Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Cisco Adalah: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Produk, dan Sertifikasinya

Sebelum mengikuti sertifikasi Cisco, kamu harus memahami dulu apa itu Cisco. Artikel ini akan membantu kamu untuk mengenal lebih dalam mengenai Cisco. Yuk, simak dengan baik!

An undergraduate digital public relations student with a passion for writing an a keen interest in digital journalism. I love learning new things and staying up-to-date with the latest trends.

Posted: Monday, Apr 01, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Cisco Adalah: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Produk, dan Sertifikasinya cover

Bagi kamu yang bekerja di bidang networking, kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan Cisco. Cisco merupakan salah satu perusahaan teknologi informasi dan jaringan komputer terkemuka asal Amerika Serikat. Perusahaan ini memproduksi dan menjual peralatan, software, dan perangkat telekomunikasi serta menerima sertifikasi untuk produknya.


Untuk memahami lebih lanjut, MyEduSolve akan menjelaskan secara lengkap mulai dari pengertian, sejarah, fungsi, produk, serta sertifikasi Cisco. Temukan penjelasannya di bawah ini ya!

Apa yang dimaksud dengan Cisco?

Cisco adalah perusahaan multinasional terkemuka dalam industri jaringan komputer, yang juga merupakan salah satu produsen perangkat jaringan terbesar di dunia. Perusahaan ini memproduksi software dan hardware yang berkaitan langsung dengan jaringan komputer, serta turut berkontribusi dalam bidang pendidikan melalui program Cisco Networking Academy yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan di bidang networking.


Dalam penggunaannya, Cisco menjadi alat yang digunakan dalam jaringan area luas atau Wide Area Network (WAN). Melalui penggunaan router Cisco, informasi dapat dikirimkan ke berbagai alamat yang berjauhan, serta ke jaringan komputer yang lainnya. 


Peran utama router adalah meneruskan paket data antar jaringan Local Area Network (LAN) secara efisien. Untuk mencapai hal ini, router menggunakan tabel dan protokol routing serta Central Processing Unit (CPU) untuk memproses lalu lintas data dengan cepat, mirip dengan fungsi komputer.

Sejarah Cisco

Sejarah Cisco dimulai pada tahun 1980, ketika sepasang suami istri, Sandy Lerner dan Leonard Bosack, yang bekerja di industri komputer, menghadapi kesulitan dalam melakukan komunikasi dan aktivitas lainnya ketika menggunakan komputer karena pada masa itu kecepatan komputer masih sangat terbatas.


Untuk mengatasi masalah tersebut, mereka mencoba menciptakan sebuah gateway yang mereka pasang di ruang tamu mereka. Pada tahun 1984, upaya mereka membuahkan hasil dan melahirkan produk Cisco, yang menjadi titik awal bagi perkembangan dunia jaringan komputer. Pada tahun 1992, perusahaan yang diberi nama Cisco Systems resmi didirikan.


Hingga akhirnya, sampai saat ini produk-produk Cisco telah digunakan secara luas oleh berbagai perusahaan, mulai dari institusi pendidikan, organisasi pemerintah, hingga penyedia layanan internet di seluruh dunia. Manusia jadi lebih mudah untuk melakukan komunikasi dan saling mengirim data. Tanpa memikirkan waktu, tempat hingga platform yang digunakan.

Fungsi Cisco

Secara umum, Cisco berfungsi untuk merancang topologi jaringan atau sistem untuk dunia  kerja yang sesungguhnya. Cisco berperan penting dalam mengembangkan jaringan yang efisien dan handal.


Salah satu perangkat kuncinya adalah router yang menjadi penghubung antara jaringan-jaringan yang berbeda untuk mengirimkan data. Dalam router Cisco, terdapat beberapa komponen utama yang perlu kamu pahami, diantaranya adalah:


  1. RAM (Random Access Memory): digunakan untuk menyimpan data yang sedang diproses oleh perangkat Cisco.

  2. ROM (Read Only Memory): menyimpan sistem bootstrap untuk memulai router.

  3. NVRAM (Non Volatile RAM): menyimpan konfigurasi jaringan untuk seperti IP address, subnet mask, dan routing table.

  4. Flash Memory: menyimpan file sistem operasi dan perangkat lunak lainnya, seperti software Cisco IOS.

  5. Interface: mengatur dan mengendalikan lalu lintas data yang terjadi pada jaringan. Interface ini memungkinkan router untuk mengirim dan menerima data dengan perangkat lain dalam jaringan.

Produk Cisco

Adapun produk yang dikeluarkan Cisco, disebut dengan istilah “The Old Alphabet Soup Products”, yang merupakan istilah untuk produk-produk pertama Cisco yang dikeluarkan sejak tahun 1980-an. Beberapa produk tersebut antara lain:


  1. AGS atau Advanced Gateway Server 

  2. MGS atau Mid-Range Gateway Server

  3. CGS atau Compact Gateway Server

  4. IGS atau Integrated Gateway Server

  5. AGS+ atau Advanced Gateway Server Plus


Baca juga: Sertifikasi Cisco CCST: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mendapatkannya

Sertifikasi Cisco

Sertifikasi Cisco merupakan rangkaian sertifikat yang dikeluarkan oleh Cisco Systems untuk memvalidasi keterampilan dan pengetahuan profesional di bidang jaringan komputer yang diakui secara internasional. Sertifikasi ini membantu para profesional untuk meningkatkan keterampilan serta keahlian mereka. Ada beberapa tingkatan sertifikasi yang tersedia, yaitu: 

  1. Tingkat Dasar: CCENT (Cisco Certified Entry Networking Technician)

CCENT adalah tingkatan sertifikasi entry-level yang meliputi konsep dasar jaringan, termasuk instalasi, konfigurasi, operasi, dan pemecahan masalah pada jaringan.

  1. Tingkat Menengah: CCNA (Cisco Certified Network Associate)

Merupakan sertifikasi tingkat intermediate yang merupakan kelanjutan dari CCNET. CCNA mengkaji pemahaman dasar tentang jaringan, dasar-dasar keamanan jaringan seperti routing, switching, WAN, VLAN, NAT, VPN, QoS, dan network management.

  1. Tingkat Lanjutan: CCNP (Cisco Certified Network Professional)

Merupakan sertifikasi tingkat advanced yang memerlukan sertifikasi CCNA sebelumnya. CCNP mencakup materi yang lebih mendalam dan kasus-kasus yang lebih kompleks dalam jaringan.

  1. Tingkat Ahli: CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert)

Merupakan sertifikasi tingkat tinggi atau expert yang membutuhkan pengalaman dan kemampuan yang lebih tinggi dalam networking. Ujian di tingkat ahli ini melibatkan praktik secara langsung.


Nah, itulah penjelasan mengenai Cisco. Yuk, segera validasi kemampuanmu dalam Networking dan Cybersecurity dengan mengambil sertifikasi Cisco CCST di MyEduSolve, tentunya kamu bisa mengambil sertifikasi dengan pilihan jadwal yang fleksibel!


Sertifikasi ini akan menjadi bukti atas kemampuan dan keahlianmu di bidang jaringan komputer. Kunjungi situs web MyEduSolve dan daftarkan dirimu sekarang!


Referensi

Cisco Systems, Inc. - Company Profile, Information, Business Description, History, Background Information on Cisco Systems, Inc., https://www.referenceforbusiness.com/history2/27/Cisco-Systems-Inc.html#google_vignette (Diakses 26 Maret 2024)

Mengenal Cisco: Fungsi dan Jenis Produknya, https://codingstudio.id/blog/mengenal-cisco-fungsi-dan-jenis-produknya/#Lalu_Apa_Saja_Fungsi_Dari_Mengenal_Cisco (Diakses 26 Maret 2024)


Articles Info

author:Laiqa Ayesha
Laiqa Ayesha

Cisco Adalah: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Produk, dan Sertifikasinya

Posted: Monday, Apr 01, 2024

Updated: Wednesday, Apr 24, 2024

Related Tags

Teknologi
cisco adalah
sertifikasi
cisco

102

Recommended Articles

Relevant Certifications

Cisco Certified Support Technician (CCST) Cybersecurity

Rp 0

Cisco Certified Support Technician (CCST) Networking

Rp 0