Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Cara Menggabungkan Garis di AutoCAD, Mudah dan Praktis!

Membuat garis di AutoCAD merupakan hal yang paling umum dilakukan. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya sampai habis ya!

An undergraduate digital public relations student with a passion for writing an a keen interest in digital journalism. I love learning new things and staying up-to-date with the latest trends.

Posted: Thursday, Mar 28, 2024

Ditinjau oleh Mentor MyEduSolve

Share:

Cara Menggabungkan Garis di AutoCAD, Mudah dan Praktis! cover

AutoCAD adalah software yang berfungsi untuk membuat gambar teknik, arsitektur, dan gambar-gambar 2D / 3D lainnya. Software ini digunakan oleh para profesional di industri desain dan teknik. Dalam proses pembuatan gambar, sering kali kamu perlu menggabungkan beberapa garis atau objek untuk membentuk satu objek yang utuh.


Dalam artikel ini, MyEduSolve akan menjelaskan cara menggabungkan garis di AutoCAD melalui langkah-langkah praktis dibawah ini agar kamu dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam proyek-proyek desainmu. Mari kita simak!


Baca juga: AutoCAD, Ini Fungsi, serta Kelebihan dan Kekurangannya

Cara Menggabungkan Garis di AutoCAD

Dalam proses menggambar menggunakan AutoCAD, pembuatan garis menjadi hal yang umum dilakukan. Di dalam software ini, kamu bisa menggabungkan berbagai jenis garis, seperti garis putus-putus, garis melengkung, dan garis lainnya. Berikut adalah beberapa cara untuk menggabungkan garis di AutoCAD yang bisa kamu terapkan di berbagai versi AutoCAD:

  1. Menggabungkan garis menggunakan metode JOIN


Sumber Foto: YouTube IJP Tutorial

Perintah "Join" atau "Joint" bisa digunakan untuk kamu yang memiliki AutoCAD dengan versi 2010 ke atas. Untuk menggunakannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Aktifkan perintah JOIN menggunakan menu bar dengan mengklik "Modify", atau melalui Ribbon Panel dengan mengklik ikon JOIN, atau lebih cepat lagi menggunakan shortcut dengan mengetik huruf "J" pada keyboard lalu tekan Enter.

  • Setelah JOIN diaktifkan, select all objek garis yang akan digabungkan.

  • Tekan Enter untuk menyelesaikan.

Kamu juga bisa menyeleksi objek-objek garis terlebih dahulu sebelum mengaktifkan JOIN, seperti berikut:

  • Pilih garis atau objek yang ingin kamu gabungkan.

  • Gunakan shortcut dengan mengetik huruf “J” pada keyboard lalu tekan Enter.


  1. Menggabungkan garis menggunakan metode PEDIT


Sumber Foto: asifah.com

Jika versi AutoCAD kamu tidak support penggunaan metode JOIN, kamu bisa menggunakan metode PEDIT. Langkah-langkahnya sebagai berikut: 

  • Klik Modify > Object > Polyline pada menu Bar atau ketikkan perintah “PE” atau “PEDIT” pada command (dibagian bawah sebelah kiri), lalu tekan Enter.

  • Pilih garis yang ingin kamu gabungkan.

  • Jika muncul permintaan di command "Do you want to turn it into one?", cukup ketik Y (yes) dan tekan Enter.

  • Pilih antara metode "JOINT" atau gunakan tombol "J" pada keyboard, lalu tekan Enter.

  • Pilih semua garis yang ingin digabungkan, dan tekan Enter.


  1. Menggabungkan garis menggunakan metode REGION 


Sumber Foto: YouTube Drafter Ngapak

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan metode REGION untuk menggabungkan garis. Namun, perlu diingat bahwa metode ini hanya dapat digunakan untuk membentuk garis menjadi objek yang tertutup, menjadi seperti sebuah permukaan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Ketik “REG” atau “REGION”.

  • Pilih semua garis yang akan digabungkan.

  • Tekan Enter untuk menyelesaikan.


  1. Menggabungkan garis menggunakan metode GROUP


Sumber Foto: YouTube Drafter Ngapak

Perintah "GROUP" atau "G" pada AutoCAD digunakan untuk menggabungkan objek ke dalam satu grup. Cara menggunakannya seperti berikut:

  • Tekan "G" pada keyboard, lalu tekan Enter.

  • Pilih garis yang akan digabungkan.

  • Tekan Enter untuk menyelesaikan.


Itulah cara menggabungkan garis di AutoCAD, mudah bukan? Kamu juga bisa lho makin mahir dalam mengoperasikan AutoCAD dengan mengikuti kelas sertifikasi Autodesk AutoCAD Certification dari MyEduSolve.


Segera daftarkan dirimu dan atur jadwal ujian sesuai keinginanmu! Dapatkan informasi lebih lanjut di laman resmi MyEduSolve. Semoga artikel ini bermanfaat ya!


Referensi:

Cara menggunakan tool Join ( Menghubungkan garis ) di AutoCAD, https://indodesigncenter.com/cara-menggunakan-tool-join-menghubungkan-garis-di-autocad-belajar-dasar-autocad/ (Diakses 25 Maret 2024)


Related Tags

Teknologi
AutoCad
cara menggabungkan garis di AutoCad

2,637

Recommended Articles

Relevant Certifications

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.