Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Habit Tracker Adalah: Cara Ampuh Untuk Manajemen Waktu

Kenali apa itu Habit Tracker, fungsi, dan cara penerapannya dengan membaca artikel di bawah ini

Posted: Sunday, Mar 12, 2023

Share:

Habit Tracker Adalah: Cara Ampuh Untuk Manajemen Waktu cover


Habit Tracker dengan menggunakan list catatan


Manusia selalu melakukan aktivitas setiap harinya bahkan mulai dari bangun tidur hingga kembali tidur. Aktivitas yang dilakukan selama dua puluh empat jam ini yang akhirnya terbentuk pola. Maka dari itu, pola yang sama dan berulang akan menjadi suatu kebiasaan atau biasa disebut habit. Menurut Charles Duhigg (penulis buku “The Power of Habit”), habit merupakan sebuah kebiasaan yang secara otomatis mengarahkan ke berbagai perilaku dan mendatangkan efek ke dalam kehidupan pribadi karena kebiasaan dari perilaku sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita sendiri. Maka dari itu mulailah membuat kebiasaan yang baik dan bermanfaat supaya efek yang datang ke diri sendiri adalah efek yang positif.


Bicara tentang efek yang positif, apakah kamu pernah merasa bahwa habit yang kamu lakukan terasa membosankan? Tidak hanya membosankan, bahkan bisa saja habit tersebut tidak kamu lakukan secara enjoy sehingga banyak mengulur waktu dan akhirnya waktu kamu terbuang sia-sia.

Jika sudah merasakan hal tersebut terhadap habit kamu, baiknya kamu mulai menerapkan habit tracker supaya aktivitas kamu terstruktur dan waktu kamu tidak lagi terbuang sia-sia karena manajemen waktu juga akan ada di dalam habit tracker. Yuk, mari kita bahas apa itu habit tracker, kegunaan, dan pentingnya penerapan tersebut dalam manajemen waktu.

Pengertian Habit Tracker

Habit tracker adalah cara yang sederhana untuk mengukur untuk melakukan kebiasaan yang sedang direncanakan untuk menuju goals yang ditentukan. Cara sederhananya dapat secara manual seperti dengan membuat list jadwal kegiatan di buku catatan atau secara otomatis dengan menggunakan aplikasi. Keduanya sama-sama berguna untuk membantu tracking kegiatan kamu supaya terstruktur, pilihan penggunaan secara sederhana atau otomatis tergantung preferensi dan kenyamanan. 


Mengapa penerapan habit tracker penting dalam hidup? Setiap goals tidak bisa diraih secara instan, sehingga habit tracker dapat menjadi tips dalam hal dasar untuk mencapai suatu goals. Salah satu contoh habit tracker adalah kegiatan olahraga untuk mencapai diet sehingga memerlukan rangkaian jadwal dan kegiatan yang harus di-track agar dapat berjalan secara terstruktur. Berjalannya kegiatan secara terstruktur inilah yang akan mempermudah kamu mencapai goals dengan target waktu yang ditentukan, sehingga waktu mu tidak akan terbuang sia-sia. Namun kegiatan yang menggunakan habit tracker tidak hanya olahraga saja, apapun goals mu semua bisa kamu track agar kamu tidak lagi membuang waktu dengan sia-sia.

Fungsi Habit Tracker

Menerapkan habit tracker tentu akan berpengaruh ke dalam kehidupanmu terutama dalam manajemen waktu menjadi lebih terstruktur. Menurut James Clear fungsi habit tracker terbagi menjadi tiga yaitu:

 

  1. Pengingat untuk bertindak

Satu studi terhadap lebih dari seribu enam ratus orang menemukan bahwa mereka yang menyimpan catatan makanan harian kehilangan berat badan dua kali lebih banyak daripada mereka yang tidak. Habit tracker adalah cara sederhana untuk merekam jalan kesuksesan dan habit tracker dapat memicu keinginan untuk mengubahnya.

  1. Motivasi terbaik adalah diri sendiri

Habit tracker dapat menjadi motivasi diri kamu tanpa perlu dukungan dari pihak eksternal karena bentuk motivasi yang paling efektif adalah melihat adanya proses kemajuan tiap waktu. Saat kita mendapat sinyal bahwa kita sedang bergerak maju, kita menjadi lebih termotivasi untuk terus melanjutkan. 

  1. Memberi kepuasan atas perjuangan
    Goals yang kamu dapatkan dengan perjuangan pasti memberikan rasa puas untuk diri kamu sendiri. Habit tracker membuat kita terfokus pada proses untuk mencapai hasil yang diinginkan dengan kurun waktu yang tepat bukan waktu secara cepat. Maka dari itu pentingnya habit tracker tidak hanya membuat kamu fokus terhadap goals, tetapi juga membantu kamu dalam manajemen waktu yang baik.


Baca juga: Mengenal Manajemen Waktu dan Cara Melakukannya


Cara Menggunakan Habit Tracker

  1. Membuat template habit tracker

Bagi kamu yang tidak ingin ribet, template habit tracker sudah banyak beredar di internet jika kamu ingin mencatat secara manual. Namun jika kamu ingin menggunakan aplikasi, rekomendasi aplikasi habit tracker seperti EZ Habit, Habithub, dan masih banyak lagi yang tersedia di Play Store dan iOS.

  1. Buat rencana kegiatan yang ingin di-tracking

Apa goals mu dalam kurun waktu dekat ini? Menabung untuk konser, diet, bahkan upgrade skill bisa kamu wujudkan! Tips supaya gak kecolongan saat memulainya, kamu harus langsung catat ketika kamu selesai melakukannya.

  1. Tentukan kurun waktu yang ingin di-tracking

Kamu perlu menentukan waktu yang tepat bukan cepat untuk mencapai goals kamu. Harus diingat bahwa kamu harus fokus dengan prosesnya, sehingga kamu perlu mempertimbangkan hal lainnya karena kegiatan kamu selama seharian tidak hanya untuk mencapai goals kamu. 

  1. Lakukan evaluasi

Tentukan tiap waktu untuk evaluasi. Bisa satu minggu sekali, sebulan sekali, dua bulan sekali tergantung bentuk tiap goals kamu. Namun semakin dekat waktu yang ditentukan untuk evaluasi akan mempercepat kamu untuk mengambil keputusan agar dapat berjalan dengan lancar. 


Sudah ada yang membuktikan bahwa habit tracker telah mengubah pola hidupnya menjadi lebih terstruktur dari pengalaman Mamahfaza melalui cerita di blognya. MESFriend tertarik ingin terapkan habit tracker untuk mencapai goals namun merasa bingung goals apa yang perlu kamu tuju? Jangan ragu untuk ceritakan ke HR dan Psikolog profesional MyEduSolve hanya di #TalkToDIAN.

Related Tags

habit tracker adalah

2,713

Recommended Articles

Adobe Premiere Pro: Panduan dan 3 Tools Andalannya cover

Posted: 2 years ago

5 Min Read

4 Cara Mudah Mengurutkan Data di Excel secara Otomatis cover

Posted: 2 years ago

10 Min Read

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.