Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Cara Pintas Tool Adobe Illustrator yang Perlu Dipelajari Pemula

Shortcut adalah kombinasi tombol yang sering digunakan untuk membantu pengguna dalam memakai fitur secara cepat. Simak apa saja shortcut yang harus kamu ketahui di Adobe Illustrator!

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Monday, Feb 19, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Cara Pintas Tool Adobe Illustrator yang Perlu Dipelajari Pemula cover

Adobe Illustrator sudah terkenal sebagai salah satu perangkat lunak untuk membuat desain grafis dan digemari oleh banyak sekali ilustrator profesional.

Dalam lingkungan kerja terutama dengan tujuan pemasaran dan komersial, para ilustrator dituntut untuk selalu produktif dan bekerja cepat. Salah satu trik agar para ilustrator bisa bekerja cepat adalah dengan memakai bantuan shortcut keys di Adobe Illustrator.

Yuk, ketahui apa saja shortcut dasar yang penting pada Adobe Illustrator yang akan dibahas dalam artikel ini. Simak sampai akhir, ya!

 Peran Shortcut di Adobe Illustrator

Shortcut merupakan pintasan cepat pada tombol keyboard yang harus ditekan secara bersamaan untuk mengaktifkan fungsi tertentu dalam program Adobe Illustrator.

Fungsi dari shortcut ini sama seperti penggunaan kursor, yaitu untuk membuka menu yang ingin digunakan. Namun, kadang-kadang memakai kursor cukup merepotkan, jadi shortcut bisa dijadikan alternatif pengganti kursor. Selain itu, penggunaan shortcut bisa mempercepat proses editing sehingga meringankan pekerjaan para ilustrator.

Lalu, apa perbedaan shortcut dengan function keys? Sementara itu, function keys adalah tombol pada komputer yang memiliki fungsi khusus untuk mengaktifkan sistem operasi. Tombol fungsi ini berderet di barisan paling atas keyboard yang dimulai dari F1 hingga F12.

Selain deretan tombol F1-F12, beberapa tombol function keys lainnya yang sering dipakai adalah Fn, Capslock, Tab, Alt, Shift, dan Backspace.

Baca juga: 5 Tools Adobe Illustrator Yang Wajib Pemula Ketahui

Shortcut Adobe Illustrator

Nah, jenis-jenis shortcut yang tersedia berjumlah cukup banyak. Jika kamu masih di tahap mempelajari Adobe Illustrator, kamu sebaiknya mempelajarinya terlebih dulu sebelum praktek mengoperasikan supaya tidak kebingungan. Berikut ini daftar shortcut yang bisa kamu gunakan di Adobe Illustrator:

  1. Undo

Untuk membatalkan aksi atau undo, shortcut yang bisa dipakai adalah Ctrl + Z untuk Windows dan Command + Z untuk pengguna MacOS.

  1. Redo

Sementara itu, jika kamu ingin melakukan redo (membatalkan undo) pada desain, pakailah shortcut Shift + Ctrl + Z pada Windows dan Shift + Command + Z pada Mac OS.

  1. Cut

Shortcut Ctrl + C bisa kamu pakai untuk memotong elemen desain atau cut. Bagi pengguna MacBook, shortcut yang digunakan Command + C.

  1. Paste  

Kamu bisa menyalin elemen desain dengan menekan shortcut Ctrl + V di Windows dan Command + V di Mac OS.

  1. Paste in Front

Fitur paste in front digunakan saat kamu ingin menyalin elemen desain di layer atas pada lembar kerja. Caranya cukup tekan tombol Ctrl + F di keyboard secara bersamaan di komputer Windows. Untuk pengguna komputer Mac OS bisa menekan Command + F.

  1. Paste at Back

Sebaliknya, untuk menyalin elemen desain di layer bawah lembar kerja bisa dengan menekan tombol Ctrl + B di Windows atau Command + B di Mac OS.

  1. Paste on All Artboards

Kamu tidak perlu repot-repot menyalin elemen desain satu-persatu, sebab kamu dapat menyalinnya secara bersamaan dengan menekan shortcut Alt + Shift + Ctrl + V pada operasi Windows dan Option + Shift + Command + V pada operasi Mac OS.

Baca juga: Wajib Tahu! Cara Mewarnai di Adobe Illustrator dengan Mudah

  1. Membuka Pengaturan Warna

Bagi ilustrator tentunya sering sekali membuka palet warna ketika mendesain. Kamu tidak perlu bolak-balik memakai kursor untuk membuka tab menu warna. Cukup tekan Shift + Ctrl + K atau Shift + Command + K, maka dialog box pengaturan warna akan langsung terbuka.

  1. Membuka Tab Preference

Saat proses desain, biasanya ilustrator akan sering membuka tab Preference untuk mengedit karya desain mereka. Shortcut Ctrl + K atau Command + K berfungsi membuka tab Preference tanpa perlu memakai kursor.

  1. Mengecek Ejaan

Adobe Illustrator juga menyediakan fitur pemeriksaan ejaan atau spelling check. Caranya dengan menekan tombol Ctrl + I pada keyboard. Bagi pengguna MacBook, dapat menekan tombol Command + I.

  1. Membuat Lembar Kerja Baru

Apabila kamu menekan shortcut Ctrl + N pada keyboard, maka sistem Adobe Illustrator akan langsung membuat lembar kerja baru secara otomatis. Sama seperti di komputer Windows, pada MacBook cukup tekan Command + N untuk membuka lembar kerja baru.

  1. Membuat Lembar Kerja Baru dengan Template

Untuk mempersingkat pengerjaan desain, biasanya illustrator membuat template. Kamu tinggal menekan shortcut Shift + Ctrl + N atau Shift + Command + N untuk membuka lembar kerja baru menggunakan template.

  1. Mengimpor File Lain ke Lembar Kerja

Kamu juga bisa menambahkan file lain ke lembar kerja desain. Caranya tekan tombol shortcut Shift + Ctrl + P di komputer Windows dan Shift + Command + P di MacOS.

  1. Menutup Dokumen

Pada proses desain, tak jarang para ilustrator juga mengerjakan hal lain di saat yang sama. Nah, supaya mempermudah pekerjaan, kamu bisa menutup dokumen tanpa harus keluar dari aplikasi dengan shortcut Ctrl + W atau Command + W.

  1. Membuka Adobe Bridge

Penggunaan fitur Adobe Bridge cukup penting. Fitur ini memungkinkan ilustrator bisa mengelola, mengedit, hingga meninjau hasil desain. Cara pintas agar bisa membuka Adobe Bridge bisa menggunakan shortcut Alt + Ctrl + O bagi pemakai Windows dan Option + Command + O untuk pemakai MacOS.

Baca juga: 2 Cara Crop Adobe Illustrator Bagi Pemula

Itu dia daftar shortcut dasar yang penting dalam Adobe Illustrator. Sebagai pemula, sebaiknya mempelajari rumus-rumus shortcut di atas agar mempermudah pengerjaan desain.

Perdalam lagi kemampuanmu dalam mengoperasikan Adobe Illustrator dengan bergabung ke kelas sertifikasi Adobe Illustrator Certification dari MyEduSolve. Dapatkan info menarik lainnya dengan akses laman MyEduSolve.

Sumber:

Shortcut Keys & Function Keys https://unacademy.com/content/kerala-psc/study-material/computer-word-processing/shortcut-keys-function-keys/ (Diakses Februari 2024)

Adobe Illustrator Tips & Shortcuts https://www.myprintsouth.com/resources/blog_articles.html/article/2018/02/16/adobe-illustrator-tips-shortcuts (Diakses Februari 2024)

Keyboard shortcuts cheat sheet https://helpx.adobe.com/illustrator/using/default-keyboard-shortcuts.html (Diakses Februari 2024)

Related Tags

Pengembangan Skill
Adobe Illustrator

399

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.