Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Cara Mudah Membuat Nomor Halaman di Microsoft Word

Pelajari cara menambahkan nomor halaman di Word dengan mudah dan praktis untuk pemula. Dapatkan tips dan trik sederhana untuk membuat dokumen yang rapi dan terstruktur di Microsoft Word

A journalism graduate now navigating the SEO landscape, I blend journalistic insight with a witty, engaging style, ensuring content is as captivating as it is search-optimized.

Posted: Monday, Feb 26, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Cara Mudah Membuat Nomor Halaman di Microsoft Word cover

Sebagai program pengolah kata, Microsoft Word utamanya digunakan untuk membuat bermacam-macam dokumen berbasis teks, seperti surat, laporan, makalah, hingga buku. Dokumen yang hanya terdiri dari beberapa lembar saja, biasanya tidak memerlukan nomor halaman.

Tapi sebaliknya, jika dokumen berisi puluhan hingga ratusan lembar, tentu sebaiknya diberi nomor halaman. Kalau kamu masih bingung cara menambahkan nomor halaman di Word, simak artikel berikut yang akan membahas caranya secara lengkap.

Kegunaan Nomor Halaman pada Dokumen

Nomor halaman sudah menjadi elemen penting yang tak terpisahkan dari buku cetak selama bertahun-tahun. Sebab, urutan penomoran pada halaman berfungsi sebagai penanda atau navigasi ke setiap halaman tertentu dalam sebuah buku.

Jadi, sistem penomoran pada halaman dapat memudahkan pembacanya dalam mencari dan menandai konteks penting pada halaman tertentu yang ada di sebuah buku.

Peran nomor halaman dalam sebuah buku terhitung penting, tapi belum ada aturan baku yang mengatur ketentuan penomoran halaman ini. Mulai dari tampilan dan peletakannya. Setiap institusi dan percetakan bisa memiliki ketentuan penomoran yang berbeda-beda.

Melansir dari laman Colorvision Printing, terdapat peletakan nomor halaman yang direkomendasikan pada layout buku. Yuk, simak apa saja!

  1. Tidak Diletakkan pada Garis Potong

Setiap percetakan bisa memiliki posisi meletakkan nomor halaman yang berbeda-beda. Ada yang meletakkannya di bagian bawah halaman, tapi ada juga yang menempatkannya di pojok kanan halaman.

Meski tidak ada aturan baku terkait hal ini, sebaiknya posisi nomor halaman tidak berada di dekat garis potong, karena akan mengakibatkan nomor halaman tidak kelihatan setelah buku sudah selesai dicetak.

Bahkan bisa memungkinkan nomor halaman tidak sengaja ikut terpotong. Posisi nomor halaman paling ideal diletakkan minimal berjarak 0.25 inci dari garis potong.

  1. Hindari Meletakkan Nomor Halaman di dalam Margin

Dalam membuat layout buku, biasanya desainer akan membuat garis margin di setiap halaman agar posisi teksnya bisa lebih rapi dan teratur. Lalu, dalam meletakkan nomor halaman sebaiknya tidak berada di dalam margin yang paling dekat dengan punggung buku.

Selain terlihat kurang estetis, pembaca jadi tidak dapat melihat nomor halaman dengan jelas. Mereka harus membuka buku lebar-lebar agar dapat melihat nomor halaman ketika ingin membaca nomor halaman tertentu.

Baca juga: 4 Tips Merapikan Format Tulisan Microsoft Word yang Berantakan dengan Cepat

  1. Letakkan di Tengah Halaman

Posisi paling ideal untuk meletakkan nomor halaman pada buku adalah di bagian tengah halaman, baik di bagian atas maupun bawah halaman. Kebanyakan percetakan meletakkan nomor halaman di tengah-tengah buku, terutama pada buku seperti novel, cerita bergambar, atau cerita non-fiksi.

Pada buku novel dan sejenisnya, nomor halaman sering diletakkan di tengah karena biasanya pembaca jarang mencari halaman tertentu berdasarkan nomornya. Kebanyakan dari mereka hanya membaca secara kronologis dari awal sampai akhir halaman. Makanya, penomoran halaman di novel dan sejenisnya paling ideal diletakkan di tengah-tengah halaman.

  1. Letakkan di Luar Margin

Rekomendasi lainnya untuk meletakkan nomor halaman yang ideal adalah di bagian luar margin yang paling dekat dengan tepi terbuka pada buku. Posisi ini ideal karena pembaca tidak perlu membuka buku lebar-lebar untuk melihat nomor halaman, sehingga tidak sulit menemukannya.

Jenis buku yang biasanya meletakkan nomor halaman di dekat tepi terbuka buku adalah buku-buku yang pembacanya akan sering membuka nomor halaman tertentu yang diinginkan. Contohnya buku resep, buku manual, buku referensi, skripsi, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 5 Manfaat Microsoft Word dalam Dunia Kerja

Cara Menambahkan Nomor Halaman di Microsoft Word

Lalu, bagaimanakah cara menambah nomor halaman di Microsoft Word? Caranya tidak sulit dan pasti bisa dilakukan oleh pemula tinggal ikuti langkah-langkah di bawah ini secara runtut:

  1. Buka program Microsoft Word yang ada di komputer kamu.

  2. Buka dokumen yang ingin kamu tambahkan nomor halaman.

  3. Setelah itu, klik tab Insert.

  4. Pilih menu Page Number yang terdapat di kategori ‘Header and Footer’.

  5. Kamu bisa memilih ingin meletakkan nomor halaman di bagian mana, karena Word memberikan beberapa pilihan: Top of Page (di atas halaman), Bottom of Page (di bawah halaman), Page Margin (di bagian tepi halaman), dan kamu bisa menyesuaikan nomor halaman sendiri dengan memilih opsi Current position.

  6. Selanjutnya, jika kamu sudah memilih letak nomor halaman, akan muncul kolom penomorannya di lembar kerja secara otomatis.

  7. Klik dua kali pada nomor halaman apabila kamu ingin mengubah jenis, ukuran, atau gaya hurufnya. Nantinya pengaturan akan diterapkan ke seluruh halaman secara otomatis.

  8. Untuk mengunci nomor halaman, bisa dengan klik tombol Esc pada keyboard dan jika ingin kembali mengeditnya bisa klik dua kali pada nomor halaman.

Baca juga: Tips dan Cara Membuat CV di Word dengan Mudah

Catatan:

Jika kamu hendak mengulangi penomoran halaman dari awal, kamu bisa memakai page break untuk memisahkan bab satu dengan yang lainnya. Caranya:

  • Posisikan kursor di awal halaman yang akan dibuat bab baru.

  • Klik tab Layout.

  • Pilih menu Breaks di kategori ‘Page Setup’.

  • Kemudian, pilih opsi Next Page.

  • Klik dua kali pada nomor halaman yang sudah ada.

  • Klik Page Number.

  • Pilih Format Page Number.

  • Nanti akan muncul dialog box dan pada kolom ‘Page numbering’, klik Start at.

  • Masukkan angka 1 agar nomor halaman kembali ke angka 1.

Itu dia informasi dan penjelasan mengenai cara menambahkan nomor halaman di Word. Tidak sulit, bukan? Yuk, perdalam lagi kemahiranmu dalam mengoperasikan Microsoft Word supaya kamu memiliki value dan mampu bersaing di dunia kerja. Kamu bisa mendaftarkan diri ke program sertifikasi Microsoft Word Associate dari MyEduSolve. Kamu juga bisa memilih program sertifikasi lainnya di MyEduSolve.

Sumber:

Book Printing: Helpful Advice for Page Numbering https://www.colorvisionprinting.com/blog/book-printing-helpful-advice-for-page-numbering (Diakses Februari 2024)

Cara Menambahkan Nomor Halaman di Microsoft Word https://id.wikihow.com/Menambahkan-Nomor-Halaman-di-Microsoft-Word (Diakses Februari 2024)

Related Tags

Nomor halaman
Microsoft Word

292

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.