Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

20 Tools Photoshop Yang Penting Kamu Ketahui Untuk Editing Foto!

Adobe Photoshop merupakan software yang populer untuk melakukan penyuntingan atau editing foto. Pelajari apa saja tools atau fitur-fitur yang dapat membantu kamu dari artikel ini!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Wednesday, Apr 03, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

20 Tools Photoshop Yang Penting Kamu Ketahui Untuk Editing Foto! cover

20+ Tools Photoshop dan Fungsinya, Penting Dipelajari PemulaJika kamu bercita-cita menjadi desainer grafis profesional, tentu saja harus menguasai Photoshop. Sebagai salah satu software desain grafis, Photoshop memiliki banyak tools yang bisa memudahkan para desainer dalam mengolah karya seni digital.

Artikel ini akan membahas apa saja tools dasar di Photoshop yang wajib dikuasai oleh desainer lengkap dengan fungsi-fungsinya. Simak artikel ini sampai habis, ya!

Pengertian Photoshop

Photoshop merupakan perangkat lunak desain grafis yang dikembangkan oleh Adobe System. Kegunaannya untuk membuat dan mengedit karya digital seperti gambar dan foto.

Photoshop umum digunakan oleh orang yang bekerja di bidang fotografi, desainer, marketing, media, dan penerbit. Kalau kamu tertarik meniti karir di salah satu bidang yang disebutkan, maka kamu wajib belajar Photoshop.

Kebanyakan pemula bingung ketika hendak belajar Photoshop karena fiturnya yang banyak. Nah, trik belajar Photoshop dengan cepat adalah belajar mulai dari tools-tools yang esensial atau sering digunakan.

Jika kamu sudah menguasai berbagai tools esensial di Photoshop, maka kamu akan cepat lancar dalam mengoperasikannya dan bisa langsung praktek mendesain objek gambar sesuai keinginan.

Baca juga: Adobe Photoshop Adalah Pilihan Software Para Desain Grafis!

Tools Photoshop yang Wajib Dipelajari

Tools adalah fitur dalam Photoshop yang dapat menunjang pengguna ketika sedang mengolah karya. Kamu dapat menemukan deretan tools di panel toolbar sebelah kiri layar. Di bawah ini akan dijabarkan dua puluh lebih tools Photoshop yang wajib dipelajari oleh pemula. Apa saja? Simak, yuk!

  1. Move Tool

Move tool adalah tools yang digunakan jika kamu ingin mengubah letak sebuah objek atau layer ke bagian lainnya yang diinginkan dalam lembar kerja.

  1. Rectangular Marquee Tool

Tool satu ini memiliki beberapa sub-menu, yaitu rectangular marquee tool, elliptical marquee tool, single row marquee tool, dan single column marquee tool. Masing-masing sub-menu memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Rectangular marque tool berguna untuk memilih objek berbentuk kotak. Lalu, elliptical marque tool untuk menyeleksi objek gambar berbentuk lingkaran. Kemudian, single row marque tool berfungsi sebagai tool yang menyeleksi objek secara horizontal satu pixel. Sedangkan single column marque tool adalah tool yang dipakai untuk menyeleksi objek secara vertikal satu pixel.

  1. Lasso Tool

Sama seperti rectangular marquee tool, fitur tool satu ini juga memiliki sejumlah sub-menu dengan fungsi yang berlainan.

Lasso tool digunakan untuk menyeleksi objek bebas, Selanjutnya, polygonal lasso tool umum dipakai untuk menyeleksi gambar dalam bentuk poligon. Terakhir, magnetic lasso tool digunakan untuk menyeleksi dan memotong objek secara otomatis berdasarkan warna yang sama.

  1. Quick Selection Tool

Quick selection tool adalah sebuah tool yang dipakai menyeleksi objek gambar dengan warna yang serupa secara langsung.

  1. Magic Wand Tool

Nyaris sama dengan sebelumnya, magic wand tool juga berfungsi untuk menyeleksi objek gambar sesuai warna yang serupa.

  1. Crop Tool

Sesuai namanya, crop tool adalah fitur di Photoshop yang digunakan untuk memotong objek gambar.

  1. Perspective Crop Tool

Perspective crop tool dapat digunakan jika pengguna ingin menyempurnakan objek gambarnya menggunakan perspektif.

Baca juga: Fitur dan Tools Adobe Photoshop yang Wajib Dikuasai oleh Pemula

  1. Slice Tool

Tool dasar lainnya yang perlu dipelajari adalah slice tool yang digunakan untuk memotong objek gambar.

  1. Slice Select Tool

Selanjutnya, slice select tool berfungsi sebagai tool untuk menyeleksi potongan dalam objek gambar.

  1. Eyedropper Tool

Eyedropper tool digunakan jika pengguna ingin mengambil sampel warna dalam gambar objek.

  1. Color Sampler Tool

Tidak jauh berbeda dengan eyedropper tool, color sampler tool berguna untuk mengambil contoh warna dalam objek. Namun, color sampler tool dapat menyimpan sejumlah referensi warna yang nantinya ditampilkan pada panel.

  1. Ruler Tool

Ruler tool memiliki fungsi mengukur objek dalam lembar kerja sebagai panduan pengguna jika ingin mengubah objek ke posisi tertentu.

  1. Note Tool

Pengguna juga dapat menambahkan teks pada objek gambar. Caranya dengan memanfaatkan note tool.

  1. Spot Healing Brush Tool

Spot healing brush tool bisa digunakan jika pengguna ingin mengubah objek gambar yang rusak.

  1. Healing Brush Tool

Healing brush tool fungsinya untuk membuat objek gambar menggunakan sampel tertentu.

Baca juga: Perbedaan Adobe Photoshop dengan Adobe Illustrator: Bagusan Mana?

  1. Patch Tool

Patch tool adalah tool Photoshop yang digunakan saat ingin membuat objek gambar menggunakan sampel pattern.

  1. Content Aware Move Tool

Kemudian, content aware move tool adalah tool Photoshop dasar yang dipakai saat ingin mengubah posisi objek tanpa perlu menyeleksinya secara detail.

  1. Red Eye Tool

Biasanya pada foto, sering muncul warna merah pada pupil mata akibat pantulan cahaya. Pengguna dapat mengedit warna pupil menjadi hitam dengan menggunakan red eye tool.

  1. Count Tool

Kamu juga dapat menambah teks numerik pada objek gambar di Photoshop, yaitu dengan memanfaatkan count tool yang memungkinkan kamu meletakkan penomoran dalam objek.

  1. Brush Tool

Untuk melukis objek, kamu dapat menggunakan brush tool meski pada dasarnya tool ini berfungsi memberi warna pada gambar.

  1. Eraser Tool

Ketika sedang mengolah gambar, kadang-kadang kamu membuat kesalahan. Jika kamu ingin membatalkannya, kamu tinggal memakai eraser tool.

  1. Background Eraser Tool

Kamu juga dapat menghilangkan latar belakang pada objek gambar menggunakan background eraser tool.

  1. Gradient Tool

Bila kamu ingin memberi warna lebih dari satu macam pada objek gambar. Kamu dapat menggunakan gradient tool. Pada tool ini, kamu juga dapat memilih sejumlah pola seperti linear, radial, diamond, angular, hingga reflected.

Itu dia penjelasan mengenai dua puluh lebih tool Photoshop yang wajib dipelajari pemula agar bisa lancar mengoperasikan Photoshop. Kamu dapat meningkatkan kemampuanmu memakai Photoshop dengan mendaftar ke kelas sertifikasi Adobe Photoshop Certification dari MyEduSolve. Lihat tawaran menarik lainnya di laman MyEduSolve.

Sumber:

15 Tools Photoshop dan Fungsinya untuk Belajar Desain Grafis https://blog.skillacademy.com/tools-photoshop-dan-fungsinya (Diakses Maret 2024)

Mengenal Berbagai Tools Photoshop dan Fungsinya https://kumparan.com/how-to-tekno/mengenal-berbagai-tools-photoshop-dan-fungsinya-1zYez5t7587/full (Diakses Maret 2024)

 

 


Articles Info

author:Bisma L.
Bisma L.

20 Tools Photoshop Yang Penting Kamu Ketahui Untuk Editing Foto!

Posted: Wednesday, Apr 03, 2024

Updated: Wednesday, Apr 24, 2024

Related Tags

Literasi Digital
Adobe Photoshop

115

Recommended Articles

Relevant Certifications

Visual Design using Adobe Photoshop Certification

Rp 0