Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Ujian Sertifikasi Microsoft

Pertajam karir dengan menjadi microsoft office specialist bersama MyEduSolve penyedia sertifikasi terbaik yang diakui oleh secara global.

Posted: Thursday, Sep 14, 2023

Share:

Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Ujian Sertifikasi Microsoft cover

Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Ujian Sertifikasi Microsoft

Mempersiapkan diri sebelum menghadapi ujian sertifikasi Microsoft merupakan langkah penting untuk mencapai kesuksesan dalam mendapatkan sertifikasi. Sertifikasi internasional yang ditawarkan oleh Microsoft tersebut saat ini sangat banyak diminati oleh seluruh kalangan, mulai dari mahasiswa, dosen, guru, para pencari kerja hingga profesional yang ingin meningkatkan skill dalam menggunakan software Microsoft Office.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara menyeluruh mengenai berbagai hal yang perlu dipersiapkan sebelum menghadapi ujian sertifikasi Microsoft, mulai dari mekanisme, teknis ujian hingga strategi menghadapi berbagai jenis pertanyaan ujian, Mari simak hingga akhir.

Manfaat Memiliki Sertifikat Microsoft

Memiliki sertifikasi Microsoft Office Specialist tentu akan berdampak banyak pada perkembangan karir di dunia kerja. Berikut adalah manfaat utama dari memiliki sertifikat Microsoft.

Meningkatkan Kesempatan Karir

Seleksi karyawan di dunia kerja tidak bisa hanya dibuktikan melalui ucapan saja. Akan tetapi harus dibuktikan dengan menyertakan bukti fisik. Sertifikasi akan memvalidasi keterampilan yang kamu miliki. Di mata HRD calon karyawan yang tersertifikasi merupakan mereka yang telah lolos uji dan mampu mencapai produktivitas penuh apabila dibandingkan dengan karyawan yang tidak bersertifikat.

Kemampuan Menyelesaikan Tugas Lebih Baik

Mereka yang lulus sertifikasi tentunya adalah mereka yang sudah cakap dan menguasai seluruh keterampilan pada perangkat office. Penguasaan teknologi yang baik akan membantu meningkatkan produktivitas jauh lebih baik. Dengan begitu segala tugas-tugas akan bisa diselesaikan secara efektif dan efisien.

Peluang Promosi

Kesuksesan adalah ketika kesempatan bertemu dengan keterampilan. Para karyawan yang memiliki sertifikasi Microsoft tentunya akan lebih baik dalam menyelesaikan tugas-tugas kerja yang diberikan dengan lebih cerdas. Selain kemampuan diri yang lebih mumpuni sertifikasi juga merupakan kriteria yang seringkali harus dilampirkan untuk karyawan produktif yang ingin naik jabatan.

Persiapan Ujian Sertifikasi Microsoft

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar kamu dapat menghadapi ujian sertifikasi Microsoft Office dengan percaya diri. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat kamu coba:

Cari Informasi tentang Ujian

Ketahui lebih banyak tentang format ujian, jumlah soal, durasi, dan persyaratan nilai minimal untuk lulus. Informasi ini akan membantu kamu untuk lebih matang merencanakan strategi menjawab pertanyaan dan mengelola waktu dengan bijaksana saat ujian berlangsung.

Buat Jadwal Belajar Rutin

Tentukan jadwal belajar yang konsisten dan disiplin. Lakukan latihan setiap hari atau beberapa kali seminggu. Konsistensi adalah kunci dalam meraih kesuksesan dan mempersiapkan diri dengan baik.

Pilih Sertifikasi yang Dibutuhkan

Tentukan sertifikasi Microsoft mana yang sesuai dengan minat, keahlian, dan tujuan karir yang kamu butuhkan. Ada banyak pilihan sertifikasi yang mencakup berbagai bidang. Salah satu penyedia Sertifikasi Microsoft terbaik dan telah diakui Microsoft secara resmi adalah MyEduSolve. Tersedia banyak jenis pelatihan Microsoft office. Kamu tinggal pilih mau mempelajari yang mana. Memilih sertifikasi yang relevan dengan pekerjaan akan membantu fokus dalam persiapan karir yang lebih matang.

Pelajari Materi & Perkaya Referensi

Setiap sertifikasi memiliki materi ujian yang spesifik. Gunakan panduan resmi dari Microsoft, buku, video tutorial dan artikel untuk memahami topik-topik yang akan diujikan dalam tes. Luangkan waktu untuk memahami konsep, dan materi-materi yang akan diujikan. Microsoft Learning Platform menyediakan beragam materi belajar yang sangat berguna. Bergabung dengan komunitas online yang berfokus pada persiapan ujian sertifikasi juga akan sangat membantu untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Praktekkan dengan Latihan Soal

Lakukan latihan soal dan ujian praktek sebanyak mungkin. Ini akan membantu kamu memahami format ujian, mengukur kemajuan persiapan, dan menemukan kelebihan dan kekuranganmu. Pastikan bahwa kamu telah memahami dengan baik konsepnya maupun tata cara menjawab pertanyaan dalam batas waktu yang ditentukan.

Ikuti Pelatihan Resmi

Mengambil pelatihan resmi dari lembaga pelatihan yang diakui oleh Microsoft adalah solusi tepat yang harus kamu ambil agar mendapat materi sesuai dengan yang kamu butuhkan. Pelatihan resmi ini akan membantu kamu mendapatkan pemahaman mendalam tentang materi ujian dan memberikan persiapan yang lebih terstruktur.

Istirahat Cukup

Akan menjadi percuma apabila persiapan yang kamu upayakan telah berjalan baik, akan tetapi kamu malah kecapekan dan jatuh sakit ketika tanggal tes tiba. Agar berjalan lancar pikiran yang segar dan tenang adalah kuncinya. Pastikan kamu cukup tidur, makan dengan baik, dan jaga kesehatan secara menyeluruh.

Ingatlah bahwa persiapan yang matang dan dedikasi yang tinggi akan sangat membantu dalam meraih keberhasilan dalam ujian sertifikasi Microsoft. Semangat dan tetap berfokus pada tujuan akan membawa kamu lebih dekat pada pencapaian sertifikasi yang diinginkan. Selamat belajar dan semoga berhasil!

Referensi:

https://learn.microsoft.com/id-id/certifications/posts/microsoft-learn-why-get-certified 

Related Tags

microsoft office
microsoft office specialist
pengembangan diri
skill microsoft office

852

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.