Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Daftar Sertifikasi Paling Bergengsi di Bidang Cyber Security

Keamanan dan privasi digital saat ini menjadi hal penting seiring dengan pengembangan teknologi. Simak apa saja sertifikasi untuk mendukung karier mu di bidang cyber security!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Friday, Apr 19, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Daftar Sertifikasi Paling Bergengsi di Bidang Cyber Security cover
  1. dapat menjelaskan konsep teknis maupun non-teknis pada klien dan tim.

  2. Cyber security wajib memiliki ketelitian tinggi agar dapat mengantisipasi bermacam-macam serangan di dunia maya.

  3. Kemampuan berpikir kritis diperlukan oleh cyber security untuk bisa menganalisa dan mengidentifikasi potensi ancaman.

  4. Meski terkesan sepele, tapi kesabaran sangat dibutuhkan seorang cyber security, karena mereka akan sering melakukan penyelidikan menyeluruh pada sistem jaringan yang tentu memakan waktu tidak sebentar.

Baca juga: Cyber Threat: Pengertian dan Contoh yang Wajib Diwaspadai

Apa Saja Rekomendasi Sertifikat Cyber Security?

Buat kamu yang ingin membangun karir sebagai cyber security. Kamu dapat mengikuti rekomendasi sertifikasi di bawah ini untuk meningkatkan level dan pengalamanmu. Disimak, yuk!

CISSP (Certified Information Systems Security Professional) merupakan program sertifikasi paling bergengsi di industri. Jika kamu berhasil lulus dan memperoleh sertifikat CISSP, biasanya akan mendapatkan tawaran gaji yang tinggi.

Program sertifikasi CISA (Certified Information Systems Auditor) adalah sertifikasi profesional IT. Dengan memiliki sertifikasi CISA, artinya kamu sudah memiliki keahlian dalam merancang dan menerapkan kontrol keamanan, serta mengidentifikasi kekurangan keamanan,

Certified Information Security Manager atau CISM adalah program sertifikasi yang diinisiasi oleh institusi bernama ISACA. Peserta yang berhasil mendapatkan sertifikat CISM ini artinya sudah ahli dalam mengelola keamanan informasi, manajemen risiko, manajemen insiden, mengembangkan program, dan kontrol keamanan sistem.

Sertifikasi CompTIA Security+ disarankan untuk pemula yang masih mengincar posisi cyber security di entry-level. Dengan memiliki sertifikat ini artinya kamu sudah dapat mengorganisir keamanan sistem, mengawasi keamanan jaringan internet dan sistem, memahami regulasi keamanan jaringan, dan dapat mengidentifikasi serangan hacker.

Certified Ethical Hacker (CEH) adalah program sertifikasi bergengsi. Kamu dipastikan memiliki keterampilan dalam pengujian sistem keamanan, mampu mendeteksi serangan cyber, dan mencegah terjadi serangan cyber jika berhasil memperoleh sertifikat CEH. Kemampuannya yang mutakhir dalam cyber security, membuat siapapun yang lulus sertifikasi CEH dijuluki white hat hacker.

GSEC adalah sertifikasi cyber security di tingkat pemula yang ingin bekerja di bidang sistem informasi dan jaringan. Kredensial ini akan memvalidasi kemampuan pesertanya dalam kriptografi, merespon serangan cyber, memelihara keamanan sistem jaringan, dan menjaga pertahanan keamanan.

Systems Security Certified Practitioner atau terkenal dengan sertifikasi SSCP membimbing dan menguji peserta untuk menguasai skill dalam merancang, menerapkan, dan mengontrol infrastruktur IT yang aman. Selain itu, peserta juga dipastikan memiliki keahlian dalam kontrol akses, identifikasi dan analisis risiko, administrasi keamanan, jaringan komunikasi, sistem serta keamanan aplikasi.

IT Specialist: Cyber Security adalah sertifikasi dari Pearson Vue yang ditawarkan MyEduSolve. Program kredensial ini mengajarkan pemahaman tentang dasar-dasar cyber security, menguasai teori asesmen dan manajemen risiko, serta mengontrol serangan hacker

Salah satu kelebihan dari program sertifikasi ini kamu tidak perlu ujian lagi untuk perpanjangan sertifikat, sebab masa berlakunya seumur hidup.

Itu dia deretan rekomendasi sertifikat cyber security yang dapat kamu jadikan pertimbangan. Kamu juga bisa melihat program sertifikasi menarik lainnya dengan akses laman MyEduSolve.

Sumber:

10 Popular Cybersecurity Certifications [2024 Updated] https://www.coursera.org/articles/popular-cybersecurity-certifications (Diakses April 2024)

How to Become a Cyber Security Expert? A step-by-step Guide https://www.knowledgehut.com/blog/security/how-to-become-cyber-security-expert (Diakses April 2024)

Related Tags

cyber security
sertifikasi

162

Recommended Articles

20 Fitur Microsoft Word yang Penting Bagi Pemula! cover

Posted: a month ago

13 Min Read

Toxic Productivity: Apa Itu dan Cara Mengatasinya cover

Posted: 2 years ago

5 Min Read

Ketahui Apa Saja Fitur di Microsoft Excel Beserta Fungsinya cover

Posted: a month ago

11 Min Read

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.