel sangat membantu saya untuk lebih mudah dalam mengolah data-data tersebut. Kedepannya pun saya juga ingin menjadi Data Scientist, saya berpikir dengan saya mengambil sertifikasi Microsoft Office Specialist ini akan meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri saya terhadap skill Microsoft Excel yang saya punya.”, kata Heero saat ditanya alasan memilih Microsoft Excel.


Dukungan Dari Guru, Teman, dan Keluarga Bagi Heero

Kesuksesan yang diraih Heero di MOS World Championship tahun 2022, tidak dapat dilepaskan dari dukungan orang-orang di sekitarnya, yang baginya sangat berperan penting dalam kompetisi ini. 


They are really supportive, all of them. Para guru dan pembina, memberikan kelonggaran kepada saya untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah, seperti memberikan waktu tambahan sehingga saya bisa menyelesaikan tugas-tugas dengan baik. Dan yang paling suportif adalah ibu saya. Ibu membantu menyiapkan saya secara fisik maupun mental. Walaupun kami berada di kota yang berbeda, tetapi beliau tetap ikut mempersiapkan diri saya.”, kata Heero.


Persiapan Heero Menuju World Championship

Heero bersama 2 perwakilan MOS lainnya, Asa dan Ardy, telah mengikuti kelas intensif yang difasilitasi oleh MyEduSolve selama 18 minggu. Jeddika Ciangga, mentor MOS di MyEduSolve mengatakan bahwa persiapan di tahun 2022 berbeda dengan sebelumnya. Pada tahun ini, para perwakilan MOS lebih ditekankan pada real life study case

“Ketika 2021 saya menekankan masalah teknis, seperti pengaplikasian rumus-rumus di Microsoft Office. Nah di tahun 2022 ini saya fokus di real life study case. Untuk di Excel, Heero belajar bagaimana kita membersihkan data, mencari data, memproses data, melakukan visualisasi data, bagaimana kita dapat memberikan informasi yang menarik melalui excel. Selain dari real life study case, saya juga tekankan pada problem solving.”, kata Jeddika saat diwawancara mengenai persiapan MOS World Championship.


“Bersama dengan para perwakilan MOS lainnya (Word dan PowerPoint), kami dilatih secara intensif setiap 2 kali seminggu oleh mentor kami, Kak Jeddika Ciangga. Di pelatihan ini kami diberi wawasan untuk mempersiapkan kami di World Championship tahun ini.”, kata Heero.


Menjadi Juara 3 Dunia dan Membawa Pulang Medali Untuk Indonesia

Walau persiapannya terlihat belum cukup matang, namun Heero berhasil membawa pulang medali perunggu untuk Indonesia. Untuk pertama kalinya, Indonesia berhasil membawa pulang medali dari kompetisi Microsoft Office Specialist World Championship.


“Tentu saja bahaya karena saya merasa ini unexpected. Di awal saya merasa pesimis karena saya merasa kurang baik dalam mengerjakan soalnya, tetapi saya ingin mengutip satu pesan dari Michelle Poler bahwa kita harus fokus kepada hasil terbaik. Maka saya sudah membayangkan bagaimana jika saya berhasil menjadi juara dunia.”, kata Heero saat diwawancara setelah pengumuman pemenang MOS World Championship.

Apakah kamu sudah siap menjadi juara selanjutnya dan mewakili Indonesia di World Championship?

Article Tag:

microsoft officemicrosoft excelmicrosoft office 365competitionworld championship

Category:

Inspirasi

Written By

author:Kenanga Admin

MyEduSolve

Articles Info

author:Kenanga Admin

MyEduSolve

Heero Ramadhana Sipayung Meraih Medali Perunggu di Microsoft Office Specialist World Championship

Posted: Thursday, Aug 11, 2022

Updated: Monday, Sep 26, 2022

Article Tag:

microsoft officemicrosoft excelmicrosoft office 365competitionworld championship

Category:

Inspirasi

Share:

345

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.